Isi Artikel Utama

Abstrak

Pembelajaran mandiri merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dengan tujuan agar mahasiswa dapat melakukan eksplorasi materi yang diberikan oleh dosen. Oleh karena itu, aplikasi Daily Report hadir untuk membantu mahasiswa untuk melaporkan kegiatan pembelajaran mandiri yang dilakukan oleh mahasiswa. Permasalahan muncul ketika mahasiswa merasa kesulitan dalam menggunakan aplikasi Daily Report dikarenakan beberapa hal seperti penempatan tombol yang kurang tepat, desain form input yang terlalu kaku serta penggunaan font dan icon yang kurang sesuai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain aplikasi Daily Report dengan menerapkan metodologi user-centered design. Metodologi user-centered design merupakan metodologi pengembangan desain aplikasi yang berfokus kepada kebutuhan pengguna. Penelitian ini menghasilkan pengembangan desain aplikasi Daily Report dengan hasil pengujian menggunakan system usability scale mendapatkan nilai rata-rata usability 73 dengan grade scale C dan adjective rating Good yang dimana hal tersebut membuktikan bahwa pengembangan desain aplikasi memudahkan mahasiswa menggunakan aplikasi Daily Report.

Kata Kunci

Daily Report Pembelajaran Mandiri User-Centered Design

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
D. Tresnawati, L. Fitriani, M. A. Kamal, dan A. T. Setiawan, “Pengembangan Desain Aplikasi Daily Report dengan Pendekatan User Centered Design”, Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 1, hlm. 141-151, Mei 2024.

Referensi

M. Rosmiati, “Aplikasi Monitoring Kehadiran Siswa Berbasis Web Untuk Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh,” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 7, no. 2, pp. 171–175, 2021, doi: 10.31294/jtk.v4i2.

R. W. Qalbi and S. Derta, “Perancangan Aplikasi Monitoring Ibadah Harian Siswa Berbasis Android di SMAN 2 Tilatang Kamang,” Inform. J. Ilmu Komput., vol. 16, no. 3, p. 128, 2020, doi: 10.52958/iftk.v16i3.1900.

A. T. Setiawan, R. Yusuf, and A. S. Prihatmanto, “Design and Development of a Daily Recording System for Vocational High School Field Work Practice Participants,” 12th Int. Conf. Syst. Eng. Technol. ICSET 2022 - Proceeding, pp. 25–30, 2022, doi: 10.1109/ICSET57543.2022.10011129.

T. Daffa and B. Suranto, “Penerapan Metode User Centered Design Pada Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi I-Star,” Automata, 2022.

M. R. Arfianto, “Analisis Desain User Interface pada Aplikasi Pencari Parkir Mobil,” Desainpedia J. Urban Des. Lifestyle Behav., vol. 1, no. 1, pp. 29–33, 2022, doi: 10.36262/dpj.v1i1.589.

A. Kathleen, R. P. Sutanto, and A. P. K., “Analisis Perbandingan User Flow Dari Aplikasi E-Catalogue Ifurnholic,” J. DKV Adiwarna, vol. 1, no. 18, pp. 121–131, 2021.

T. P. Y. Titan, Budiman, and J. H. F. Efendi Putra, “Perancangan Prototype User Interface Dan Pengujian User Experience Aplikasi Rental Mobil Berbasis Menggunakan Metode Design Thinking ( Studi Kasus : Pt Trans Berjaya Khatulistiwa),” Nuansa Inform., vol. 17, no. 2, pp. 48–65, 2023, doi: 10.25134/ilkom.v17i2.9.

D. W. Pratama and A. Arifin, “Implementasi User Centered Design(UCD) pada Mobile App ASN Memayu,” pp. 80–90, 2020.

M. P. Eugenia, M. Abdurrofi, B. Almahenzar, and A. Khoirunnisa, “Pendekatan Metode User-Centered Design dan System Usability Scale dalam Redesain dan Evaluasi Antarmuka Website,” Semin. Nas. Off. Stat., vol. 2022, no. 1, pp. 573–584, 2022, doi: 10.34123/semnasoffstat.v2022i1.1454.

R. Gunawan, A. M. Joharudin, Y. Yudiana, and D. Awalludin, “Analisis Dan Implementasi Metode User Centered Design (UCD) Pada Pembuatan Sistem Informasi Perangkat Mengajar Guru Berbasis Mobile,” Pros. Semin. Nas. Inov. dan Adopsi Teknol., vol. 3, no. 1, pp. 12–25, 2023, doi: 10.35969/inotek.v3i1.296.

A. R. Novianto and S. Rani, “Pengembangan Desain UI/UX Aplikasi Learning Management System dengan Pendekatan User Centered Design,” J. SNATI, vol. 2, no. 1, pp. 21–32, 2022.

M. R. Pebriansyah, A. Pratondo, and T. Zani, “Pengembangan Desain UI / UX pada Fitur Integrasi Logistik dan Marketplace di Aplikasi krealogi UI / UX Design Development fot Integration of Logistics and Marketplace Feature in Krealogi Applications,” vol. 9, no. 3, pp. 1420–1425, 2023.

D. Irawan and U. Darusalam, “Implementasi User Centered Design dan Reporting Services Pada Sistem Informasi Laporan Izin dan Kinerja Siswa Pada Sekolah Umum,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 1, p. 386, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i1.3494.

A. Bangor, P. T. Kortum, and J. T. Miller, “An empirical evaluation of the system usability scale,” Int. J. Hum. Comput. Interact., vol. 24, no. 6, pp. 574–594, 2008, doi: 10.1080/10447310802205776.

U. Ependi, T. B. Kurniawan, and F. Panjaitan, “System Usability Scale Vs Heuristic Evaluation: a Review,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 10, no. 1, pp. 65–74, 2019, doi: 10.24176/simet.v10i1.2725.