Isi Artikel Utama

Abstrak

Reservasi merupakan salah satu bentuk layanan yang disediakan oleh perusahaan untuk pengaturan atau pemesanan misalnya tiket, meja, kamar hotel untuk seseorang pada waktu tertentu. Banyak cara untuk memeberikan layanan reservasi, salah satunya yaitu melalui media komunikasi. Penelitian ini merupakan pengembangan dari “Perancangan Aplikasi Reservasi pada Jasa Karunia Tour and Travel dengan Implementasi Payment Gateway". Tujuannya yaitu melengkapi aplikasi reservasi dengan fitur layanan obrolan secara realtime (livechat) untuk membantu perusahaan dan konsumen dalam berkomunikasi terkait layanan reservasi tour dan travel. Metodologi pengembangan aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Extreme Programing (XP) yang terbagi kedalam empat tahapan diantaranya Planning, Design, Coding dan Testing. Model perancangan aplikasi menggunakan Unified Modeling Language (UML) dan Class Responsibility Collaboration (CRC). Penelitian ini menghasilkan aplikasi live chat yang diintegrasikan dengan aplikasi reservasi tour dan travel di perusahaan Jasa Karunia.

Kata Kunci

Extreme Programing Live Chat Tour and Travel Extreme Programming Pengembangan Unified Modeling Language

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
E. . Permana, A. Sutedi, dan R. . Elsen, “Pengembangan Aplikasi Live Chat Menggunakan Extreme Programing”, Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 1, hlm. 198–207, Mei 2024.

References

  1. H. Budiman, “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan,” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, no. 1, p. 31, 2017, doi: 10.24042/atjpi.v8i1.2095.
  2. R. Setiawan, A. Sutedi, S. Mulyawati, and L. Fitriani, “Perancangan dan Implementasi Aplikasi Reservasi Jasa Karunia Tour and Travel,” Teknika, vol. 11, no. 3, pp. 218–224, 2022, doi: 10.34148/teknika.v11i3.517.
  3. D. Mediana and A. I. Nurhidayat, “Rancang Bangun Aplikasi Helpdesk (A-Desk) Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel ( Studi Kasus di PDAM Surya Sembada Kota Surabaya ),” Jurnal Manajemen Informatika, vol. 8, no. 2, pp. 75–81, 2018.
  4. B. Huda and B. Priyatna, “Penggunaan Aplikasi Content Management System (CMS) Untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E-commerce,” Systematics, vol. 1, no. 2, p. 81, 2019, doi: 10.35706/sys.v1i2.2076.
  5. A. O. Sari, A. Abdilah, and Sunarti, Web Programming. 2019.
  6. D. Hidayatullah and T. Ardiansah, “Sistem Informasi Reservasi Pelayanan Dan Penyewaan Fasilitas Lapangan Futsal Berbasis Web Dengan Metode Waterfall,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 3, no. 3, pp. 64–68, 2022.
  7. R. Setiawan, A. Sutedi, S. Mulyawati, and L. Fitriani, “Perancangan dan Implementasi Aplikasi Reservasi Jasa Karunia Tour and Travel,” Teknika, vol. 11, no. 3, pp. 218–224, 2022, doi: 10.34148/teknika.v11i3.517.
  8. A. Azzahra and A. Octaviano, “Implementasi Metode Scrum Pada Sistem Informasi Penjualan Dengan Fitur Live Chat Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus : Puppies Station),” OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer dan Science, vol. Vol 1, no. 09, pp. 1467–1474, 2019.
  9. C. M. Y. Siahaan and E. R. Syahputra, “Promosi Jasa Menjahit Berbasis Web Dengan Fitur Live Chat ( Studi Kasus Okta Tailor ),” JIKSTRA(Jurnal Illmu Komputer dan Sistem Komputer Terapan), vol. 02, no. 02, pp. 56–65, 2020.
  10. M. Tarigan and R. Ramadhan, “Implementasi Fitur Virtual Assistance Pada Layanan Live Chat di PT. Garena Indonesia,” Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur), vol. 17, no. 2, pp. 40–44, 2020, doi: 10.36080/bit.v17i2.1281.
  11. D. Adiyanto, V. Christanti Mawardi, and M. Dolok Lauro, “Aplikasi Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar (SD) Dengan Fitur Live Chat Dan Automatic Essay Scoring,” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, vol. 10, no. 2, pp. 1–5, 2022, doi: 10.24912/jiksi.v10i2.22533.
  12. Y. A. Sandi, I. M. Nugroho, and ..., “Penerapan Metode Ucd Untuk Perancangan Ui Dan Ux Dalam Membangun Fitur Mentor on Demand Dan Live Chat Pada Website …,” Jurnal Ilmiah …, no. 03, pp. 280–286, 2022.
  13. Kent Beck, Extreme Programming. Amerika, 2000.
  14. A. supriyatna, “Metode Extremme Programming Pada Pembangunan Web Aplikasi Seleksi Peserta Pelatihan Kerja,” 2018.
  15. C. M. Y. Siahaan and E. R. Syahputra, “Promosi Jasa Menjahit Berbasis Web Dengan Fitur Live Chat ( Studi Kasus Okta Tailor ),” JIKSTRA(Jurnal Illmu Komputer dan Sistem Komputer Terapan), vol. 02, no. 02, pp. 56–65, 2020.
  16. R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak. 2014.