Isi Artikel Utama

Abstrak

Tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang salah satu penyebabnya adalah kelalaian pengguna kendaraan bermotor terhadap aturan jarak aman berkendara serta adanya aturan hukum yang berlaku, untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah alat sensor jarak aman kendaraan bermotor menggunakan mikrokontroler Arduino sebagai sarana pendukung keselamatan saat berkendara (Safety Riding). Metode perancangan yang digunakan adalah R&D (Research and Development) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Hasil dari penelitian ini adalah analisis dan produk berupa hardware prototype sensor jarak aman kendaraan bermotor menggunakan Arduino Uno yang diharapkan dapat dijadikan tolak ukur guna pengembangan
teknologi yang lebih mutakhir khususnya untuk kenyamanan berlalulintas.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Asri Mulyani, “Perancangan Sensor Jarak Aman Kendaraan Bermotor Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno R3”, Jurnal Algoritma, vol. 15, no. 1, hlm. 22–28, Mar 2018.

References

    [1] Pemerintah Republik Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia nomor 22 tahun 2009
    tentang lalu lintas dan angkutan jalan, Eko Jaya, 2009.
    [2] R. Wardan dan D. Kurniadi, “Aplikasi Multimedia Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Berbasis
    Android,” Jurnal Algoritma, vol. 14, no. 2, pp. 1-8, 2017.
    [3] G. Sugiyanto dan M. Y. Santi, “Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas dan Pendidikan
    Keselamatan Berlalulintas Sejak Usia Dini: Studi Kasus di Kabupaten Purbalingga,” Semesta
    Teknika, vol. 1, no. 65-75, p. 18, 2016.
    [4] Kadir, Paduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemrogramannya
    Menggunakan Arduino, Yogyakarta: Andi, 2012.
    [5] D. Ardianto, Arduino, Bandung: Informatika, 2015.
    [6] Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung:
    Alfabeta, 2009.
    [7] D. Kurniadi dan F. Fitriyani, “Sistem Kendali Jarak Jauh Perangkat Elektronik Rumah Berbasis
    Cloud Computing,” Jurnal Algoritma, vol. 14, no. 2, pp. 205-214, 2017.
    [8] D. Kurniadi dan A. Mulyani, “Prototipe Perangkat Lunak Sistem Kendali Peralatan Elektronik
    Berbasis Komputer,” Jurnal Wawasan Ilmiah, vol. 7, no. 12, 2015.
    [9] Y. Septiana, D. Kurniadi dan A. Mulyani, “Perancangan Program Aplikasi Faraidh sebagai
    Sistem Pendukung Keputusan Pembagian Harta Waris Berorientasi Solver,” Jurnal Algoritma,
    vol. 14, no. 2, pp. 474-480, 2018.
    [10] D. Kurniadi dan A. Mulyani, “Implementasi Pengembangan Student Information Terminal (SIT) Untuk Pelayanan Akademik Mahasiswa,” Jurnal Algoritma, vol. 13, no. 1, 2016.
    [11] A. Mulyani dan D. Kurniadi, “Analisis Penerimaan Teknologi Student Information Terminal
    (S-IT) Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM),” Jurnal Wawasan
    Ilmiah, vol. 12, p. 7, 2015.
    [12] D. Kurniadi, S. Sasmoko, H. L. H. S. Warnars dan F. L. Gaol, “Software size measurement of
    student information terminal with use case point,” Cybernetics and Computational Intelligence
    (CyberneticsCom), 2017 IEEE International Conference, pp. 164-169, 2017.