Isi Artikel Utama

Abstrak

Pentingnya memilih bahan bacaan untuk memahami format prosa dengan mempertimbangkan teks, jenis kalimat, dan konteks bacaan yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan minat siswa atau mahasiswa. Rumus keterbacaan digunakan untuk menilai tingkat kesulitan suatu teks, sementara materi ajar yang autentik diperlukan untuk memperoleh metrik keterbacaan terutama dalam bahasa Inggris. Penggunaan meteri autentik, tampilan antarmuka, dan pengalaman pengguna dalam suatu aplikasi dapat meningkatkan motivasi siswa dan mahasiswa dalam memperluas wawasan mereka. Pada era teknologi saat ini, kemajuan teknologi informasi dimanfaatkan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam proses pembelajaran. Namun, buruknya perancangan User Interface (UI)/User Experience (UX) sering kali menjadi salah satu problematika dalam memanfaatkan kemudahan teknologi informasi, khususnya penggunaan sistem berbasis web. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking, yang melibatkan tahapan-tahapan seperti Emphatize (Empati), Define (Penetapan), Ideate (Ide), Prototype (Prototipe), dan Test (Uji coba), untuk membangun perancangan prototipe UI/UX pada aplikasi Readability Analyzer. Hasil penelitian ini adalah sebuah prototipe UI/UX yang diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengguna dalam menggunakan aplikasi Readability Analyzer. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan suatu rancangan prototype UI/UX desain untuk aplikasi Readability Analyzer dalam meningkatkan kepuasan pengguna.

Kata Kunci

Design Thinking User Interface (UI) User Experience (UX) Prototype

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
R. Muhammad Zulfikar, A. Sutedi, dan R. Ramadhani, “Analisis dan Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Readability Analyzer Menggunakan Metode Design Thinking”, Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 2, hlm. 321–331, Nov 2024.

References

  1. A. Yazidi, S. Harapan, K. Bogor, and R. Anggraeni, “Keterbacaan Buku Ajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Pertama (Text Book Readability Of Indonesian Language In Junior High School),” 2022.
  2. A. Ramadhani, P. W. Handayani, A. A. Pinem, and P. K. Sari, “The Influence of Conversation Skills on Chatbot on Purchase Behavior in E-Commerce,” Jurnal Manajemen Indonesia, vol. 23, no. 3, p. 287, Dec. 2023, doi: 10.25124/jmi.v23i3.5304.
  3. V. K. Reynaldi and N. Setiyawati, “Perancangan UI/UX Fitur Mentor On Demand Menggunakan Metode Design Thinking Pada Platform Pendidikan Teknologi,” 2022.
  4. P. Kurniawan and S. Rani, “Perancangan Desain UI/UX Aplikasi PeduliPanti Menggunakan Metode Human-Centered Design,” 2021.
  5. S. A. R. T. K. Gusti Karnawan, “Implementasi User Experience Menggunakan Metode Design Thinking Pada Prototype Aplikasi Cleanstic,” Jurnal Teknoinfo, vol. 15, no. 1, p. 61, Jan. 2021, doi: 10.33365/jti.v15i1.540.
  6. Sari et al., “Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru,” Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, vol. 2, no. 1, pp. 45–55, Jun. 2020, doi: 10.17509/edsence.v2i1.25131.
  7. A. Wiradito, W. Akbar, A. Daulay, and R. A. Putri, “Evaluasi Pengembangan Sistem Informasi Pencari Kerja melalui Aplikasi Siduta di Dinas Ketenaga Kerjaan Kota Medan dengan Metode SUS (System Usability Scale),” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 8, pp. 9164–9171, 2024.
  8. G. Karnawan, “Implementasi User Experience Menggunakan Metode Design Thinking Pada Prototype Aplikasi Cleanstic,” Jurnal Teknoinfo, vol. 15, no. 1, p. 61, Jan. 2021, doi: 10.33365/jti.v15i1.540.
  9. C. Müller, R. Hochschule, and R. West, “Handbook of Design Thinking,” 2018. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/329310644
  10. F. Okmayura, P. Maysaro Simatupang, R. Rahmadani, and A. Putri, “Perancangan Ui / Ux Untuk Aplikasi Bimbingan Belajar (Bijar) Menggunakan Figma Model Design Thinking,” Jan. 2024. Accessed: Feb. 22, 2024. [Online]. Available: https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/eduteach/article/view/6613/2795
  11. Fariyanto, Feri Ulum, and Faruk, “Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 2, pp. 52–60, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
  12. M. Ifsyaus Salam, A. Setiawan, P. Sukmasetya, and Mayjen Bambang Soegeng, “Perancangan UI/UX Pada Sistem Perpustakaan dengan Pendekatan Design Thinking,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 5, no. 2, pp. 676–685, 2024, doi: 10.47065/josh.v5i2.4654.
  13. J. Rohman, N. A. A. Bashir, J. Ipmawati, and F. F. Laksana, “Permodelan UI/UX Aplikasi Santri Information Management System (SAIMS) Menggunakan Metode User Centered Design (UCD),” JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), vol. 7, no. 1, p. 72, Feb. 2023, doi: 10.26798/jiko.v7i1.702.
  14. Veni Manik, C. Hetty Primasari, Yohanes Priadi Wibisono, and Aloysius Bagas Pradipta Irianto, “Evaluasi Usability pada Aplikasi Mobile ACC.ONE menggunakan System Usability Scale (SUS) dan Usability Testing,” Jurnal Sains dan Informatika, vol. 7, no. 1, pp. 1–10, Mar. 2021, doi: 10.34128/jsi.v7i1.286.
  15. M. Alfin Arroyan, R. Guntur Utomo, and K. Adi Achmad, “Usability Analysis of Sapa Warga Application Using Usability Testing Method and System Usability Scale (SUS),” 2024.
  16. Jakob Nielsen, “Berapa Banyak Pengguna Uji dalam Studi Kegunaan?,” Grup Nielsen Norman. Accessed: Jun. 24, 2024. [Online]. Available: https://www.nngroup.com/articles/how-many-test-users/
  17. E. Susilo, “Cara Menggunakan System Usability Scale (SUS) pada Evaluasi Usability,” edisusilo.com. Accessed: Mar. 14, 2024. [Online]. Available: https://www.edisusilo.com/cara-menggunakan-system-usability-scale/