Isi Artikel Utama

Abstrak

Seiring perkembangan zaman, media interaktif menjadi salah satu alternatif metode pembelajaran. Pembelajaran menggunakan media interaktif memiliki nilai tambah pada proses pendidikan, salah satu bidang pembelajaran yang membutuhkan inovasi yaitu pembelajaran agama. Pemerintah Indonesia mengakui adanya keragaman agama, di mana toleransi beragama perlu disosialisasikan kepada pemeluknya terutama anak-anak. Materi toleransi beragama ditinjau dari berbagai agama dapat disosialisasikan melalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Media tersebut digolongkan kepada media interaktif yang mendukung keefektifan pembelajaran karena memanfaatkan multimedia. Tujuan penelitian ini untuk merancang bangun media pembelajaran mengenai toleransi beragama dengan metode Multimedia Development Life Cycle. Metode ini memiliki enam tahapan yaitu tahap-tahap concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Aplikasi ini telah diuji menggunakan uji fungsional serta uji beta yang dilakukan bersama guru. Hasil pengujian menunjukkan fungsi-fungsi telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Hasil penelitian ini dapat berperan dalam memahamkan anak-anak mengenai toleransi beragama melalui materi toleransi beragama yang sesuai dengan agama  masing-masing.

Kata Kunci

Media Interaktif, Multimedia Development Life Cycle, Toleransi Beragama

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
D. D. S. Fatimah, M. S. . Mubarok, dan A. Apriani, “Penggunaan Multimedia Development Life Cycle dalam Rancang Bangun Media Pembelajaran Toleransi Beragama ”, Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 1, hlm. 189–197, Mei 2024.

References

Read More