Isi Artikel Utama

Abstrak

Pengguna DANA di Indonesia pada tahun 2023 mengalami peningkatan 23 persen dari tahun sebelumnya sehingga diperlukan pengkajian terhadap kepuasan penggunanya. Tujuan penelitian untuk mengevaluasi proses bisnis dompet digital dengan melakukan pengukuran terhadap kepuasan pengguna aplikasi Dana. Model pengukuran yang digunakan ialah TAM. Data sebanyak 139 responden pengguna DANA melalui kuesioner online dengan sampling error sebesar 10%. Berdasarkan perhitungan mnggunakan aplikasi SmartPLS 4.0, seluruh variebel pada model TAM saling berpengaruh, yaitu Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Credibility, Attitude Towards Using, Behavioral Intention to Use, Acceptance of IT, dan Actual System Use. Kecuali variabel Perceived Ease of Use tidak signifikan mempengaruhi Attitude Toward Using. Penelitian ini memberi wawasan bagi penyedia dompet digital untuk meningkatkan kepuasan penggunaan dengan fokus aspek kelengkapan fitur dan informasi, proses transfer antar rekening, dan kemudahan dalam menggunakan aplikasi. Implikasi praktis termasuk strategi pemasaran dan pengembangan aplikasi. Penelitian masa yang akan datang dapat melibatkan sampel yang lebih besar dan faktor-faktor tambahan yang mempengaruhi kepuasan pemakai aplikasi dompet digital.

Kata Kunci

Dompet Digital Aplikasi DANA TAM EUCS

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
I. Alika Zuhaira dan F. A. Alijoyo, “Evaluasi Proses Bisnis Dompet Digital Menggunakan Technology Acceptance Model”, Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 2, hlm. 64–72, Nov 2024.

References

  1. F. A. Alijoyo and S. Meilia, “Measuring The User Experience Of The Satusehat Application With The Heart Metrics Method,” Sibatik J., vol. 3, no. 4, pp. 515–534, 2024.
  2. F. A. Alijoyo, “Blockchain-Based Secure Data Sharing Algorithms for Cognitive Decision Management,” no. July, pp. 25–27, 2024.
  3. F. D. N. Annisa, J. N. U. Jaya, and S. Surmiati, “Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi E-Wallet OVO dan GOPAY Dengan Metode User Experience Questionnaire,” J. Inf. Syst. Res., vol. 3, no. 3, pp. 242–251, 2022, doi: 10.47065/josh.v3i3.1527.
  4. Fitratul Aini, Fitriani Muttakin, Tengku Khairil Ahsyar, and Eki Saputra, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi DANA Menggunakan Metode TAM dan EUCS,” J. Sist. Cerdas, vol. 6, no. 1, pp. 65–76, 2023, doi: 10.37396/jsc.v6i1.288.
  5. S. Aritonang, D. A. Prabowo, and C. Ramdani, “User Satisfaction Analysis of Dana Application Using End User Computing Satisfaction Method,” J. Sist. Inf. dan Ilmu Komput. Prima(JUSIKOM PRIMA), vol. 7, no. 1, pp. 74–87, 2023, doi: 10.34012/jurnalsisteminformasidanilmukomputer.v7i1.3947.
  6. S. Susanti and S. Fitrami, “Analisis Penerimaan Pengguna DANA Sebagai Media Pembayaran Pada Marketplace Lazada Menggunakan TAM,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. 6, no. 2, pp. 111–117, 2021, doi: 10.31294/ijcit.v6i2.9477.
  7. M. B. I. Alatas, “DANA Indonesia catatkan 170 juta pengguna pada tahun 2023.” [Online]. Available: https://www.antaranews.com/berita/3940263/dana-indonesia-catatkan-170-juta-pengguna-pada-tahun-2023
  8. B. A. Stefany, F. M. Wibowo, and C. Wiguna, “Analysis of User Satisfaction of the Brebes Tourism Application Using the Technology Acceptance Model (TAM) Method,” J. Inf. Syst. Informatics, vol. 2, no. 1, pp. 22–37, 2021.
  9. M. Musdalifah and E. L. Hadisaputro, “Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Technology Acceptance Model Pada Aplikasi Dana,” J. Comput. Syst. Informatics, vol. 4, no. 1, pp. 72–78, 2022, doi: 10.47065/josyc.v4i1.2493.
  10. A. Alsyouf et al., “The Use of a Technology Acceptance Model (TAM) to Predict Patients’ Usage of a Personal Health Record System: The Role of Security, Privacy, and Usability,” Int. J. Environ. Res. Public Health, vol. 20, no. 2, 2023, doi: 10.3390/ijerph20021347.
  11. F. Darwati, Lilis, “Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi OVO Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” JUST IT J. Sist. Informasi, Teknol. Inf. dan Komput., vol. 12, no. 2, pp. 34–42, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/index
  12. I. A. Debora Indriani, M. Rahayu, and D. Hadiwidjojo, “The Influence of Environmental Knowledge on Green Purchase Intention the Role of Attitude as Mediating Variable,” Int. J. Multicult. Multireligious Underst., vol. 6, no. 2, p. 627, 2019, doi: 10.18415/ijmmu.v6i2.706.
  13. L. Setiyani, V. Maulidina, and Femmy, “Jurnal Comparison of receipt of DANA and OVO E-wallet payments using TAM in Generation Z,” Teknol. Inf. Komun., vol. 5, no. 1, pp. 1–6, 2023.
  14. A. Zhillan Sabtina Syawali, A. Syahadat Harahap, H. Aditya Pradesa, and F. Aditya Tri Andikaputra, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Analisis Penggunaan Aplikasi BJB DIGI Mobile Banking dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM),” Media Online, vol. 4, no. 1, pp. 624–633, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i1.1205.
  15. D. Novita and F. Helena, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dan End-User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 22–37, 2021, doi: 10.35957/jtsi.v2i1.846.
  16. H. Safitri, D. P. Rakhmadani, and S. D. Alika, “Analisis Penerimaan Penggunaan Aplikasi WeTV di Pulau Jawa Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM),” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 4, p. 996, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i4.4557.