Isi Artikel Utama

Abstrak

Perubahan signifikan dalam pendekatan, metode, dan alat pembelajaran di era digitalisasi memunculkan kebutuhan akan E-Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) yang dapat memajukan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Penelitian ini merancang E-LKPD berdasarkan aturan pemerintah dengan menggunakan metode User Centered Design (UCD), Software Requirements Specification (SRS), dan System Usability Scale (SUS). Melalui tahapan perancangan UCD, E-LKPD berhasil menciptakan website user-friendly yang sesuai dengan aturan pembelajaran peserta didik di sekolah menengah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis digital berupa E-LKPD dengan mengimplementasikan User Centered Design (UCD) dan Software Requirements Specification (SRS).  Hasilnya terbukti melalui Usability Testing menggunakan pendekatan System Usability Scale (SUS) didapatkan nilai 80,667 dengan kategori grade A, Excellent pada Adjective, Acceptable, dan kategori Promotor pada Net Promotore Score (NPS) yang menunjukan E-LKPD telah berhasil dirancang dengan usability yang baik serta layak digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Kata Kunci

E-LKPD Software Requirements Specification System Usability Scale Usability Testing User Centered Design E-LKPD Software Requirements Specification System Usability Scale Usability Testing User Centered Design

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
D. Kurniawan, R. Passarella, S. Fardinelly, F. H. Anggraini, H. A. Mattjik, dan S. Rahmayuni, “Implementasi User Centered Design dan Software Requirements Specification pada Perancangan Website”, Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 1, hlm. 343–354, Mei 2024.

References

  1. R. Julian and Suparman, “Analisis Kebutuhan E-LKPD Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah,” Proceeding 1st Steeem, vol. 1, no. 1, pp. 238–243, 2019.
  2. D. A. Zahroh and Y. Yuliani, “Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan,” Berk. Ilm. Pendidik. Biol., vol. 10, no. 3, pp. 605–616, 2021, doi: 10.26740/bioedu.v10n3.p605-616.
  3. R. Wahyuni et al., “Penerapan E-LKPD berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa,” J. Nat. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 62–71, 2021, doi: 10.34007/jonas.v2i2.99.
  4. I. Melina, N. Fitriyah, and M. A. Ghofur, “Pengembangan E-Lkpd Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Development of Android-Based E-Lkpd With Problem Based Learning (Pbl) Learning Model To Improve Critical Thinking,” J. Ekon. Pendidik., vol. 18, no. 1, p. 2021, 2021.
  5. Waldopo, “Pembelajaran Berbasis Masalah, Sebuah Strategi Pembelajaran Untuk Menyiapkan Kemandirian Peserta Didik,” J. Teknodik, pp. 353–363, 2022, doi: 10.32550/teknodik.vi0.35.
  6. A. W. Putriyana, L. Auliandari, and K. Kholillah, “Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share pada Praktikum Materi Fungi,” Biodik, vol. 6, no. 2, pp. 106–117, 2020, doi: 10.22437/bio.v6i2.9255.
  7. A. Purnama and S. Suparman, “Studi Pendahuluan: E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik,” JKPM (Jurnal Kaji. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, p. 131, 2020, doi: 10.30998/jkpm.v6i1.8169.
  8. V. Puspita and I. P. Dewi, “Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 86–96, 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i1.456.
  9. A. R. Novianto and S. Rani, “Pengembangan Desain UI/UX Aplikasi Learning Management System dengan Pendekatan User Centered Design,” J. SNATI, vol. 2, no. 1, pp. 21–32, 2022.
  10. E. N. Sari and A. Listiadi, “Pengembangan E-LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning Pada Materi Harga Pokok Proses Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK,” J. Pendidik. Akunt., vol. 11, no. 2, pp. 211–227, 2023, doi: 10.26740/jpak.v11n2.p211-227.
  11. R. A. Syafitri and Tressyalina, “The Importance of the Student Worksheets of Electronic (E-LKPD) Contextual Teaching and Learning (CTL) in Learning to Write Description Text during Pandemic COVID-19,” vol. 485, no. Iclle, pp. 284–287, 2020, doi: 10.2991/assehr.k.201109.048.
  12. L. R. Ningtyas and Y. S. Rahayu, “Pengembangan e-LKPD Interaktif Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII,” Berk. Ilm. Pendidik. Biol., vol. 11, no. 3, pp. 527–536, 2022, doi: 10.26740/bioedu.v11n3.p527-536.
  13. K. Tariani, I.W. Suastra, and I.G. Astawan, “Pengembangan E-Lkpd Ipa Berbasis Catur Asrama Kelas V,” PENDASI J. Pendidik. Dasar Indones., vol. 6, no. 1, pp. 94–104, 2022, doi: 10.23887/jurnal_pendas.v6i1.563.
  14. Supardianto and A. B. Tampubolon, “Penerapan UCD (User Centered Design) Pada Perancangan Sistem Informasi,” J. Appl. Informatics Comput., vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2020.
  15. R. P. Ayunda, S. Zakir, Z. Sesmiarni, and W. Aprison, “Pengembangan E-Lkpd Berbasis Android Menggunakan Kodular Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII Di MTS Plus Padang Kandang,” J. Multidisiplin Ilmu, vol. 2, no. 1, pp. 163–178, 2023.
  16. Y. Elfandari, L. D. Farida, I. R. Wulandari, and I. A. Astuti, “Penerapan User Centered Design pada Perancangan Mobile Apps Sistem Pemesanan Kue,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 11, no. 3, pp. 861–872, 2022.
  17. A. E. S. Isnaini Hayati, “Penerapan User Centered Design pada Perancangan Web E-Commerce Alat Kesehatan,” J. Inform. Univ. Pamulang , vol. 7, no. 4, pp. 374–381, 2022.
  18. ISO 9241-210 Ergonomics of human-system interaction interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems, 2nd ed., vol. 9241. 2019. doi: 10.5100/jje.30.1.