Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini mengemukakan tentang Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Terhadap  Kualitas Pelayanan Di Kampung Sampireun Resort & Spa. Dilatarbelakangi oleh belum diterapkannya sistem teknologi informasi cukup banyak waktu, biaya dan tenaga yang terbuang sehingga menimbulkan masalah terhadap kualitas pelayanan / service menjadi kurang optimal terhadap tamu, padahal kualitas pelayanan merupakan komponen pokok dalam bisnis jasa, dikhawatirkan  menjadi bumerang, yang pada akhirnya lambat laun akan berpengaruh terhadap citra dan pendapatan perusahaan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan teknologi informasi, kinerja karyawan dan kualitas pelayanan, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan teknologi informasi terhadap kinerja karyawan dalam mengoptimalkan kualitas pelayanan di Kampung Sampireun Resort & Spa melalui model penelitian yang dibangun berdasarkan kajian ilmiah/teoritis. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan teknik sensus yaitu mengambil seluruh sampel sebanyak 90 responden yang merupakan karyawan pada Kampung Sampireun Resort & Spa. Data diperoleh dengan penyebaran angket kepada responden yang kemudian dianalisis menggunakan metode Path Analysis (Analisis Jalur). Hasil penelitian menyatakan Secara simultan Penerapan Teknologi Informasi, berpengaruh secara signifikan terhadap Kualitas Pelayanan dengan nilai determinasi sebesar 56,29% dan sisanya 43,71% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, sedangkan secara parsial Penerapan Teknologi Informasi memiliki pengaruh signifikan terhadap Kualitas Pelayanan dengan nilai determinasi sebesar 4,31% dan sisanya 95,69% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Y. Pariyatin, “PENGARUH PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KAMPUNG SAMPIREUN RESORT & SPA”, Jurnal Algoritma, vol. 12, no. 2, hlm. 457–469, Nov 2015.