Isi Artikel Utama

Abstrak

Penerapan kecanggihan teknologi Augmented Reality (AR) dalam menyediakan informasi mengenai fasilitas kampus merupakan salah satu pendekatan inovatif dan efektif. Peneliti berkelanjutan sebagai pengembangan sebuah aplikasi Augmented Reality yang akan memberikan tampilan visual mengenai fasilitas di kampus Institut teknologi garut. Upaya penelitian ini adalah mengubah pendekatan Augmented Reality yang sebelumnya fokus pada tampilan tata letak menjadi lebih menekankan pada tampilan virtual dari fasilitas-fasilitas, agar lebih mudah dipahami oleh para mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development, (RnD) dilakukan menggunakan pendekatan pengembangan ADDIE, yang melibatkan urutan analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Pengembangan aplikasi dilakukan menggunakan perangkat lunak Visual Studio Code. Hasil penelitian ini memperlihatkan visualisasi fasilitas kampus secara virtual, mencakup berbagai area seperti ruang kelas, area parkir, kantin, mushola, dan laboratorium bahasa. Pengguna dapat mengakses visualisasi fasilitas ini melalui smartphone dan perangkat keras lainnya, memungkinkan mereka untuk melihat fasilitas-fasilitas tersebut dalam bentuk virtual dan dengan detail penggambaran fasilitas kampus. Hasil dari pengujian kepuasan pengguna terhadap aplikasi menunjukkan tingkat penerimaan yang sangat baik.

Kata Kunci

Augmented Reality Fasilitas Informasi Fasilitas Kampus Tampilan Model Pengembangan ADDIE Visual Studio Code Website Augmented Reality Facility Facility Information Campus ADDIE Development Model View Visual Studio Code Website

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Raden Erwin Gunadhi Rahayu, Institut Teknologi Garut

Jurusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika

Shantang Adhiimusyari W, Institut Teknologi Garut

Jurusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika

Cara Mengutip
[1]
A. Latifah, R. E. G. Rahayu, dan S. A. W, “Pengembangan Penerapan Augmented Reality untuk Informasi Fasilitas Kampus”, Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 1, hlm. 170–179, Mei 2024.

References

Read More