Isi Artikel Utama

Abstrak

Aksara sunda merupakan budaya yang harus dilestarikan sejak dini untuk mencegah terjadinya kepunahan. Pada saat ini, tidak semua orang Sunda mengerti tentang Aksara Sunda, termasuk para pelajar di sekolah-sekolah yang berasal dari daerah Sunda, karena tidak semua sekolah mewajibkan muridnya mempelajari Aksara Sunda Namun nyatanya terdapat kekurangan dalam kegiatan belajar mengajar Aksara Sunda yang ada dengan penerapan media pembelajaran saat ini. Media pembelajaran merupakan wahana penyalur pesan dan informasi belajar. Media pembelajaran yang dirancang secara baik akan sangat membantu peserta didik dalam mencerna dan memahami materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu menerapkan puzzle game pada Media Pembelajaran Aksara Sunda ini yaitu menerapkan puzzle game aksara sunda sebagai media pendukung pembelajaran aksara sunda dalam mempelajari penggabungan kata menjadi kalimat dan bisa membantu melestarikan budaya khususnya Aksara Sunda. Metode pengembangan system yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distribution dengan kegiatan yang dilakukan meliputi studi literatur, wawancara, pengumpulan kebutuhan material, perancangan, pembuatan program, implementasi program menjadi sebuah aplikasi, serta proses pengujian alpha dan beta. Hasil dari penelitian ini yaitu media pembelajaran aksara sunda yang menerapkan konsep puzzle game sebagai pendukung dalam mempelajari aksara sunda yang lebih menarik. Dengan hasil kuisioner mencapai nilai 92,5 %, maka aplikasi layak digunakan untuk keperluan media pembelajaran di sekolah tingkat Madrasah Tsanawiah (MTs) kelas VII.

Kata Kunci

Aksara Sunda Media Pembelajaran MDLC Puzzle Game Aksara Sunda Media Pembelajaran MDLC Puzzle Game

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
L. A. Nashier, A. Sutedi, dan D. Heryanto, “Implementasi Puzzle Game pada Media Pembelajaran Aksara Sunda”, Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 1, hlm. 259–268, Mei 2024.

References

Read More