Isi Artikel Utama
Abstrak
Makanan lokal merupakan wujud budaya yang memiliki ciri kedaerahan dengan beraneka
macam dan jenis yang mencerminkan potensi alami daerah masing-masing. Dimana setiap daerah
tersebut mempunyai beraneka ragam makanan tradisional atau lokal, yang telah lama berkembang
secara spesifik yang bisa dipelajari untuk juga menjadi hidangan keluarga. Makanan tidak hanya
sebagai sarana untuk memenuhi gizi seseorang, makanan juga berguna untuk mempertahankan
hubungan antara manusia, simbol identitas suatu masyarakat tertentu dan dapat pula dijual dan
dipromosikan untuk menunjang pariwisata yang dapat mendukung pendapatan suatu daerah.
Penelitian ini bertujuan untuk membantu memudahkan seseorang memperoleh informasi beragam
makanan lokal. Sedangkan manfaat dari penelitian ini yaitu untuk membatu memperluas pemasaran
makanan lokal dan dapat mempermudah seseorang untuk mengetahui makanan lokal. Metode
pengembangan sistem yang digunakan menggunakan metodologi Unified Approach terdiri dari
beberapa tahapan yaitu Object Oriented Analysis, Object Oriented Design, Implementasi Program
dengan menggunakan metode Object Oriented Programming dan untuk memodelkan kebutuhan
sistem menggunakan Unified Modelling Language. Dikembangkan menggunakan Adobe Flash
Professional CC 2015 dan bahsa pemrograman pengembangan aplikasi menggunakan Action Script
3.0. Hasil dari penelitian ini berupa apalikasi informasi katalog makanan lokal berbasis android.
Kesimpulan dari aplikasi ini dibuat untuk memberikan informasi beragam makanan lokal yang
merupakan sebagian dari wujud budaya yang memiliki ciri kedaerahan dengan beraneka macam jenis
makanan yang mencerminkan potensi alami suatu daerah.
Rincian Artikel
References
-
[1] S. Rahayu dan M. Firmansyah, “Sistem Informasi Katalog Online Hotel Harmony Di Pamengpeuk Garut,” Jurnal Algoritma, 2018.
[2] A. Jubaedah dan S. Rahayu, “Pengembangan Aplikasi Katalog Online Di Perpustakaan SMAN 26 Garut,” Jurnal Algoritma, 2017.
[3] D. Kurnia, M. M. Fauzi dan A. Mulyani, “Aplikasi Simulasi Tes Buta Warna Berbasis Android Menggunakan Metode Ishihara,” Jurnal Algoritma, 2016.
[4] A. Bahrami, Object Oriented System Development, Singapore: Irwin McGraw-Hill, 1999.
[5] M. Fowler, UML Distilled, Yogyakarta: Andi, 2005.
References
[2] A. Jubaedah dan S. Rahayu, “Pengembangan Aplikasi Katalog Online Di Perpustakaan SMAN 26 Garut,” Jurnal Algoritma, 2017.
[3] D. Kurnia, M. M. Fauzi dan A. Mulyani, “Aplikasi Simulasi Tes Buta Warna Berbasis Android Menggunakan Metode Ishihara,” Jurnal Algoritma, 2016.
[4] A. Bahrami, Object Oriented System Development, Singapore: Irwin McGraw-Hill, 1999.
[5] M. Fowler, UML Distilled, Yogyakarta: Andi, 2005.