Isi Artikel Utama

Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk memberikan analisa deskriptif terkait kondisi guru honorer di Jawa Barat dalam pengelolaan keuangan. Hal ini menjadi penting karena guru honorer adalah salah satu ujung tombak pendidikan di tingkat dasar dan menengah yang kesejahteraannya perlu mendapat perhatian. Penelitian ini juga melakukan diskusi dan mengusulkan konsep kerangka penelitian atas faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku tersebut termasuk keputusan mereka pada saat mengambil pinjaman online. Survey dilakukan secara online pada 68 orang guru honorer yang tergabung dalam asosiasi untuk selanjutnya dilakukan analisa desktriptif. Hasil survey menunjukkan bahwa mayoritas guru honorer memiliki pendapatan yang berada di bawah standar kelayakan hidup sehingga posisi mereka akan rentan terpenetrasi oleh pinjaman online terutama yang illegal. Penelitian ini mengusulkan konsep penelitian lanjutan dari perilaku keuangan guru honorer daerah dengan mengikutsertakan variabel literasi keuangan, inklusivitas, efisiensi dan inovasi, resiko dan perlindungan nasabah, sekuriti dan kerahasiaan data pribadi, serta legalitas dari pinjaman tersebut.

Kata Kunci

Literasi Keuangan Perilaku Pengelolaan Keuangan Pinjaman Online Financial Literacy Financial Management Behavior Online Loans

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
I. Nabhani, M. O. Nabhani, dan L. A. Fitri, “Analisis Kondisi Keuangan Guru Honorer di Jawa Barat dan Implikasinya pada Penggunaan Pinjaman Online”, Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 1, hlm. 269–277, Mei 2024.

References

  1. S. S. Sabon, P. Suprastowo, D. Suryawati, B. A. Susanto, and I. Mustari, Profesionalisme Guru Tidak Tetap (GTT) Di Sekolah Negeri. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemendikbud, 2017.
  2. F. Millisani and A. Handayani, “Hubungan antara rasa syukur dan dukungan sosial dengan kesejahteraan psikologis pada guru honorer sekolah dasar di UPT Disdikpora Kecamatan Pamotan …,” Prosiding Konstelasi Ilmiah …, vol. 0, no. 0, Dec. 2021.
  3. GridFame.id, “Guru jadi Profesi Paling Banyak Terjerat Pinjol Ilegal, Ternyata Begini Modus Jebakan yang Bikin Galbay - Semua Halaman - Grid Fame.” Accessed: Mar. 15, 2024. [Online]. Available: https://fame.grid.id/read/463861141/guru-jadi-profesi-paling-banyak-terjerat-pinjol-ilegal-ternyata-begini-modus-jebakan-yang-bikin-galbay?page=all
  4. J. Dew and J. J. Xiao, “The Financial Management Behavior Scale: Development and Validation,” Journal of Financial Counseling and Planning. Accessed: Mar. 15, 2024. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/256019544_The_Financial_Management_Behavior_Scale_Development_and_Validation
  5. D. R. Sari, “Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan, Dan Pendidikan Terhadap Keputusan Investasi Keluarga Etnis China Di Surabaya,” Artikel Ilmiah STIE Perbanas Surabaya, 2020.
  6. P. F. Mokoginta, “Pengakuan Dan Pengukuran Pendapatan Menurut Psak No. 23 Pada CV. NYIUR TRANS KAWANUA,” Jurnal EMBA, vol. 7, no. Januari, pp. 941–950, 2019.
  7. T. D. Hardiyanti, “Pengaruh Pendapatan Dan Gaya Hidup Terhadap Pola Konsumsi Masyarakat Kecamatan Medan Perjuangan,” Repository UIN Sumatera Utara, 2019.
  8. A. Banerjee, E. Duflo, R. Glennerster, and C. Kinnan, “The Miracle of Microfinance? Evidence from a Randomized Evaluation,” Am Econ J Appl Econ, vol. 7, no. 1, pp. 22–53, 2015, doi: 10.1257/APP.20130533.
  9. S. Agarwal, S. Chomsisengphet, N. Mahoney, and J. Stroebel, “Regulating Consumer Financial Products: Evidence from Credit Cards,” SSRN Electronic Journal, Aug. 2014, doi: 10.2139/SSRN.2330942.
  10. S. Bahaj, A. Foulis, and G. Pinter, “Home Values and Firm Behavior,” American Economic Review, vol. 110, no. 7, pp. 2225–70, Jul. 2020, doi: 10.1257/AER.20180649.
  11. T. P. Kurnianingrum, “Urgensi Pelindungan Data Pribadi Konsumen Di Era Ekonomi Digital,” Kajian, vol. 25, no. 3, pp. 197–216, 2020.
  12. A. Moritz and J. H. Block, “Crowdfunding: A Literature Review and Research Directions,” SSRN Electronic Journal, Jan. 2015, doi: 10.2139/SSRN.2554444.
  13. B. F. Arianti, “Pengaruh Pendapatan Dan Perilaku Keuangan Terhadap Literasi Keuangan Melalui Keputusan Berinvestasi Sebagai Variabel Intervening,” Jurnal Akuntansi, vol. 10, no. 1, pp. 13–36, Apr. 2020, doi: 10.33369/j.akuntansi.10.1.13-36.
  14. N. Fatimah and Susanti, “Pengaruh Pembelajaran Akuntansi Keuangan, Literasi Keuangan, Dan Pendapatan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Gresik,” Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK). Accessed: Mar. 15, 2024. [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25273/23161
  15. Otoritas Jasa Keuangan, “Peraturan Otoritas jasa keuangan republik indonesia No 1/POJK.03/2013,” Peraturan Otoritas Jasa Keuangan, pp. 1–82, 2016.
  16. W. Wahyudi and Y. Tristiarto, “Analisis Determinan Perilaku Keuangan Guru Honorer Sekolah Dasar Di Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang20221101,” Jurnal IKRAITH-HUMANIORA, vol. 6, no. 1, pp. 87–99, 2022.
  17. A. P. N. Hidayah, I. B. A. Purbawangsa, and N. Abundanti, “Pengaruh Literasi Keuangan, Perencanaan Keuangan Dan Pendapatan Terhadap Kesejahteraan Keuangan Guru Perempuan Di Kota Denpasar,” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, vol. 10, no. 7, p. 672, Jul. 2021, doi: 10.24843/ejmunud.2021.v10.i07.p03.