Isi Artikel Utama

Abstrak

Kepuasan pelanggan merupakan faktor utama yang harus di perhatikan oleh para pelaku
usaha, terutama para pelaku wisata industri yang harus meningkatkan promosi sampai ke luar kota.
Salah satu yang menjadi faktor kepuasan pelanggan yaitu komunikasi yang dapat menginformasikan
dan membuat konsumen menyadari atas keberadaan produk yang ditawarkan. Dengan perkembangan
zaman ke era digital media komunikasi yang menghubungkan pelaku usaha wisata industri adalah
media sosial. Media ini merupakan salah satu media yang sangat potensial untuk para pelaku usaha
menemukan konsumennya serta membangun image tentang merek suatu produk. Maka dari itu tujuan
penelitian ini berniat untuk membuat Aplikasi Questions and Answer Sebagai Jembatan Komunikasi
Antara Pengelola Wisata Industri dengan Masyarakat yang dapat dipakai masyarakat untuk mencari
informasi seputar industri wisata dengan cara bertanya dan menerima jawaban atau melalui chatting
langsung dengan Admin. Proses pengembangan aplikasi ini menggunakan Rational Unifield Proses
dengan metode Uniefield Modelling Language, sedangkan untuk bahasa pemograman digunakan
pemograman Java dan MySQL sebagai basis datanya. Penelitian ini menghasilkan aplikasi QNA
pengelola wisata industri yang memungkinkan pengguna untuk bertanya tentang perusahaan yang
telah terdaftar terlebih dahulu. Pertanyaan seputar wisata industri dari pengguna. Sistem memberikan
jawaban sesuai data yang dimasukan oleh pemilik perusahaan. Sistem memberikan jawaban yang
relevan berdasarkan data yang di masukan oleh pemilik perusahaan. Data relevan di peroleh dari hasil
query menggunakan kata kunci yang diambil dari pertanyaan sebagai acuanya.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Rinda Cahyana, Eri Satria, dan Nurul Hoirun Nisa, “Pengembangan Aplikasi QNA Sebagai Jembatan Komunikasi Pengelola Wisata Industri Dengan Masyarakat”, Jurnal Algoritma, vol. 16, no. 2, hlm. 92–99, Sep 2019.

References

    [1] Baskoro, F., & Rubikatin, W. (2009, Juni 20). Pengembangan Question/Answering Portal dengan Answer Quality Predictor pada Aplikasi E-Learning. Retrieved Februari 27, 2019, from Jurnal UII: https://journal.uii.ac.id/Snati/article/download/947/914
    [2] Cahyana, R., & Zakariya, M. I. (2016). PENGEMBANGAN PAPAN INFORMASI DIGITAL UNTUK MENYIARKAN ULANG INFORMASI YANG DITERBITKAN PADA SITUS WEB.
    Jurnal Algoritma , 13(1).
    [3] Indra, & Cahyana, R. (2018). Pengembangan Komunitas Maya Akademik Lingkup Profil Lembaga Pendidikan Dan Media Komunikasi. Jurnal Algoritma , 14(2), 481-488.
    [4] Mohammad, R., & Ismail, N. A. (2009). Electronic Commerce Adoption. The Trend of Prior Studes , Internet Banking and Commerce.
    [5] Omar, K., & Kurniadi, D. (2017). Perancangan Sistem Pelayanan Infomasi Warga Binaan Pemasyarakatan Rumah Tahanan Negara Garut berbasis Web dan Short Message Service Gateway. Jurnal Algoritma , 14(2), 112-117.
    [6] Satria, E. (2018). Content website of small and medium enterprises. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering. IOP Publishing , Vol. 434, No. 1, p. 12052.
    [7] Swasta, B. (2000). Pengantar Bisnis Modern, Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern. Bandung: Alfabeta.