Isi Artikel Utama
Abstrak
Sekolah0Luar Biasa (SLB) Al Mashduqi0adalah sekolah yang menyelenggarakan
pendidikan 0luar biasa bagi anak berkebutuhan 0khusus (ABK). Proses pembelajaran di SLB Al
Mashduqi khususnya untuk anak autis disesuaikan dengan kemampuan dan0kebutuhan anak.
Pengajar0menyampaikan materi hanya menggunakan media gambar0dan benda0yang ada disekitar
sebagai media pembelajaran. Karena keterbatasan yang dimiliki anak autis guru sering mengalami
kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran serta sulit untuk0mengetahui kemampuan anak
dalam0menerima materi pembelajaran apakah0sudah mencapai indikator0atau belum.
Karena0berbagai hambatan tersebut anak autis0memerlukan perlakuan khusus dalam pembelajaran
salah satunya dengan0menggunakan media pembelajaran multimedia. Penggunaan
media0pembelajaran
ini sangat0penting untuk membantu anak0autis memahami
materi0pembelajaran yang akan disampaikan. Dengan0teknologi informasi media pembelajaran
tersebut0dapat diwujudkan 0dengan dibuatkan aplikasi media pembelajaran interaktif berbasis
multimedia. Perancangan0dan penelitian0aplikasi media0pembelajaran interaktif untuk anak0autis
kelas VII SMPLB0ini menggunakan metodologi pengembangan multimedia Luther-Sutopo yang
dikutip oleh Binanto (2010) dan sesuai dengan rujukan penelitian sebelumnya [2]. Berdasarkan
hasil0dari laporan0skripsi ini diperoleh kesimpulan0bahwa media0pembelajaran interaktif0ini
telah0selesai dibuat dan mampu0membantu guru kelas dalam0menyampaikan materi
pembelajaran0agar dapat0lebih mudah0dipahami0oleh anak penyandang0autisme.
Rincian Artikel
References
-
[1] Huzaemah, Kenali0Autisme Sejak Dini, Jakarta: Populer Obor, 2010.
[2] E. Ramdani0dan D. Tresnawati, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sebagai Pendukung Pembelajaran Di0Sekolah Luar Biasa,” Jurnal Algoritma Teknik0Informatika STTG, 2016.
[3] A. Wulandari, Penggunaan0Media Film Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Autis Kelas III SD Di SLB Rela Bhakti I Gamping, Yogyakarta: Skripsi S1 pada FIP UNY, 2016.
[4] A. S. Sadiman, Media0Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.
[5] S. B. Djamaroh dan Z. Aswan, Strategi Belajar0Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
[6] B. Warsita, Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya, Jakarta: Rineka0Cipta, 2008.
[7] A. C. Luther, Authoring Interactive0Multimedia, Elsevier Science & Technology Books, 1994.
[8] A. H. Sutopo, Multimedia0Interaktif dengan Flash, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.
References
[2] E. Ramdani0dan D. Tresnawati, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sebagai Pendukung Pembelajaran Di0Sekolah Luar Biasa,” Jurnal Algoritma Teknik0Informatika STTG, 2016.
[3] A. Wulandari, Penggunaan0Media Film Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Autis Kelas III SD Di SLB Rela Bhakti I Gamping, Yogyakarta: Skripsi S1 pada FIP UNY, 2016.
[4] A. S. Sadiman, Media0Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.
[5] S. B. Djamaroh dan Z. Aswan, Strategi Belajar0Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
[6] B. Warsita, Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya, Jakarta: Rineka0Cipta, 2008.
[7] A. C. Luther, Authoring Interactive0Multimedia, Elsevier Science & Technology Books, 1994.
[8] A. H. Sutopo, Multimedia0Interaktif dengan Flash, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.