Isi Artikel Utama
Abstrak
Dewasa ini suatu organisasi menciptakan berbagai strategi bisnis untuk meningkatkan keunggulan kompetitif, dimana untuk mencapai keberhasilan suatu lembaga tergantung pada kualitas pelayanan yang diberikan. Sejumlah penelitian telah membahas mengenai service level agreement tetapi hanya sampai pada pembuatan dokumen dan layanan pengaduan permasalahan sampai pada helpdesk. Dari kedua riset tersebut belum teridentifikasi pengukuran tingkat kinerja pegawai berdasarkan tingkat kepuasan pengguna dan tanpa adanya sistem diketahui secara real time menyulitkan kinerja dalam pelaksanaan dan pengawasan kinerja. Berdasarkan permasalahan yang muncul penulis betujuan untuk membangun sistem pengelolaan service level agreement secara online. Metode pengembangan sistem menggunakan Rapid Application Development dan pemodelan sistem menggunakan Unified Modelling Language. Untuk pengujian aplikasi menggunakan metode pengujian black box testing. Hasil dari pengembangan ini berupa aplikasi sistem pengelolaan service level agreement berbasis online. Pengguna dapat melakukan pengawasan dan permintaan layanan dengan fasilitas tiket dan cek status permintaan dengan mengakses website serta informasi tingkat kinerja berdasarkan tingkat kepuasan pengguna dapat diketahui secara real time dengan melihat statistik dan report.
Rincian Artikel
References
- Hidapratiwi, A. (2012). Desain Service Level Agreement Untuk Layanan TI/SI Di Politeknik
- Bandung Menggunakan Information Technology Infrastructure Library. Politeknik Telkom
- Bandung.
- Qoyyimah. (2011). Rancang Bangun Helpdesk Ticketing System. Universitas Islam Negeri
- Syarif Hidayatullah Jakarta. Fakultas Saint Dan Teknologi
- Schaaf, T., & Brenner, M. On Tool Support for Service Level Management: From
- Requirements to System Specification. In Proceeding 3rd IEEE/IFIP International
- Azis, F. (2005). Object Oriented Programming Dengan PHP 5. Elex Media Komputindo,
- Jakarta.
- Nugroho, Bunafit. (2004). Aplikasi pemrograman web dinamis dengan PHP dan MySQL.
- Yogyakarta: Gava Media.
- Kendall, K. E., & Kendall, J. E. (2010). Systems Analysis and Design. Prentice Hall Press
- Whitten, J. L., Bentley, L. D., & Dittman, K. C. Systems Analysis and Design Methods. 2004
- Nugroho, A. (2009). Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java. Penerbit Andi
- Dawson, C. W. (2005). Projects In Computing and Information systems: a student's guide.
- Pearson Education.
References
Hidapratiwi, A. (2012). Desain Service Level Agreement Untuk Layanan TI/SI Di Politeknik
Bandung Menggunakan Information Technology Infrastructure Library. Politeknik Telkom
Bandung.
Qoyyimah. (2011). Rancang Bangun Helpdesk Ticketing System. Universitas Islam Negeri
Syarif Hidayatullah Jakarta. Fakultas Saint Dan Teknologi
Schaaf, T., & Brenner, M. On Tool Support for Service Level Management: From
Requirements to System Specification. In Proceeding 3rd IEEE/IFIP International
Azis, F. (2005). Object Oriented Programming Dengan PHP 5. Elex Media Komputindo,
Jakarta.
Nugroho, Bunafit. (2004). Aplikasi pemrograman web dinamis dengan PHP dan MySQL.
Yogyakarta: Gava Media.
Kendall, K. E., & Kendall, J. E. (2010). Systems Analysis and Design. Prentice Hall Press
Whitten, J. L., Bentley, L. D., & Dittman, K. C. Systems Analysis and Design Methods. 2004
Nugroho, A. (2009). Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java. Penerbit Andi
Dawson, C. W. (2005). Projects In Computing and Information systems: a student's guide.
Pearson Education.