Isi Artikel Utama

Abstrak

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengemukakan tujuh metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada era digitalisasi saat ini. Salah satunya yaitu mengadopsi model Project Based Learning (PBL) yang berpusat pada peserta didik dimana pendidik harus dapat memberikan inovasi pembelajaran dan menggali kemampuan mengajar dengan merancang dan mengembangkan bahan ajar untuk peserta didik. Materi ajar sebaiknya dirancang dengan memanfaatkan teknologi, dalam menyajikan materi, latihan soal, dan lembar kerja yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan potensi dan memfasilitasi kolaborasi di antara peserta didik. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menghasilkan  bahan  ajar  berbasis  digital  berupa E-LKPD dengan mengimplementasikan User Centered Design (UCD) dan Software Requirements Specification (SRS).  Hasilnya terbukti melalui Usability Testing menggunakan pendekatan System Usability Scale (SUS) didapatkan nilai 80,667 dengan kategori grade A,  Excellent pada Adjective, Acceptable, dan kategori Promotor pada Net Promotore Score (NPS) yang menunjukan E-LKPD telah berhasil dirancang dengan usability yang baik serta layak digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Kata Kunci

E-LKPD Software Requirements Specification System Usability Scale Usability Testing User Centered Design

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
D. Kurniawan, R. Passarella, S. Fardinelly, F. H. Anggraini, H. A. Mattjik, dan S. Rahmayuni, “Implementasi User Centered Design dan Software Requirements Specification pada Perancangan Website”, Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 1, Mei 2024.

Referensi

[1] R. Julian and Suparman, “Analisis Kebutuhan E-LKPD Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah,” Proceeding 1st Steeem, vol. 1, no. 1, pp. 238–243, 2019.
[2] D. A. Zahroh and Y. Yuliani, “Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan,” Berk. Ilm. Pendidik. Biol., vol. 10, no. 3, pp. 605–616, 2021, doi: 10.26740/bioedu.v10n3.p605-616.
[3] R. Wahyuni et al., “Penerapan E-LKPD berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa,” J. Nat. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 62–71, 2021, doi: 10.34007/jonas.v2i2.99.
[4] I. Melina, N. Fitriyah, and M. A. Ghofur, “Pengembangan E-LKPD Berbasis Android dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik,” vol. 3, no. 5, pp. 1957–1970, 2021.
[5] Waldopo, “Pembelajaran Berbasis Masalah, Sebuah Strategi Pembelajaran Untuk Menyiapkan Kemandirian Peserta Didik,” J. Teknodik, pp. 353–363, 2022, doi: 10.32550/teknodik.vi0.35.
[6] A. W. Putriyana, L. Auliandari, and K. Kholillah, “Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share pada Praktikum Materi Fungi,” Biodik, vol. 6, no. 2, pp. 106–117, 2020, doi: 10.22437/bio.v6i2.9255.
[7] A. Purnama and S. Suparman, “Studi Pendahuluan: E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik,” JKPM (Jurnal Kaji. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, p. 131, 2020, doi: 10.30998/jkpm.v6i1.8169.
[8] V. Puspita and I. P. Dewi, “Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 86–96, 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i1.456.
[9] A. R. Novianto and S. Rani, “Pengembangan Desain UI/UX Aplikasi Learning Management System dengan Pendekatan User Centered Design,” J. SNATI, vol. 2, no. 1, pp. 21–32, 2022.
[10] E. N. Sari and A. Listiadi, “Pengembangan E-LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning Pada Materi Harga Pokok Proses Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK,” J. Pendidik. Akunt., vol. 11, no. 2, pp. 211–227, 2023, doi: 10.26740/jpak.v11n2.p211-227.
[11] R. A. Syafitri and Tressyalina, “The Importance of the Student Worksheets of Electronic (E-LKPD) Contextual Teaching and Learning (CTL) in Learning to Write Description Text during Pandemic COVID-19,” vol. 485, no. Iclle, pp. 284–287, 2020, doi: 10.2991/assehr.k.201109.048.
[12] L. R. Ningtyas and Y. S. Rahayu, “Pengembangan e-LKPD Interaktif Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII,” Berk. Ilm. Pendidik. Biol., vol. 11, no. 3, pp. 527–536, 2022, doi: 10.26740/bioedu.v11n3.p527-536.
[13] K. Tariani, I.W. Suastra, and I.G. Astawan, “Pengembangan E-Lkpd Ipa Berbasis Catur Asrama Kelas V,” PENDASI J. Pendidik. Dasar Indones., vol. 6, no. 1, pp. 94–104, 2022, doi: 10.23887/jurnal_pendas.v6i1.563.
[14] Supardianto and A. B. Tampubolon, “Penerapan UCD (User Centered Design) Pada Perancangan Sistem Informasi,” J. Appl. Informatics Comput., vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAIC
[15] R. P. Ayunda, S. Zakir, Z. Sesmiarni, and W. Aprison, “Pengembangan E-Lkpd Berbasis Android Menggunakan Kodular Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII Di MTS Plus Padang Kandang,” J. Multidisiplin Ilmu, vol. 2, no. 1, pp. 163–178, 2023.
[16] L. D. F. I. R. W. I. A. A. Yuli Elfandari, “Penerapan User Centered Design pada Perancangan Mobile Apps Sistem Pemesanan Kue,” Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 11, no. 3, pp. 861–872, Dec. 2022.
[17] A. E. S. Isnaini Hayati, “Penerapan User Centered Design pada Perancangan Web E-Commerce Alat Kesehatan,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang , vol. 7, no. 4, pp. 374–381, Jun. 2022.
[18] Technical Committee : ISO/TC 159/SC 4 Ergonomics of human-system interaction, ISO 9241-210:2019 Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems, 2nd ed., vol. 9241. 2019. Accessed: Oct. 09, 2023. [Online]. Available: https://www.iso.org/obp/ui/en/#iso:std:iso:9241:-210:ed-2:v1:en.