Isi Artikel Utama

Abstrak

Sistem informasi telah banyak dikembangkan oleh Pemerintah untuk mendukung pelayanan terhadap masyarakat, salah satu media yang dimanfaatkan oleh pemerintah adalah media teknologi informasi (E-goverment). Salah satunya adalah sistem informasi administrasi kependudukan di Kantor Desa/
Kelurahan. Pelayanan yang dilakukan yaitu surat kelahiran, kematian dan pindah masuk. Permasalahan yang terjadi sistem informasi yang seharusnya digunakan untuk mempermudah justru banyak tidak dimanfaatkan. Kurangnya daya tarik, tampilan yang kurang enak dilihat, penentuan warna yang kurang tepat dan struktur
sistem navigasi yang sulit difahami. Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar. Sistem informasi administrasi kependudukan berbasis multimedia dibuat untuk menarik minat pengguna dengan tampilan dan
warna yang enak dilihat serta struktur sistem navigasi yang mudah. Metode yang digunakan dalam membuat sistem adalah dengan menggunakan Inetractive Multimedia System Design and Development (IMSDD) versi Dastbaz. Sistem informasi administrasi kependudukan berbasis multimedia dibuat menggunakan
implementasi penyimpanan teks dan gambar menggunakan bahasa pemograman java dan database Mysql serta tampilan dengan warna yang tidak melelahkan mata. Berdasarkan hasil tahapan evaluasi dapat disimpulkan sistem informasi administrasi kependudukan berbasis multimedia dapat menjadi daya tarik minat
para petugas untuk mendata kependudukan dengan struktur navigasi dan tampilan yang tidak melelahkan mata membuat media teknologi informasi E-goverment bisa digunakan dengan semestinya.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Sumarto Dian Waluyo dan Dewi Tresnawati, “Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan di Kantor Kelurahan Berbasis Multimedia”, Jurnal Algoritma, vol. 14, no. 1, hlm. 1–6, Mei 2017.

References

    [1] A. Tsabit, M. A. Ramdhani and R. Cahyana, "Pengembangan Ganesha Digital Library untuk Membuat Situs Jurnal," Jurnal Algoritma, vol. 9, pp. 1-10, 2012.
    [2] C. Slamet, A. Rahman, M. A. Ramdhani and W. Darmalaksana, "Clustering the Verses of the Holy Qur'an using K-Means Algorithm," Asian Journal of Information Technology, vol. 15, no. 24, pp. 5159-5162, 2016.
    [3] Y. Bustomi, M. A. Ramdhani and R. Cahyana, "Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Sebaran Tempat Riset Teknologi Informasi di Kota Garut," Jurnal Algoritma, vol. 9, no. 1, pp. 1-7, 2012.
    [4] M. A. Ramdhani, K. Suryadi and P. Susantosa, "Telematic Policy Analysis in Developing Countries: A Case Study in Garut District-indonesia," Journal of Applied Sciences Research, vol. 2, no. 1, pp. 58-66, 2006.
    [5] D. Supardin, "Aplikasi Pengelolaan Data Penduduk di Kantor Kelurahan Margawati," Jurnal Algoritma, vol. 12, no. 1, 2015.
    [6] E. Turban, J. E. Aronson and T.-P. Liang, Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas, Yogyakarta: Andi , 2005.
    [7] Sutarman, Membangun Aplikasi Web dengan PHP dan MySQL, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.
    [8] Anonim, "Interaksi manusia-komputer," Wikipedia, 21 1 2017. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Interaksi_manusia-komputer. [Accessed 2 2 2017].
    [9] M. Dastbaz, Design and Development of Interactive Multimedia System (IMS) a case Study Approach, Boston: McGraw Hill, 2003.