Isi Artikel Utama

Abstrak

Teknologi Customer Relationship Management dimanfaatkan sebagai strategi dalam menjalin hubungan dengan wisatawan dan memberikan pelayanan yang lebih baik bagi wisatawan. dimana teknologi Customer Relationship Management ini sebagai alat pemasaran modern oleh objek wisata, salah satunya wisata Karacak Valley yang berada di Kabupaten Garut. Selain itu banyak wisatawan daerah dan luar daerah yang berkunjung, namun saat ini wisata di Karacak Valley pengelola masih menggunakan sistem manual dalam penjualan tiket wisata dan Sebagian besar wisatawan masih kurangnya informasi mengenai fasilitas, promo, blog dan gallery yang ada di wisata Karacak Valley. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut, dengan dibuatkannya implementasi Customer Relationship Management pada sistem penjualan tiket wisata di Karacak Valley berbasis website untuk memudahkan wisatawan dalam mencari informasi mengenai fasilitas, promo, blog, gallery dan melakukan pemesanan tiket wisata di Karacak valley secara online. Adapun metodologi yang digunakan dalam proses pembuatan sistem ini adalah Rational Unified Process dengan menggunakan pemodelan Unified Modelling Language. Hasil dari penelitian ini akan berupa sistem penjualan tiket wisata yang mencakup fitur-fitur seperti informasi tentang destinasi wisata dikaracak valley, fasilitas, promo, blog, gallery, harga tiket, lokasi wisata dan bisa dapat meningkatkan kepercayaan terhadap wisatawan, baik wisatawan yang baru dan mempertahankan wisatawan lama yang telah berkunjung ke wisata Karacak Valley serta memudahkan wisatawan dalam melakukan pemesanan tiket wisata di Karacak Valley melalui sistem online berbasis website.

Kata Kunci

Customer Relationship Management Ticket Sales System Rational Unified Process

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
A. S. Amin, Y. Septiana, S. Rahayu, dan M. Farhan, “Implementasi Customer Relationship Management Pada Sistem Penjualan Tiket Wisata di Karacak Valley Berbasis Website”, Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 1, Mei 2024.

Referensi

[1] D. G. Rudy and I. D. A. D. Mayasari, “Prinsip - Prinsip Kepariwisataan dan Hak Prioritas Masyarakat dalam Pengelolaan Pariwisata berdasarkan Undang - Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan,” J. kertha wicaksana, vol. 13, no. 10, pp. 73–84, 2019, [Online]. Available: https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/kertawicaksana/article/view/1215
[2] R. Kurniawati, A. Ikhwana, and E. Anggraeni, “Strategi Pengembangan Objek Wisata Karacak Valley Berbasis Blue Ocean Strategy,” J. Kalibr., vol. 20, no. 2, pp. 167–176, 2022, doi: 10.33364/kalibrasi/v.20-2.1163.
[3] N. Sitohang, “Penerapan Customer Relationship Management Pada Sistem Informasi Penjualan (Studi Kasus Lavas Kopi Kisaran),” Ready Star -2, vol. 2, no. 1, pp. 224–234, 2019, [Online]. Available: https://ptki.ac.id/jurnal/index.php/readystar/article/view/60
[4] V. Pamela, A. B. Santoso, S. Informasi, and F. Gethring, “Aplikasi E-Crm Pada O2 Tour and Travel Bandar Lampung,” teknologiterkini,org, vol. 2, no. 2, pp. 1–12, 2022, [Online]. Available: http://teknologiterkini.org/index.php/terkini/article/view/99/81
[5] H. Widja, “Electronic Customer Relationship Management ( E-Crm ) Berbasis Web Pada Nada Salwa Tour & Travel Jambi,” Sist. Inf., vol. 7, no. 3, pp. 379–393, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unama.ac.id/index.php/jurnalmsi/article/view/176
[6] R. A. Sukamto, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2019.
[7] Rahayu, “Rancang Bangun Aplikasi Event Organizer Wisata Garut Berbasis Web,” J. Algoritm., vol. 19, no. 1, pp. 249–258, 2022, doi: 10.33364/algoritma/v.19-1.1055.
[8] C. Péraire, M. Edwards, A. Fernandes, E. Mancin, and Kathy, The IBM Rational Unified Process for System z. International Technical Support Organization, 2019.
[9] Syifa Devia, “PENERAPAN SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MEMPROMOSIKAN WISATA DI OGAN KOMERING ULU SELATAN BERBASIS WEB,” Sriwij. Univ., vol. 33, no. 1, pp. 1–21, 2022, [Online]. Available: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/80935
[10] D. Rahmawati, Aplikasi Program Php & MySql, Haviluddin. Samarinda, Kalimantan Timur: Mulawarman University Press, 2021.
[11] A. Rouf, “Pengujian Perangkat Lunak Dengan Menggunakan Metode White Box dan Back Box,” Inform. Semarang, vol. vol 8 no1, pp. 1–7, 2020, [Online]. Available: http://www.ejournal.himsya.ac.id/index.php/Himsyatech/article/view/28/27
[12] Y. I. R. Wahyuni, “Aplikasi E-Book Untuk Aturan Kerja Berbasis Web Di Pengadilan Negeri Muara Bulian Kelas II Jambi,” J. Ilmu Komput., vol. 9, no. 1, pp. 20–26, 2020, doi: 2302 - 710X.