Isi Artikel Utama

Abstrak

Perkembangan industri kopi di Indonesia saat ini semakin pesat dan menunjukkan adanya peluang pasar yang potensial. Banyak masyarakat minat terhadap kopi menunjukkan bahwa permintaan kopi di Indonesia semakin meningkat dan untuk memenuhi permintaan tersebut banyak perusahaan dibidang penjualan kopi berdiri. Namun, hal ini mengakibatkan persaingan antar perusahaan kopi semakin ketat. Salah satunya terjadi pada Pojok Darajat Kopi yang mengalami permasalahan dalam mempertahankan pelanggan. Maka, untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan pemanfaatan teknologi dengan menerapkan Customer Relationship Management melalui pembangunan aplikasi pemasaran kopi berbasis web. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi pemasaran kopi serta mengetahui bagaimana penerapan Customer Relationship Management dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dan menciptakan hubungan jangka panjang yang baik sehingga membantu perusahaan dalam mempertahankan pelanggan. Metode pengembangan yang digunakan yaitu Rational Unified Process yang terdiri dari 4 fase yaitu Inception, Elaboration, Construction dan Transition serta untuk perancangan pemodelan sistem digunakan Unified Modeling Language. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor, Framework atau kerangka kerja yang digunakan Laravel, dan MySQL digunakan untuk Database Management System. Penelitian ini menghasilkan aplikasi pemasaran kopi berbasis web yang menerapkan Customer Relationship Management untuk membantu dalam proses pemasaran kopi, meningkatkan kepuasan pelanggan dan menciptakan hubungan jangka panjang yang baik sehingga akan membantu perusahaan dalam mempertahakan pelanggan.

Kata Kunci

Indonesia Aplikasi Customer Relationship Management Kopi Pemasaran Rational Unified Process Web

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
T. N. Ainun, S. Rahayu, dan A. Mulyani, “Penerapan Customer Relationship Management Pada Aplikasi Pemasaran Kopi Berbasis Web Menggunakan Metode Rational Unified Process”, Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 2, hlm. 343–354, Nov 2024.

References

  1. S. D. S. T. Perkebunan, Ed., Statistik Kopi Indonesia 2021. Badan Pusat Statistik, 2022.
  2. D. Gartina et al., Eds., Statistik Perkebunan Unggulan Nasional 2020-2022. Sekretatiat Direktorat Jenderal Perkebunan, 2020.
  3. Jabar Digital Service, “Menilik Potensi Kopi Jawa Barat Menuju Pasar Global,” Sep. 15, 2022. https://opendata.jabarprov.go.id/id/infografik/menilik-potensi-kopi-jawa-barat-menuju-pasar-global (accessed Mar. 30, 2023).
  4. K. Anderson and C. Kerr, Customer Relationship Management. McGraw-Hill, 2002.
  5. F. Buttle, Customer Relationship Management-Concepts and Technologies, Second Edi. Elsevier Ltd. All rights reserved, 2009.
  6. C. Péraire, M. Edwards, A. Fernandes, E. Mancin, and K. Carroll, The IBM Rational Unified Process for System z, First Edit. International Business Machines Corporation, 2007.
  7. Y. Bahtiar and W. Wahyudin, “Pendekatan Customer Relationship Management Untuk Fungsi Strategi Pemasaran dan Peningkatan Brand Kopi Go Karawang,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 8, no. 8, pp. 80–87, 2022, doi: 10.5281/zenodo.6610598.
  8. N. A. A. Anggara, J. Hutahaean, and M. Iqbal, “Penerapan Customer Relationship Management ( CRM ) Dalam Sistem Informasi Penjualan Kosmetik Berbasis Web,” Build. Informatics, Technol. Sci. (BITS, vol. 3, no. 4, pp. 480–488, 2022, doi: 10.47065/bits.v3i4.1440.
  9. J. S. Irsandi, I. Fitri, and N. D. Nathasia, “Sistem Informasi Pemasaran dengan Penerapan CRM ( Customer Relationship Management ) Berbasis Website menggunakan Metode Waterfall dan Agile,” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 5, no. 4, pp. 347–353, 2021, doi: https://doi.org/10.35870/jti.
  10. R. N. Syakila and N. A. W. Ardhoyo, “Penerapan Customer Relationship Management pada Crematology Coffee Roasters Saat Pandemi Covid-19,” J. Cyber PR, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2021, [Online]. Available: https://journal.moestopo.ac.id/index.php/cyberpr/article/view/1414
  11. S. Saleh, I. Indera, and C. N. Basri, “Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) dan Analisa Tingkat Loyalitas Pelanggan pada Toko Swalayan,” J. Tek., vol. 15, no. 1, pp. 45–53, 2021, doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.7326875.
  12. F. Buttle and S. Maklan, Customer Relationship Management, Concept and Technologies, Third Edition, Third Edit. New York: Routledge, 2015.
  13. S. Rahayu, “Perancangan Aplikasi Barbershop Online,” J. Algoritm., vol. 15, no. 1, pp. 29–36, 2018.
  14. “Usability 101: Introduction to Usability.” https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/ (accessed Aug. 20, 2023).
  15. J. Brooke, “SUS: A Retrospective,” J. Usability Stud., vol. 8, no. 2, pp. 29–40, 2013.
  16. J. Brooke, “Sus: a “quick and dirty’usability,” Usability Eval. Ind., vol. 189, no. 3, pp. 189–194, 1996.
  17. R. A. Lesmana and A. M. Bakti, “Usability Testing Pada Website SMK Negeri 1 Suak Tapeh Menggunakan System Usability Scale (SUS),” JUPITER (Jurnal Penelit. Ilmu dan Tek. Komputer), vol. 15, no. 1b, pp. 365–371, 2023.
  18. I. Santoso and S. A. Karim, “Rancang Bangun Knowledge Management System Politeknik Statistika STIS,” J. Inform., vol. 4, no. 02, 2019.