Isi Artikel Utama

Abstrak

Pembelajaran mandiri merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dengan tujuan agar mahasiswa dapat melakukan eksplorasi materi yang diberikan oleh dosen. Oleh karena itu, aplikasi Daily Report hadir untuk membantu mahasiswa untuk melaporkan kegiatan pembelajaran mandiri yang dilakukan oleh mahasiswa. Permasalahan muncul ketika mahasiswa merasa kesulitan dalam menggunakan aplikasi Daily Report dikarenakan beberapa hal seperti penempatan tombol yang kurang tepat, desain form input yang terlalu kaku serta penggunaan font dan icon yang kurang sesuai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain aplikasi Daily Report dengan menerapkan metodologi user-centered design. Metodologi user-centered design merupakan metodologi pengembangan desain aplikasi yang berfokus kepada kebutuhan pengguna. Penelitian ini menghasilkan pengembangan desain aplikasi Daily Report dengan hasil pengujian menggunakan system usability scale mendapatkan nilai rata-rata usability 73 dengan grade scale C dan adjective rating Good yang dimana hal tersebut membuktikan bahwa pengembangan desain aplikasi memudahkan mahasiswa menggunakan aplikasi Daily Report.

Kata Kunci

Daily Report Pembelajaran Mandiri User-Centered Design Daily Report Independent Learning User-Centered Design

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
D. . Tresnawati, L. Fitriani, M. A. Kamal, dan A. T. Setiawan, “Pengembangan Desain Aplikasi Daily Report dengan Pendekatan User Centered Design”, Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 1, hlm. 141–151, Mei 2024.

References

Read More