Isi Artikel Utama

Abstrak

Media sosial mempunyai peranan yang teramat penting dalam dunia teknologi informasi. Aktivitas yang dilakukan pada media sosial dapat menggambarkan seseorang dalam kondisi nyata, tidak jarang pula pengguna media sosial mencurahkan perasaan atau suasana hatinya pada suatu media sosial yang membuat media sosial dapat diukur, salah satunya pengenalan emosi pada teks media sosial. Model pengenalan emosi yang dihasilkan pada penelitian ini digunakan untuk mengenali emosi pada teks dengan tahapan pengumpulan data teks, praproses teks, pemilihan dan ekstraksi fitur, dan klasifikasi emosi. Model ini diharapkan dapat menjadikan baseline dalam riset yang berkenaan dengan klasifikasi teks pada media sosial, khususnya dalam mengenali emosi pada teks media sosial.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Aldy Rialdy Atmadja, “Studi Pengembangan Model Pengenalan Emosi Pada Teks Media Sosial”, Jurnal Algoritma, vol. 14, no. 1, hlm. 101–106, Okt 2017.

References

    [1] APJII, “Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017,” Asos. Penyelenggara Jasa
    Internet Indones., pp. 1”“39, 2017.
    [2] “Asia Internet Use, Population Data and 2017, Facebook Statistics - December.” [Online].
    Available: https://www.internetworldstats.com/stats3.htm.
    [3] B. Subaeki, F. Gunawan, and A. R. Atmadja, “Penggunaan Metode Fuzzy Logic untuk
    Pemantauan Sentimen Brand pada Media Sosial,” vol. 1, no. October, pp. 56”“62, 2017.
    [4] A. R. Naradhipa and A. Purwarianti, “Sentiment Classification for Indonesian Messages in
    Social Media,” Int. Conf. Electr. Eng. Informatics, no. July, pp. 2”“5, 2011.
    [5] I. Sunni and D. H. Widyantoro, “Analisis Sentimen dan Ekstraksi Topik Penentu Sentimen
    pada Opini Terhadap Tokoh Publik,” J. Sarj. Inst. Teknol. Bandung Bid. Tek. Elektro dan
    Inform., vol. 1, no. 2, pp. 200”“206, 2012.
    [6] A. R. Atmadja and A. Purwarianti, “Comparison on the rule based method and statistical based
    method on emotion classification for Indonesian Twitter text,” 2015 Int. Conf. Inf. Technol.
    Syst. Innov. ICITSI 2015 - Proc., 2016.
    [7] P. Ekman, “An Argument for Basic Emotions,” Cogn. Emot., vol. 6, no. 3”“4, pp. 169”“200,
    1992.
    [8] C. Strapparava and R. Mihalcea, “Learning to identify emotions in text,” Proc. 2008 ACM
    Symp. Appl. Comput. - SAC ”™08, p. 1556, 2008.
    [9] A. Valitutti, C. Strapparava, and O. Stock, “Developing affective lexical resources,”
    PsychNology J., vol. 2, no. 1, pp. 61”“83, 2004.
    [10] W. Wang, L. Chen, K. Thirunarayan, and A. P. Sheth, “Harnessing Twitter ”˜Big Data”™ for
    Automatic Emotion Identification,” SocialCom/PASSAT, 2012.
    [11] R. Burget, J. Karásek, and Z. Smékal, “Recognition of emotions in Czech newspaper
    headlines,” Radioengineering, vol. 20, no. 1, pp. 39”“47, 2011.
    [12] R. Tokuhisa, K. Inui, and Y. Matsumoto, “Emotion classification using massive examples
    extracted from the web,” Proc. 22nd Int. Conf. Comput. Linguist. - COLING ”™08, vol. 1, no.
    August, pp. 881”“888, 2008.
    [13] P. Ekman, “Are There Basic Emotions?,” Psychological Review, vol. 99, no. 3. pp. 550”“553,
    1992.
    [14] A. Neviarouskaya, H. Prendinger, and M. Ishizuka, “User study on AffectIM, an avatar-based
    Instant Messaging system employing rule-based affect sensing from text,” Int. J. Hum.
    Comput. Stud., vol. 68, no. 7, pp. 432”“450, Jul. 2010.
    [15] S. Aman, “Recognizing emotions in text,” Www-Scf.Usc.Edu, 2007.
    [16] L. Sofiyana, Z. Abidin, and H. Nurhayati, “Klasifikasi Emosi Untuk Teks Berbahasa Indonesia
    Dengan Menggunakan K-Nearest Neighbor.” 2012.
    [17] O. Nurdiana, Jumadi, and D. Nursantika, “Perbandingan Metode Cosine Similarity Dengan
    Metode Jaccard Similarity Pada Aplikasi Pencarian Terjemah Al-Qur”™an Dalam Bahasa
    Indonesia,” J. Online Inform., vol. 1, no. 1, pp. 59”“63, 2016.
    [18] S. Mac Kim, “Recognising Emotions and Sentiments in Text,” University of Sydney, 2011.
    [19] W. B. Zulfikar and N. Lukman, “Perbandingan Naive Bayes Classifier dengan Nearest
    Neighbor untuk Identifikasi Penyakit Mata,” JOIN (Jurnal Online Inform., vol. 1, no. 2, pp.
    82”“86, 2016.
    [20] N. W. S. Saraswati, “Text mining dengan metode naïve bayes classifier dan support vector
    machines untuk sentiment analysis,” 2011.