Isi Artikel Utama
Abstrak
Perancangan Sistem Informasi Pemetaan Pariwisata Garut Berbasis Geografic
Information Sistem dan Android merupakan salah satu pengembangan sistem yang
terkomputerisasi dalam bidang teknologi informasi dengan latar belakang sulitnya untuk
mendapatkan informasi akan objek wisata dikarenakan untuk mendapatkan informasi dari objek
wisata tersebut harus dari orang yang sudah pernah berkunjung ke tempat wisata tersebut. Adapun
tujuan dari aplikasi ini adalah untuk merancang sebuah sistem informasi pemetaan pariwisata
garut berbasis geografic information system dan mobile android. Metode perancangan sistem yang
digunakan menggunakan metodologi RAD (Rapid Application Development) dengan Tahapan yang
dilakukan dalam RAD yaitu Scope Definition, Analysis, Design, Construction & Testing. Dari hasil
yang dicapai pada penelitian ini berupa aplikasi pemetaan pariwisata Garut berbasis geografic
information system dan android yang mampu menampilkan data pariwisata dengan dibagi kedalam
4 kategori yaitu wisata alam, wisata budaya, wisata minat khusus, dan wisata rekreasi. Dari data
wisata tersebut dapat disajikan dengan peta lokasi wisata, petunjuk jalan dari pengguna pertama
kali mengakses aplikasi, foto-foto dari objek wisata tersebut beserta infomasi mengenai lokasi
wisata tersebut.
Rincian Artikel
References
-
Bahrami, Ali. (1999). Object Oriented System Development Using the Unified Modeling Language.
McGraw-Hill, Boston.
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. http://www.disparbud.jabarprov.go.id,
diakses February 14, 2017
Hermawan, Rudi, dan Siska Iriani. (2013). Perancangan Sistem Informasi Geografis Tempat
Pariwisata Kabupaten Pacitan Berbasis Web. IJNS-Indonesian Journal on Networking and
Security 4(3).
Kurniadi, Dede., Fauzi, M. M., & Asri Mulyani. (2016). Aplikasi Simulasi Tes Buta Warna Berbasis
Android Menggunakan Metode Ishihara. Jurnal Algoritma, 13(1).
Kosasi, Sandy, dan I. Dewa Ayu Eka Yuliani. (2015). Penerapan Rapid Application
Development Pada Sistem Penjualan Sepeda Online. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro
Dan Ilmu Komputer 6(1): 27”“36.
Kurniadi, Dede, dan Asri Mulyani. (2016). Implementasi Pengembangan Student Information
Terminal (S-IT) Untuk Pelayanan Akademik Mahasiswa. Jurnal Algoritma 13(1).
Kurniadi, Dede, dan Asri Mulyani. (2015). Prototipe Perangkat Lunak Sistem Kendali Peralatan
Elektronik Berbasis Komputer. Jurnal Wawasan Ilmiah 7(12).
Munawar, Ahmad. (2005). Pemodelan Visual Dengan UML. Jakarta: Graha Ilmu.
Nugroho, Adi. (2002). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Dengan Metodologi
Berorientasi Objek.
Putra, Andra Dwika, dan Rinda Cahyana,. (2015). Pengembangan Aplikasi Peta Wisata Garut
Berbasis Android Menggunakan Metode Rapid Ap-Plication Development. Jurnal Algoritma
11(1).
References
McGraw-Hill, Boston.
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. http://www.disparbud.jabarprov.go.id,
diakses February 14, 2017
Hermawan, Rudi, dan Siska Iriani. (2013). Perancangan Sistem Informasi Geografis Tempat
Pariwisata Kabupaten Pacitan Berbasis Web. IJNS-Indonesian Journal on Networking and
Security 4(3).
Kurniadi, Dede., Fauzi, M. M., & Asri Mulyani. (2016). Aplikasi Simulasi Tes Buta Warna Berbasis
Android Menggunakan Metode Ishihara. Jurnal Algoritma, 13(1).
Kosasi, Sandy, dan I. Dewa Ayu Eka Yuliani. (2015). Penerapan Rapid Application
Development Pada Sistem Penjualan Sepeda Online. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro
Dan Ilmu Komputer 6(1): 27”“36.
Kurniadi, Dede, dan Asri Mulyani. (2016). Implementasi Pengembangan Student Information
Terminal (S-IT) Untuk Pelayanan Akademik Mahasiswa. Jurnal Algoritma 13(1).
Kurniadi, Dede, dan Asri Mulyani. (2015). Prototipe Perangkat Lunak Sistem Kendali Peralatan
Elektronik Berbasis Komputer. Jurnal Wawasan Ilmiah 7(12).
Munawar, Ahmad. (2005). Pemodelan Visual Dengan UML. Jakarta: Graha Ilmu.
Nugroho, Adi. (2002). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Dengan Metodologi
Berorientasi Objek.
Putra, Andra Dwika, dan Rinda Cahyana,. (2015). Pengembangan Aplikasi Peta Wisata Garut
Berbasis Android Menggunakan Metode Rapid Ap-Plication Development. Jurnal Algoritma
11(1).