Isi Artikel Utama

Abstrak

Aksara sunda merupakan budaya yang harus dilestarikan sejak dini untuk mencegah terjadinya kepunahan. Pada saat ini, tidak semua orang Sunda mengerti tentang Aksara Sunda, termasuk para pelajar di sekolah-sekolah yang berasal dari daerah Sunda, karena tidak semua sekolah mewajibkan muridnya mempelajari Aksara Sunda Namun nyatanya terdapat kekurangan dalam kegiatan belajar mengajar Aksara Sunda yang ada dengan penerapan media pembelajaran saat ini. Media pembelajaran merupakan wahana penyalur pesan dan informasi belajar. Media pembelajaran yang dirancang secara baik akan sangat membantu peserta didik dalam mencerna dan memahami materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu menerapkan puzzle game pada Media Pembelajaran Aksara Sunda ini yaitu menerapkan puzzle game aksara sunda sebagai media pendukung pembelajaran aksara sunda dalam mempelajari penggabungan kata menjadi kalimat dan bisa membantu melestarikan budaya khususnya Aksara Sunda. Metode pengembangan system yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distribution dengan kegiatan yang dilakukan meliputi studi literatur, wawancara, pengumpulan kebutuhan material, perancangan, pembuatan program, implementasi program menjadi sebuah aplikasi, serta proses pengujian alpha dan beta. Hasil dari penelitian ini yaitu media pembelajaran aksara sunda yang menerapkan konsep puzzle game sebagai pendukung dalam mempelajari aksara sunda yang lebih menarik. Dengan hasil kuisioner mencapai nilai 95,3%, maka aplikasi layak digunakan untuk keperluan media pembelajaran di sekolah tingkat Madrasah Tsanawiah (MTs) kelas VII.

Kata Kunci

Aksara Sunda Media Pembelajaran MDLC Puzzle Game

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
L. A. Nashier, A. Sutedi, dan D. Heryanto, “Implementasi Puzzle Game pada Media Pembelajaran Aksara Sunda”, Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 1, Mei 2024.

Referensi

[1] Aditama, P. W., Nyoman Widhi Adnyana, I., & Ayu Ariningsih, K. (2021). Augmented Reality Dalam Multimedia Pembelajaran. Prosiding SeminarNasional Desain Dan Arsitektur (SENADA), 2, 176–182.
[2] Afifah, B., Widiyaningtyas, T., & Pujianto, U. (2019). Pengembangan bahan ajar perakitan komputer bermuatan augmented reality untuk menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Tekno, 29(2), 97. https://doi.org/10.17977/um034v29i2p97-115.
[3] Candra, D., & Karnadi, V. (2020). Perancangan Game Edukasi Pengenalan Pengelompokan Hewan Berdasarkan Makanan Berbasis Android. 01, 11–18.
[4] Chaidir, I., Erwanto, Y., & Handono, F. W. (2020). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Aksara Sunda Berbasis Android. J I M P - Jurnal InformatikaMerdeka Pasuruan, 4(3), 41–47. https://doi.org/10.37438/jimp.v4i3.231.
[5] Del Sole, A. (2021). Visual Studio Code Distilled. In Visual Studio Code Distilled. https://doi.org/10.1007/978-1-4842-6901-5.
[6] Fatimah, D. D. S., Tresnawati, D., & Ma’rup, C. S. (2015). Perancangan Puzzle Game Untuk Pembelajaran Menggunakan Metodologi Multimedia. Jurnal Algoritma, 14(2), 281–287. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.14-2.281.
[7] Habibah, A., Sholihaningtias, D. N., & Pratiwi, N. K. (2020). Aplikasi Media Pembelajaran Aksara Sunda Berbasis Android. STRING (Satuan TulisanRiset Dan Inovasi Teknologi), 4(3), 256. https://doi.org/10.30998/string.v4i3.4850.
[8] Harahap, M. A., Sujana, A. P., & Pratondo, A. (2021). Aplikasi Media BantuPengenalan Aksara Sunda Untuk Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Berbasis Android Development of Android-Based Application To Introducing Sundanese Script for 5 Th Grade Elementary Student.
[9] Hidayat, A. A., Sutedi, A., & Gunadhi, E. (2022). Media Pembelajaran Aksara Sunda Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Algoritma, 19(2), 505–514. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1135.
[10] Latifah, A., Satria, E., & Kamaludin, A. (2022). Pengembangan Game Classic Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Algoritma, 19(1), 100–109. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-1.1009.
[11] Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
[12] Munir. (2012). Multimedia konsep dan aplikasi dalam pendidikan. In Alfabeta (Vol. 58, Issue 12).