Isi Artikel Utama
Abstrak
Kemajuan teknologi informasi, khususnya dalam bidang Virtual Reality (VR), telah memberikan dampak signifikan terhadap pemasaran destinasi pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi VR Tour berbasis web untuk Taman Wisata Alam Gunung Papandayan. Menggunakan pendekatan Multimedia Development Life Cycle (MDLC), penelitian ini melalui tahapan konsep, desain, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan distribusi. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa aplikasi VR Tour berhasil menyajikan informasi detail mengenai objek wisata di Gunung Papandayan, seperti kolam renang air hangat, hutan mati, dan area camping, yang sebelumnya kurang dikenal. Pengujian aplikasi dengan Black Box Testing menunjukkan semua fungsionalitas bekerja dengan baik, dan aplikasi berhasil dipublikasikan dengan panduan pengguna yang memadai. Penerapan teknologi VR ini diharapkan dapat menarik lebih banyak pengunjung dan meningkatkan minat wisatawan untuk mengunjungi Gunung Papandayan secara langsung.
Kata Kunci
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
References
- R. Jannah, N. Rohman, A. Kiswantoro, M. A. S. Hayatri, and R. Ashartono, “Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul,” Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, vol. 6, no. 2, pp. 361–369, Aug. 2023.
- S. W. Muhammad Fatkhurrahman, “Pengaruh Konten Pemasaran Media Sosial Instagram Terhadap
- Minat Beli Konsumen (Studi pada Sacha Cafe Bandung Tahun 2023,” 2023.
- I. Tahyudin, T. Oyabu, S. A. Sholikhatin, U. Saefullah, R. A. Ilham, and R. ‘Abdul Rozak, “Transformasi Wisata: Meningkatkan Pengalaman Wisata Melalui Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, vol. 7, no. 1, pp. 21–27, 2024.
- N. Wibisono, P. N. Bandung, W. Rafdinal, P. N. Bandung, L. Setiawati, and P. N. Bandung, Adopsi Teknologi Virtual Reality ( VR ) pada Industri Pariwisata, no. February. 2024.
- R. Cheong, “The virtual threat to travel and tourism,” Tourism Management, vol. 16, no. 6, pp. 417– 422, Sep. 1995.
- F. D. Djamil and A. Sulistyo, “Implementasi Virtual Reality Dalam Pemasaran Pariwisata,” Journal of Information System Management (JOISM), vol. 5, no. 1, pp. 33–39, Jul. 2023.
- M. Rauscher, A. Humpe, and L. Brehm, “Virtual Reality in Tourism: Is it ‘Real’ Enough?,” Academica Turistica, vol. 13, no. 2, pp. 127–138, Dec. 2020.
- B. Sobota and M. Mattová, “3D Computer Graphics and Virtual Reality,” in Computer Game Development, IntechOpen, 2022.
- L. P. Voronkova, “Virtual Tourism: on the Way To the Digital Economy,” IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, vol. 463, p. 042096, Dec. 2018.
- S. Hartini, C. Anglelyn, and S. Sukaris, “Virtual reality: aplikasi teknologi untuk peningkatan kunjungan wisatawan,” Journal of Business and Banking, vol. 9, no. 2, p. 215, Feb. 2020.
- I. T. Julianto, R. Cahyana, and D. Tresnawati, “Rancang Bangun Virtual Reality Photography Berbasis Web untuk Menunjang Pariwisata,” Jurnal Algoritma, vol. 18, no. 1, pp. 216–222, Oct. 2021.
- R. Hartono, Y. Sumaryana, A. Sudiarjo, A. Supriatman, and C. Fajar, “Pengembangan Aplikasi Virtual Tour Objek Wisata Berbasis Virtual Reality Menggunakan Metode MDLC,” PROSIDING SEMINAR ILMIAH SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (P3M) STMIK Dipanegara Makassar, vol. XIII, no. 1, pp. 134–142, 2024.
- A. N. Nihayah, N. R. Kistanti, A. Setyadharma, A. Pujiati, and A. Ayuntavia, “Strategi Promosi Wisata Menggunakan Virtual Reality E-Tourism di Desa Wisata Kopeng,” Surya Abdimas, vol. 7, no. 3, pp. 540–549, Jul. 2023.
- R. Roedavan, B. Pudjoatmodjo, and A. Putri Sujana, “Multimedia Development Life Cycle (MDLC),”
- ResearchGate, no. February, pp. 1–6, 2022.
- G. Topan Bahari, N. Heryana, and A. Ali Ridha, “Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality untuk Pembelajaran dalam Kelas Virtual di Fasilkom UNSIKA Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC),” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 7, no. 2, pp. 1378–1386, Sep. 2023.
- S. Istita and H. Suroyo, “Pengembangan Aplikasi Virtual Tour (Wisata Virtual) Objek Wisata dengan Konten Image Kamera 360,” Journal of Advances in Information and Industrial Technology, vol. 3, no. 2, pp. 45–52, 2021.
References
R. Jannah, N. Rohman, A. Kiswantoro, M. A. S. Hayatri, and R. Ashartono, “Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul,” Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, vol. 6, no. 2, pp. 361–369, Aug. 2023.
S. W. Muhammad Fatkhurrahman, “Pengaruh Konten Pemasaran Media Sosial Instagram Terhadap
Minat Beli Konsumen (Studi pada Sacha Cafe Bandung Tahun 2023,” 2023.
I. Tahyudin, T. Oyabu, S. A. Sholikhatin, U. Saefullah, R. A. Ilham, and R. ‘Abdul Rozak, “Transformasi Wisata: Meningkatkan Pengalaman Wisata Melalui Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, vol. 7, no. 1, pp. 21–27, 2024.
N. Wibisono, P. N. Bandung, W. Rafdinal, P. N. Bandung, L. Setiawati, and P. N. Bandung, Adopsi Teknologi Virtual Reality ( VR ) pada Industri Pariwisata, no. February. 2024.
R. Cheong, “The virtual threat to travel and tourism,” Tourism Management, vol. 16, no. 6, pp. 417– 422, Sep. 1995.
F. D. Djamil and A. Sulistyo, “Implementasi Virtual Reality Dalam Pemasaran Pariwisata,” Journal of Information System Management (JOISM), vol. 5, no. 1, pp. 33–39, Jul. 2023.
M. Rauscher, A. Humpe, and L. Brehm, “Virtual Reality in Tourism: Is it ‘Real’ Enough?,” Academica Turistica, vol. 13, no. 2, pp. 127–138, Dec. 2020.
B. Sobota and M. Mattová, “3D Computer Graphics and Virtual Reality,” in Computer Game Development, IntechOpen, 2022.
L. P. Voronkova, “Virtual Tourism: on the Way To the Digital Economy,” IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, vol. 463, p. 042096, Dec. 2018.
S. Hartini, C. Anglelyn, and S. Sukaris, “Virtual reality: aplikasi teknologi untuk peningkatan kunjungan wisatawan,” Journal of Business and Banking, vol. 9, no. 2, p. 215, Feb. 2020.
I. T. Julianto, R. Cahyana, and D. Tresnawati, “Rancang Bangun Virtual Reality Photography Berbasis Web untuk Menunjang Pariwisata,” Jurnal Algoritma, vol. 18, no. 1, pp. 216–222, Oct. 2021.
R. Hartono, Y. Sumaryana, A. Sudiarjo, A. Supriatman, and C. Fajar, “Pengembangan Aplikasi Virtual Tour Objek Wisata Berbasis Virtual Reality Menggunakan Metode MDLC,” PROSIDING SEMINAR ILMIAH SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (P3M) STMIK Dipanegara Makassar, vol. XIII, no. 1, pp. 134–142, 2024.
A. N. Nihayah, N. R. Kistanti, A. Setyadharma, A. Pujiati, and A. Ayuntavia, “Strategi Promosi Wisata Menggunakan Virtual Reality E-Tourism di Desa Wisata Kopeng,” Surya Abdimas, vol. 7, no. 3, pp. 540–549, Jul. 2023.
R. Roedavan, B. Pudjoatmodjo, and A. Putri Sujana, “Multimedia Development Life Cycle (MDLC),”
ResearchGate, no. February, pp. 1–6, 2022.
G. Topan Bahari, N. Heryana, and A. Ali Ridha, “Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality untuk Pembelajaran dalam Kelas Virtual di Fasilkom UNSIKA Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC),” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 7, no. 2, pp. 1378–1386, Sep. 2023.
S. Istita and H. Suroyo, “Pengembangan Aplikasi Virtual Tour (Wisata Virtual) Objek Wisata dengan Konten Image Kamera 360,” Journal of Advances in Information and Industrial Technology, vol. 3, no. 2, pp. 45–52, 2021.