Isi Artikel Utama

Abstrak

Aplikasi Prime Video merupakan salah satu aplikasi layanan streaming konten video, film, acara TV, dokumenter dan film lokal yang menarik melalui berbagai perangkat (baik aplikasi maupun website) dengan kualitas tayangan HD. Untuk meningkatkan pengalaman pengguna terhadap aplikasi ini, maka perlu dilakukan evaluasi terhadap usability aplikasi prime video untuk mengetahui kepuasan pengguna dan mengidentifikasi permasalahan yang dialami oleh pengguna. Oleh karena itu, dilakukan evaluasi usability untuk mengetahui feedback dari pengguna dengan menggunakan metode PSSUQ. PSSUQ digunakan sebagai instrumen penelitian yang terdiri dari 16 butir pertanyaan yang berfokus pada 4 kategori penilaian dalam konsep usability yaitu System Usefulness (Sysuse), Information Quality (InfoQual), Interface Quality (InterQual), dan Overall. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yang dilakukan pada pengguna aplikasi Prime Video sebanyak 96 orang responden dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui Google form. Hasil rata-rata pada penelitian ini diperoleh nilai rata-rata secara keseluruhan pada 4 kategori usability pada PSSUQ yaitu sebesar 2.97. Dimana pada kategori InterQual diperoleh nilai rata-rata sebesar 2.97, dimana InterQual aplikasi Prime Video memiliki nilai melebih batas atas dalam skala yang ada, sehingga dalam hal ini kualitas tampilan yang disajikan sudah baik. Pada kategori SysUse diperoleh nilai rata-rata yang paling rendah sebesar 2.96 yang artinya beberapa pengguna masih ada yang merasa kesulitan dalam menggunakan dan mempelajari aplikasi Prime Video dengan baik. Maka dapat disimpulkan bahwasannya aplikasi Prime Video yang dilihat dari segi kegunaan sistemnya, pengguna merasa cukup puas terhadap penggunaan dan kebutuhan pengguna pada aplikasi Prime Video.

Kata Kunci

Evaluasi Post Study System Usability Questionnaire Prime Video Usability

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
M. Indriani, T. K. Ahsyar, S. Syaifullah, dan M. Fronita, “Evaluasi Usability Aplikasi Streaming Film Menggunakan Metode Post Study System Usability Questionnaire (PSSUQ)”, Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 2, hlm. 221–231, Des 2024.

References

  1. N. Juliandhono, M. P. Berlianto, dan U. P. Harapan, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perceived Value Dan Implikasinya Kepada Intention To Subscribe Serta PEengaruhnya Terhadap Social Influence Pada Aplikasi Streaming Film,” vol. 16, no. 2, hal. 77–86, 2022, doi: 10.9744/pemasaran.16.2.77.
  2. Sugiarto dan N. P. Syech Abu Bakar, “Kepuasan Pelanggan terhadap Aplikasi Over The Top (OTT): Studi pada Vision+,” Cover. J. Strateg. Commun., vol. 14, no. 1, hal. 50–62, 2023, doi: 10.35814/coverage.v14i1.5331.
  3. R. Lobato, “Rethinking International TV Flows Research in the Age of Netflix,” Telev. New Media, vol. 19, no. 3, hal. 241–256, 2018, doi: 10.1177/1527476417708245.
  4. B. . Putri, D. . Amalia, D. Aulia, N. Salsabila, N. Hasna, dan Ramadina. Syahrani, “Analisis Nilai Tambah Perusahaan Berdasarkan Business Model Canvas: Netflix dan Amazon Prime Video,” 2021.
  5. T. K. Ahsyar dan D. Afani, “Evaluasi Usability Website Berita Online Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, hal. 34, 2019, doi: 10.24014/rmsi.v5i1.7373.
  6. I. G. M. D. Putu Krisnayani, I Ketut Resika Arthana, “Analisa Usability Pada Website Undiksha Dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” KARMAPATI (Kumpulan Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform. ISSN 2252-9063, vol. 5, no. 2, 2016.
  7. T. K. Ahsyar, Husna, dan Syaifullah, “Evaluasi Usability Sistem Informasi Akademik SIAM Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” Semin. Nas. Teknol. Informasi, Komun. dan Ind., vol. 11, no. November, hal. 163–170, 2019.
  8. B. Beny, H. Yani, dan G. M. Ningrum, “Evaluasi Usability Situs Web Kemenkumham Kantor Wilayah Jambi dengan Metode Usability Test dan System Usability Scale,” Res. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 2, no. 1, hal. 30, 2019, doi: 10.25273/research.v2i1.4282.
  9. K. R. Hadi, H. M. Az-zahra, dan L. Fanani, “Analisis Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile KAI Access Dengan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 9, hal. 2742–2750, 2018, [Daring]. Tersedia pada: http://j-ptiik.ub.ac.id
  10. S. W. Ningrum, I. Akrunanda, dan A. Reza Perdanakusuma, “Evaluasi dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile Ojesy Menggunakan Metode Usability Testing dan Use Questionnaire,” … Teknol. Inf. dan …, vol. 3, no. 5, hal. 4825–4834, 2019, [Daring]. Tersedia pada: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5350
  11. S. A. Wulandari dan M. L. Hamzah, “Analisis Tingkat Usability Situs Website Rilisberita Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale ( SUS ) Analyze The Level Of Usefulness Of The News Release Website With Using The Scale Usability System ( SUS ) METHOD,” vol. 7, 2024.
  12. U. Nurkalis, K. Adi, dan F. Agushybana, “Penilaian Usability Sistem Gasurkes ‘Go Bumil’ untuk Pencarian Ibu Hamil di Wilayah Kota Semarang,” J. Manaj. Kesehat. Indones., vol. 7, no. 1, hal. 75–80, 2019, doi: 10.14710/jmki.7.1.2019.75-80.
  13. T. K. Ahsyar, A. Jakawendra, dan S. Syaifullah, “Analisa Usability Website Berita Online Menggunakan Metode User Centered Design,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 6, no. 2, hal. 165–172, 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/view/9822
  14. R. R. Firmansyah dan I. G. P. Wirarama, “Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lombok Utara ( Usability Analysis On Application Clik SPPT Nort Lombok Of Regional Revenue Agency Of Nort Lombok Regency ),” vol. 3, no. 1, hal. 13–22, 2022.
  15. E. Azadbakht, J. Blair, dan L. Jones, “Everyone’s invited: A website usability study involving multiple library stakeholders,” Inf. Technol. Libr., vol. 36, no. 4, hal. 34–45, 2017, doi: 10.6017/ital.v36i4.9959.
  16. U. U. Sufandi dan D. A. Aprijani, “Pengukuran Usability Aplikasi Web Menggunakan Metode Pssuq (Study Kasus: Aplikasi Sitta Universitas Terbuka),” JST (Jurnal Sains dan Teknol., vol. 11, no. 2, hal. 249–256, 2022, doi: 10.23887/jstundiksha.v11i2.43534.
  17. Z. B. Agustyn, S. Wibowo, dan A. J. Furqon, “Usability Testing Aplikasi Getcontact Menggunakan Metode Post Study System Usability Questionnaire (Pssuq),” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 2, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i2.3999.
  18. R. Suwandy, S. Hadini Marpaung, dan Caroline, “Evaluasi Pengalaman Pengguna dengan Menggunakan Post Study System Usability Questionnaire (PSSUQ) Perpustakaan Digital Universitas Mikroskil,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, hal. 4190–4206, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://www.mikroskil.ac.id/pustaka.
  19. D. Wahyuni dan M. L. Hamzah, “Analisa Tingkat Usability Website Menggunakan Metode System Usability Scale Dan Post Study System Usability Questionnaire Website,” J. Test. dan Implementasi Sist. Inf., vol. 2, no. 1, hal. 52–58, 2024, [Daring]. Tersedia pada: https://diskominfotik.bengkaliskab.go.id
  20. N. M. Janna dan Herianto, “Artikel Statistik yang Benar,” J. Darul Dakwah Wal-Irsyad, no. 18210047, hal. 1–12, 2021.