Isi Artikel Utama

Abstrak

Puskesmas dalam meningkatkan pelayanan kesehatan membutuhkan penunjang lain untuk menangani tugas dan kewajibanya, diantaranya komputer. Puskesmas Pembangunan memiliki beberapa bagian, diantaranya ruang pendaftaran, bagian pemeriksaan gigi, bagian pemeriksaan umum, laboratorium, apotik. Bagian pemeriksaan umum memiliki kendala dari alur proses yang sekarang, diantaranya data pasien yang di rujuk di simpan dalam bentuk lembaran”“lembaran kertas, hal ini dapat terjadinya penumpukan dan sulitnya mencari informasi jumlah data kartu peserta  yang digunakan pasien, kurang efisien dalam membuat surat rujukan karena identitas pasien ditulis berulang ketika membuat surat rujukan dan identitas pasien untuk arsip. Metode perancangan sistem yang digunakan dalam tugas akhir ini merupakan metodologi berorientasi objek yaitu Unified Approach (UA) dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML) untuk memodelkan kebutuhan sistem. Tahapan ”“ tahapan yang dilalui dalam proses analisis dan perancangan sistem antara lain identifikasi actor, identifikasi use case diagram, identifikasi activity diagram dan identifikasi sequence diagram. Hasil dari proses tersebut didapat aktor ”“ aktor yang mendukung berjalannya sistem yang dibangun, yaitu Petugas, Pasien dan Kepala Puskesmas. Kesimpulan penelitian ini bahwa Sistem Informasi Pengelolaan Data Rujukan Pasien mampu menampilkan informasi data rujukan pasien, mencetak surat rujukan dan menampilkan informasi jumlah data perjenis kartu yang digunakan pasien.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Y. Purwasandina, E. Gunadhi, dan D. D. Siti Fatimah, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA RUJUKAN PASIEN UNTUK PUSKESMAS PEMBANGUNAN GARUT”, Jurnal Algoritma, vol. 12, no. 2, hlm. 393–397, Okt 2015.