Isi Artikel Utama

Abstrak

Perancangan Sistem Informasi Pemetaan Pariwisata Garut Berbasis Geografic
Information Sistem dan Android merupakan salah satu pengembangan sistem yang
terkomputerisasi dalam bidang teknologi informasi dengan latar belakang sulitnya untuk
mendapatkan informasi akan objek wisata dikarenakan untuk mendapatkan informasi dari objek
wisata tersebut harus dari orang yang sudah pernah berkunjung ke tempat wisata tersebut. Adapun
tujuan dari aplikasi ini adalah untuk merancang sebuah sistem informasi pemetaan pariwisata
garut berbasis geografic information system dan mobile android. Metode perancangan sistem yang
digunakan menggunakan metodologi RAD (Rapid Application Development) dengan Tahapan yang
dilakukan dalam RAD yaitu Scope Definition, Analysis, Design, Construction & Testing. Dari hasil
yang dicapai pada penelitian ini berupa aplikasi pemetaan pariwisata Garut berbasis geografic
information system dan android yang mampu menampilkan data pariwisata dengan dibagi kedalam
4 kategori yaitu wisata alam, wisata budaya, wisata minat khusus, dan wisata rekreasi. Dari data
wisata tersebut dapat disajikan dengan peta lokasi wisata, petunjuk jalan dari pengguna pertama
kali mengakses aplikasi, foto-foto dari objek wisata tersebut beserta infomasi mengenai lokasi
wisata tersebut.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Ghilman Hasbi Basith dan Dede Kurniadi, “Perancangan Sistem Informasi Pemetaan Pariwisata Garut Berbasis Geografic Information System dan Android”, Jurnal Algoritma, vol. 14, no. 1, hlm. 26–31, Agu 2017.

References

    Bahrami, Ali. (1999). Object Oriented System Development Using the Unified Modeling Language.
    McGraw-Hill, Boston.
    Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. http://www.disparbud.jabarprov.go.id,
    diakses February 14, 2017
    Hermawan, Rudi, dan Siska Iriani. (2013). Perancangan Sistem Informasi Geografis Tempat
    Pariwisata Kabupaten Pacitan Berbasis Web. IJNS-Indonesian Journal on Networking and
    Security 4(3).
    Kurniadi, Dede., Fauzi, M. M., & Asri Mulyani. (2016). Aplikasi Simulasi Tes Buta Warna Berbasis
    Android Menggunakan Metode Ishihara. Jurnal Algoritma, 13(1).
    Kosasi, Sandy, dan I. Dewa Ayu Eka Yuliani. (2015). Penerapan Rapid Application
    Development Pada Sistem Penjualan Sepeda Online. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro
    Dan Ilmu Komputer 6(1): 27”“36.
    Kurniadi, Dede, dan Asri Mulyani. (2016). Implementasi Pengembangan Student Information
    Terminal (S-IT) Untuk Pelayanan Akademik Mahasiswa. Jurnal Algoritma 13(1).
    Kurniadi, Dede, dan Asri Mulyani. (2015). Prototipe Perangkat Lunak Sistem Kendali Peralatan
    Elektronik Berbasis Komputer. Jurnal Wawasan Ilmiah 7(12).
    Munawar, Ahmad. (2005). Pemodelan Visual Dengan UML. Jakarta: Graha Ilmu.
    Nugroho, Adi. (2002). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Dengan Metodologi
    Berorientasi Objek.
    Putra, Andra Dwika, dan Rinda Cahyana,. (2015). Pengembangan Aplikasi Peta Wisata Garut
    Berbasis Android Menggunakan Metode Rapid Ap-Plication Development. Jurnal Algoritma
    11(1).