Isi Artikel Utama

Abstrak

Perkembangan teknologi yang pesat saat ini telah menjadi kebutuhan utama dalam masyarakat, termasuk dalam sistem pengamalan rangkaian ibadah Asbabun Nuzul bagi mereka yang mempercayainya. Namun, masih banyak data Asbabun Nuzul yang belum terkomputerisasi, menyebabkan ketidakmudahan dalam pendataan dan pemahaman terhadap Asbabun Nuzul dalam Al-Qur'an. Oleh karena itu, sebuah aplikasi pembelajaran Asbabun Nuzul yang mencakup karya Imam Suyuti dan Al-Wahidi An-Nisaburi dikembangkan untuk memudahkan masyarakat dalam membaca dan memahami Asbabun Nuzul per ayat dalam Al-Qur'an. Aplikasi ini dibuat menggunakan Android Studio dengan bahasa pemrograman Java dan telah diuji menggunakan metode blackbox. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data dari studi pustaka dan wawancara. Aplikasi ini ditujukan bagi akademisi dan pengkaji yang tertarik dalam bidang Al-Qur'an dan Tafsir, diharapkan dapat membantu memperdalam pemahaman terhadap Al-Qur'an, menyediakan pemahaman yang valid terhadap ayat, dan menghindari kesulitan dalam memahami maksud dan tujuan ayat tersebut.

Kata Kunci

Android Asbabun Java HTML Extreme Programming Android Asbabun Java HTML Extreme Programming

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
M. H. Mud’is dan I. F. S. R. Khaerani, “Rancang Bangun Sistem Aplikasi ASBABUN Nuzul Berbasis Android dengan Metode Extreme Programming”, Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 1, hlm. 296–305, Mei 2024.

References

  1. M. H. Mud’is H M, “Rancang Bangun Sistem Aplikasi Amaliyah Tarekat Qadiriyah Naqsabandiyah (TQN) Suryalaya Berbasis Android,” Garut, Apr. 2023. [Online]. Available: https://jurnal.itg.ac.id/
  2. M. Utami and S. Ratnawati, “Asbabun Nuzul Ayat Al-Qur’an Berkaitan Produktivitas dan Media Pembelajaran Online,” Studia Quranika, vol. 6, no. 2, p. 217, 2022, doi: 10.21111/studiquran.v6i2.5464.
  3. J. A.-D. Al-Suyuthi, Al-Itqan Fi ’Ulum Al-Qur’an. Mesir: Al-Haiah Al-Mishriyyah Al-’Aammah Li Al-Kitab, 1974.
  4. A. Malaka, “Berbagai Metode dan Corak Penafsiran Al-Qur’an,” Jurnal Studi Islam, vol. Vol. 1, 2021.
  5. A. Kurnia and I. F. S. R. Khaerani, “Perancangan Digitalisasi Tafsir Al-Qur’an Untuk Disabilitas Netra,” Jurnal TEDC, vol. Vol. 14, 2020.
  6. D. Kasoni, F. Fuad Afif, and K. Kunci, “DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING.”
  7. U. B. Mulia, “Merancang Aplikasi Dengan Metodologi Extreme Programming,” no. May 2017, 2018.
  8. K. Beck, Extreme Programming Explained , Second Edition, 2nd ed. Boston: Addison-Wesley Professional, 2004.
  9. N. A. Septiani and F. Y. Habibie, “Penggunaan Metode Extreme Programming Pada Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik,” Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. 3, no. 3, p. 341, Mar. 2022, doi: 10.30865/json.v3i3.3931.
  10. A. Sayfulloh, “Perancangan Program Penjualan Mainan Berbasis Web Menggunakan Metode Extreme Programming,” Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, vol. 5, no. 2, 2021, doi: 10.33395/remik.v4i1.11150.
  11. P. S. Salsabila PD, “Pengembangan Prototype Aplikasi Resep Dan Menu Makanan Pada Perangkat Android Menggunakan Metode RAD,” JIKA (Jurnal Informatika) Universitas Muhammadiyah Tangerang, vol. 7, no. 4, pp. 465–471, Nov. 2023, Accessed: Feb. 19, 2024. [Online]. Available: https://jurnal.umt.ac.id/index.php/jika/article/view/8993
  12. R. Jumardi, J. Teknik, E. Dan, and T. Informasi, “Analisis Kesuksesan Implementasi Sistem Informasi Skripsi pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta Eko Nugroho Indriana Hidayah,” 2022. [Online]. Available: http://skripsi.if.upnyk.ac.id.
  13. A. S. Akbar, “Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Hotel Dengan Metode Extreme Programming,” Jurnal Disprotek, vol. 8, no. 2, pp. 26–41, 2017.
  14. B. Reza, “( Sp2Tp ) Dengan Extreme Programming Pada Kabupaten Brebes,” vol. VII, no. 01, pp. 34–50, 2012.
  15. Y. Supardi, Membuat Program Smartphone untuk Android, Blackberry, dan iOS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.