Isi Artikel Utama

Abstrak

Seiring berkembangnya teknologi informasi di Indonesia telah berkembang dengan pesat dan merambah keberbagai bidang, terutama di bidang industri telekomunikasi, salah satu pemanfaatannya adalah dalam penyimpanan informas, dalam pengolahan data. PT. Rahajasa Media Internet (Cabang Garut) merupakan suatu instansi yang bergerak dibidang penyedia layanan internetdalam pengolahan data yang masih menggunakan sistem konvensional yaitu melakukan pencatatan, baik itu pencatatan dan pembuatan laporan data keluhan pelanggan internet, karena sistem konvensional tersebut menyebabkan kinerja divisi administrator menjadi kurang efektif dan efisien, sehingga dibutuhkan sebuah perangkat lunak untuk pengelolaan data. Tujuan pembangunan aplikasi daftar keluhan pelanggan internet di PT. Rahajasa Media Internet (Cabang Garut) yaitu untuk mempermudah pencatatan dan pembuatan laporan untuk divisi administrator, serta memudahkan manajer untuk menerima dan melihat laporan daftar keluhan pelanggan. Terbangunnya aplikasi daftar keluhanpelanggan internet ini yang akan menunjang salah satu pekerjaan administrator dalam pengelolaan daftar keluhan pelanggan internet. Proses analisis pada tugas akhir ini menggunakan pendekatan berorientasi objek dengan Unified Approach (UA) yang terdiri dari tahapan-tahapan sebagai berikut: identifikasi aktor, use case diagram, activity diagram, sequence diagram, dan class diagram. Berdasarkan hasil analisis ini, akhirnya dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan aplikasi daftar keluhan pelanggan internet ini telah mengakomodasi aktifitasnya yaitu mempermudah divisi teknisi dalam mengelelo data keluhan pelanggan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
, Rohimah dan A. D. Supriatna, “PENGEMBANGAN APLIKASI DAFTAR KELUHAN PELANGGAN INTERNET DI PT. RAHAJASA MEDIA INTERNET (CABANG GARUT)”, Jurnal Algoritma, vol. 12, no. 1, hlm. 21–30, Agu 2015.