Isi Artikel Utama

Abstrak

Transportasi merupakan satu dari banyak hal yang menjadi pendukung dalam kegiatan
manusia sehari-hari di masa kini. Perkembangan transportasi yang semakin pesat berhubungan
dengan mobilitas manusia yang semakin tinggi namun juga dapat meningkatkan potensi kecelakaan
dalam lalu lintas. Pengenalan tentang Rambu-rambu lalu lintas dirasa perlu untuk mengurangi
tingkat kecelakaan yang diakibatkan oleh perkembangan transportasi. Penulis akan menyajikan
aplikasi pengenalan rambu-rambu lalu lintas secara mandiri, yang akan dikemas dengan tampilan
yang menarik dan mudah digunakan oleh pengguna, sehingga dapat menambah minat masyarakat
untuk mempelajari dan mengenal lebih banyak mengenai rambu-rambu lalu lintas yang ada.
Metode penelitian dalam merancang aplikasi pengenalan rambu-rambu lalu lintas ini
menggunakan metode Pengembangan Multimedia versi Luther Sutopo dan untuk pengujian aplikasi
menggunakan metode pengujian BlackBox dan pengujian beta terhadap kepuasan pengguna. Hasil
dari penelitian ini berupa aplikasi pengenalan rambu-rambu lalu lintas untuk masyarakat berbasis
multimedia yang memiliki animasi yang menarik dan menambah pengetahuan dalam mempelajari
rambu lalu lintas yang dilengkapi latihan kuis soal-soal rambu lalu lintas.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Randy Wardan dan Dede Kurniadi, “Aplikasi Multimedia Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Berbasis Android ”, Jurnal Algoritma, vol. 14, no. 2, hlm. 125–132, Nov 2018.

References

    [1] CIA World Factbook. Tersedia https://www.cia.gov/library/publications/resources/the-worldfactbook/rankorder/2119rank.html [23 Maret 2017].
    [2] Jogiyanto. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi. 2005.
    [3] D. Kurniadi and A. Mulyani, “Implementasi Pengembangan Student Information Terminal
    (S-IT) Untuk Pelayanan Akademik Mahasiswa,” J. Algoritma., vol. 13, no. 1, pp. 437”“442, 2016.
    [4] D. Kurniadi and A. Mulyani, “Prototipe Perangkat Lunak Sistem Kendali Peralatan Elektronik Berbasis Komputer,” J. Wawasan Ilmiah., vol. 7, no. 12, pp. 1”“11, 2015.
    [5] M. Suyanto. “Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia Untuk Pemasaran,” Andi: Yogyakarta. 2004.
    [6] Y. Miarso. ”Menyemai Benih Teknologi Pendidikan,” Jakarta: Prenada Media. 2004.
    [7] D. Kurniadi, M. M. Fauzi, and A. Mulyani, “Aplikasi Simulasi Tes Buta Warna Berbasis Android Menggunakan Metode Ishihara,” J. Algoritma., vol. 13, no. 1, 2016.
    [8] Sutopo, A. H. "Multimedia Interaktif dengan Flash". Yogyakarta: Graha Ilmu. 2003.
    [9] Sugiyono. "Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND". Bandung: Alfabeta. 2010.