Isi Artikel Utama

Abstrak

Dalam era digital yang terus berkembang tuntutan kebutuhan pengetahuan dan informasi yang aktual sangat dibutuhkan oleh setiap orang, hal ini bisa dilakukan dengan cepat melalui proses pencarian informasi dari internet, dalam proses pencarian informasi di internet setiap orang tidak terlepas dari penggunaan teknologi mesin pencari web seperti Google. Dibalik kepopuleran dan kemudahan pencarian informasi dengan mesin pencari web Google, ternyata tersimpan permasalahan yang timbul jika dilihat dari sudut pandang etika serta pengaruhnya terhadap budaya, hal inilah yang mendasari tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh mesin pencari web Google terhadap perkembangan budaya dan etika pada mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel 153 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Hasil dari penelitian menyatakan Ha diterima artinya terdapat pengaruh dari penggunaan teknologi mesin pencari web Google terhadap budaya dan etika penggunanya.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Dede Kurniadi dan Asri Mulyani, “Pengaruh Teknologi Mesin Pencari Google Terhadap Perkembangan Budaya dan Etika Mahasiswa”, Jurnal Algoritma, vol. 14, no. 1, hlm. 19–25, Okt 2019.

References

    Alexa.com. (2016). The Top 500 Sites On The Web. Diakses pada tanggal 19 Oktober 2016, dari http://www.alexa.com/topsites.
    Brin, S., & Page, L. (1998). The anatomy of a large scale hypertextual Web search engine.
    Computer Networks and ISDN Systems, 30(1/7), 107”“17. https://doi.org/10.1.1.109.4049
    Koentjaraningrat. 1990. Pengantar Ilmu Antropologi. Rineka Cipta. Jakarta.
    Kurniadi, D., & Mulyani, A. (2016). Implementasi Pengembangan Student Information Terminal
    (S-IT) Untuk Pelayanan Akademik Mahasiswa. Jurnal Algoritma, 13(1).
    Mulyani, A., & Kurniadi, D. (2015). Analisis Penerimaan Teknologi Student Information
    Terminal (S-IT) Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal
    Wawasan Ilmiah, 7(12).
    NetMarketShare.com. (2016). Market Share Statistics for Internet Technologies. Diakses pada
    tanggal 19 Oktober 2016, dari https://www.netmarketshare.com/search-engine-marketshare.aspx?qprid=4&qpcustomd=0
    Tavani, H. (2016). Search Engines and Ethics. In E. N. Zalta (Ed.), The Stanford Encyclopedia of
    Philosophy (Fall 2016). Diakses pada tanggal 19 Oktober 2016, dari
    http://plato.stanford.edu/archives/fall2016/entries/ethics-search/
    Tylor, E.B. (1974). Primitive culture: researches into the development of mythology, philosophy,
    religion, art, and custom. New York: Gordon Press. ISBN 978-0-87968-091-6
    Surakhmad, W. (1994). Pengantar Penelitian Ilmiah. Tarsito. Bandung
    Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
    Alfabeta: Bandung.
    Suseno, M. 1995. Pokok-Pokok Etika Profesi Hukum. Pradnya Paramitha. Jakarta.
    Pusat Bahasa (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka
    Utama. ISBN 9789792238419.
    Putra, Ambargo, Sumarso. (2014). Jurnal Antarmuka Telematika. Universitas Gunadarma.
    Jakarta.