Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini mengemukakan tentang Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Berbasis Multimedia (Studi kasus Mahasiswa Semester I STT Garut). Dilatarbelakangi oleh beberapa alasan  pertama, mata kuliah ini bukan mata kuliah sesuai dengan bidang studi mereka, kedua, materinya tidak up to date, hanya mengulang apa yang pernah mereka dapatkan di jenjang pendidikan sebelumnya, ketiga, metode pembelajarannya yang tidak variatif dan inovatif sehingga menimbulkan kebosanan. Adanya pendapat itu menyebabkan kesulitan bagi dosen dalam penyampaian materi mata kuliah Pendidikan Pancasila di STT Garut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah perangkat lunak media pembelajaran interaktif berbasis multimedia sebagai alat bantu guru dalam penyampaian isi materi mata kuliah Pendidikan Pancasila  untuk mahasiswa semester I STT Garut. Metode yang digunakan pada perancangan perangkat lunak ini menggunakan metode pengembangan multimedia menurut luther (1994) yang dilakukan dalam 6 tahap, yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian dan distribusi. Perangkat lunak ini dibuat dengan mennggunakan tools Adobe Flash CS 3, Adobe Photoshop, Adobe Audition, Adobe After effect, CorelDraw dan Adobe Premiere.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
[1]
Y. Pariyatin, “PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS MULTIMEDIA (STUDI KASUS MAHASISWA SEMESTER I STT-GARUT)”, Jurnal Algoritma, vol. 12, no. 2, hlm. 470–476, Nov 2015.