Isi Artikel Utama

Abstrak

Perkembangan teknologi yang begitu pesat pada zaman sekarang ini menjadi kebutuhan primer di masyarakat, salah satunya adalah sebuah sistem pengamalan rangkaian ibadah Asbabun Nuzul pada masyarakat yang percaya dengan Asbabun Nuzul sedangkan masih banyak data Asbabun Nuzul yang belum tersistem komputerisasi dalam pendataan mengakibatkan malas untuk dibawa kemana saja dan tidak mudah untuk memahami Asbabun Nuzul perayat dalam Al-Qur’an. Aplikasi ini sebagai aplikasi pembelajaran Asbabun Nuzul yang terdiri dari Asbabun Nuzul Imam Suyuti dan Al- Wahidi An- Nisaburi, sehingga masyarakat dapat mempermudah membaca dan memahami Asbabun Nuzul perayat dalam Al-Quran, aplikasi ini dirancang dengan android studio menggunakan bahasa pemograman java dengan pengujian blackbox. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data melalui studi pustaka dan wawancara. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi Asbabun Nuzul untuk akademis dan pengkaji yang memiliki kepentingan di bidang Al-Qur’an dan Tafsir. Aplikasi ini diharapkan mempermudah para akademik dalam kepentingan Al-Qur’an, membantu menunjang pemahaman seseorang terhadap maksud dan tujuan yang terkandung dalam ayat, juga menghindarkan seseorang dari hal-hal musykil atau kesulitan ketika memahami arti ayat tersebut dan memberikan pemahaman yang valid tentang suatu ayat, karena terkadang hukum yang terkandung dalam suatu ayat adalah khusus sebabnya, sehingga ayat itu hanya menjawab dan memberi penyelesaian peristiwa atau pertanyaan yang melatarbelakangi turunnya ayat tersebut.

Kata Kunci

Android Asbabun Java HTML Extreme Programming

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
M. H. Mud’is dan I. F. S. R. Khaerani, “Rancang Bangun Aplikasi Asbabun Nuzul Berbasis Android dengan Metode Extreme Programming”, Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 1, Mei 2024.

Referensi

[1] M. H. Mud’is H M, “Rancang Bangun Sistem Aplikasi Amaliyah Tarekat Qadiriyah Naqsabandiyah (TQN) Suryalaya Berbasis Android,” Garut, Apr. 2023. [Online]. Available: https://jurnal.itg.ac.id/
[2] M. Utami and S. Ratnawati, “Asbabun Nuzul Ayat Al-Qur’an Berkaitan Produktivitas dan Media Pembelajaran Online,” Studia Quranika, vol. 6, no. 2, p. 217, 2022, doi: 10.21111/studiquran.v6i2.5464.
[3] J. A.-D. Al-Suyuthi, Al-Itqan Fi ’Ulum Al-Qur’an. Mesir: Al-Haiah Al-Mishriyyah Al-’Aammah Li Al-Kitab, 1974.
[4] A. Malaka, “Berbagai Metode dan Corak Penafsiran Al-Qur’an,” Jurnal Studi Islam, vol. Vol. 1, 2021.
[5] A. Kurnia and I. F. S. R. Khaerani, “Perancangan Digitalisasi Tafsir Al-Qur’an Untuk Disabilitas Netra,” Jurnal TEDC, vol. Vol. 14, 2020.
[6] D. Kasoni, F. Fuad Afif, and K. Kunci, “DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING.”
[7] N. A. Septiani and F. Y. Habibie, “Penggunaan Metode Extreme Programming Pada Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik,” Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. 3, no. 3, p. 341, Mar. 2022, doi: 10.30865/json.v3i3.3931.
[8] A. Sayfulloh, “Perancangan Program Penjualan Mainan Berbasis Web Menggunakan Metode Extreme Programming,” Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, vol. 5, no. 2, 2021, doi: 10.33395/remik.v4i1.11150.
[9] P. S. Salsabila PD, “PENGEMBANGAN PROTOTYPE APLIKASI RESEP DAN MENU MAKANAN PADA PERANGKAT ANDROID MENGGUNAKAN METODE RAD,” JIKA (Jurnal Informatika) Universitas Muhammadiyah Tangerang, vol. 7, no. 4, pp. 465–471, Nov. 2023, Accessed: Feb. 19, 2024. [Online]. Available: https://jurnal.umt.ac.id/index.php/jika/article/view/8993
[10] R. Jumardi, J. Teknik, E. Dan, and T. Informasi, “Analisis Kesuksesan Implementasi Sistem Informasi Skripsi pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta Eko Nugroho Indriana Hidayah,” 2022. [Online]. Available: http://skripsi.if.upnyk.ac.id.