Isi Artikel Utama

Abstrak

Seiring perkembangan zaman, media interaktif menjadi salah satu alternatif metode pembelajaran. Pembelajaran menggunakan media interaktif memiliki nilai tambah pada proses pendidikan, salah satu bidang pembelajaran yang membutuhkan inovasi yaitu pembelajaran agama. Pemerintah Indonesia mengakui adanya keragaman agama, di mana toleransi beragama perlu disosialisasikan kepada pemeluknya terutama anak-anak. Materi toleransi beragama ditinjau dari berbagai agama dapat disosialisasikan melalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Media tersebut digolongkan kepada media interaktif yang mendukung keefektifan pembelajaran karena memanfaatkan multimedia. Tujuan penelitian ini untuk merancang bangun media pembelajaran mengenai toleransi beragama dengan metode Multimedia Development Life Cycle. Metode ini memiliki enam tahapan yaitu tahap-tahap concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Aplikasi ini telah diuji menggunakan uji fungsional serta uji beta yang dilakukan bersama guru. Hasil pengujian menunjukkan fungsi-fungsi telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Hasil penelitian ini dapat berperan dalam memahamkan anak-anak mengenai toleransi beragama melalui materi toleransi beragama yang sesuai dengan agama  masing-masing.

Kata Kunci

Media Interaktif, Multimedia Development Life Cycle, Toleransi Beragama

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
D. D. S. Fatimah, M. S. Mubarok, dan A. Apriani, “Penggunaan Multimedia Development Life Cycle dalam Rancang Bangun Media Pembelajaran Toleransi Beragama ”, Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 1, hlm. 189-197, Mei 2024.

Referensi

[1] A. Tamrin, “Relasi Ilmu, Filsafat dan Agama Dalam Dimensi Filsafat Ilmu,” SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, vol. 6, no. 1, pp. 87–87, Jan. 2019, doi: 10.15408/sjsbs.v6i1.10490.
[2] “Ketua RT Larang Kegiatan Ibadah di Lampung Jadi Tersangka dan Ditahan,” CNN Indonesia.
[3] M. A. K. Rijaal, “Fenomena Intoleransi Antar Umat Beragama Serta Peran Sosial Media Akun Instagram Jaringan Gusdurian Indonesia Dalam Menyampaikan Pesan Toleransi,” Syiar | Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, vol. 1, no. 2, pp. 103–103, Dec. 2021, doi: 10.54150/syiar.v1i2.41.
[4] A. D. Supriatna, D. Tresnawati, D. D. S. Fatimah, and R. E. G. Rahayu, “Development Of Multi-Media Based Learning Media For Early Childhood Education Using The MDLC Method,” International Journal Of Scientific & Technology Research, vol. 9, no. 3, 2020, [Online]. Available: www.ijstr.org
[5] W. T. Atmojo, M. Irvansyah, and D. Setiyadi, “Metode Multimedia Development Life Cycle Pada Animasi Berhitung Interaktif Sebagai Alat Bantu Belajar Matematika,” Information System For Educators And Professionals, vol. 4, no. 1, 2019.
[6] B. Baihaki, S. Djamilah, and A. Lazwardi, “Developing Interactive Learning Media Based On Adobe Animate Applications For Geometry Transformation,” Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 7, no. 2, pp. 191–206, Nov. 2022, doi: 10.22236/kalamatika.vol7no2.2022pp191-206.
[7] A. Putri, D. Dasminar, D. Delfa, L. Levi, M. Mawar, and Y. Yadika, “Development Of Android-Based Interactive Learning Media In Basic Graphic Design Subjects At Vocational Schools,” Jurnal INFOKUM, vol. 11, no. 4, 2023, [Online]. Available: http://infor.seaninstitute.org/index.php/infokum/index
[8] H. Putri, I. Shadiq, and G. G. Putri, “Interactive Learning Media for Cellular Communication Systems using the Multimedia Development Life Cycle Model,” Jurnal Online Informatika, vol. 6, no. 1, pp. 1–10, Jun. 2021, doi: 10.15575/join.v6i1.554.
[9] A. Pangestu, L. Fitriani, and D. D. S. Fatimah, “Rancang Bangun Sistem Multimedia Kegiatan Keagamaan Masyarakat Indonesia Berbasis Android,” Jurnal Algoritma, vol. 17, no. 1, pp. 68–74, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.sttgarut.ac.id/
[10] D. T. P. Yanto, “Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik,” Jurnal Inovasi Vokasional dan teknologi, vol. 19, no. 1, 2019, doi: 10.24036/invotek.v19vi1.409.
[11] A. Indartiwi, J. Wulandari, and T. Novela, “Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0,” Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, vol. 2, no. 1, pp. 29–30, 2020.
[12] M. S. Azis, L. Hakim, and Walim, “Perancangan Aplikasi Berbasis Desktop Dengan Microsoft Visual Basic (Studi Kasus: Aplikasi Absensi Anak Magang 1.0),” JURNAL RESPONSIF, vol. 2, no. 1, pp. 44–52, 2020, [Online]. Available: http://ejurnal.univbsi.id/index.php/jti
[13] Uminingsing, Ichsanudin Muhamad Nur, Yusuf Muhammad, and Suraya, “Pengujian Fungsional Perangkat Lunak Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Metode Black Box Testing Bagi Pemula,” Storage - JUrnal Ilmiah Teknik dan Ilmu Komputer, vol. 1, no. 2, pp. 1–8, 2022, doi: 10.55123.
[14] I. Binanto, “Tinjauan Metode Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia Yang Sesuai Untuk Mahasiswa Tugas Akhir,” Seminar Nasional Rekayasa Komputer dan Aplikasinya, pp. 978–602, 2015.
[15] W. Joni Kurniawan, “Sistem E-Learning Do’a dan Iqro’ dalam Peningkatan Proses Pembelajaran pada TK Amal Ikhlas,” Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi, vol. 1, no. 3, pp. 154–159, 2019.
[16] R. Alyusfitri, Ambiyar, I. Aziz, and D. Amdia, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi bangun Ruang Kelas V SD,” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matermatika, vol. 04, no. 02, pp. 1282–1283, 2020.
[17] F. N. Khasanah and S. Murdowo, “Pengujian Beta Pada Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Dasar Islam Melalui Kuesioner,” INFOKAM, vol. 2, pp. 84–84, 2019.