Isi Artikel Utama

Abstrak

Game edukasi merupakan sebuah permainan yang dikemas dalam konteks pendidikan
untuk merangsang daya pikir dan termasuk salah satu cara untuk melatih meningkatkan konsentrasi
penggunanya (anak-anak). Penelitian ini bertujuan untuk merancang game puzzle sebagai media
pembelajaran untuk meningkatkan semangat belajar dan sosial pada anak sekolah dasar. Game puzzle
ini dirancang menggunakan metode multimedia Luther Sutopo. Metode multimedia luther sutopo ini
terdiri dari beberapa tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan
distribution. Hasil dari penelitian ini berupa game puzzle dengan menggunakan adobe flash CS6
sebagai aplikasi pembangunnya, aplikasi yang telah dihasilkan dapat digunakan untuk membantu
proses belajar mengajar dan juga dapat meningkatkan semangat belajar serta sosial pada anak sekolah
dasar, untuk selanjutnya diharapkan aplikasi yang dibuat dapat dikembangkan lagi untuk digunakan
sesuai dengan kebutuhannya.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Dini Destiani Siti Fatimah, Dewi Tresnawati, dan Cecep Sahlan Ma’rup, “Perancangan Game Puzzle Untuk Pembelajaran Menggunakan Metodologi Multimedia”, Jurnal Algoritma, vol. 14, no. 2, hlm. 281–287, Okt 2017.

References

    [1] R. Aisyah, I. A. Zakiyah, I. Farida and M. A. Ramdhani, "Learning Crude Oil by Using Scientific Literacy Comics," Journal of Physics: Conference Series, vol. 895, no. 1, p.
    012011, 2017.
    [2] I. Helsy, Maryamah, I. Farida and M. A. Ramdhani, "Volta-Based Cells Materials Chemical Multiple Representation to Improve Ability of Student Representation," Journal of Physics: Conference Series, vol. 895, no. 1, p. 012010, 2017.
    [3] Ashari, "Perancangan Aplikasi Puzzle Tokoh Pejuang Kemerdekaan Menggunakan Linear Congruent Method," 2014.
    [4] F. S. Irwansyah, I. Lubab and I. F. M. A. Ramdhani, "Designing Interactive Electronic Module in Chemistry Lessons," Journal of Physics: Conference Series, vol. 895, no. 1, p. 012009, 2017.
    [5] Mulyasari, Sukardi and Yasin, Ilmu Pengetahuan Sosial, Jakarta: Penerbit Duta, 2013.
    [6] T. Sutojo, E. Mulyanto and V. Suhartono, Kecerdasan Buatan., Jogyakarta: Andi, 2015.
    [7] I. Binanto, Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannya, Yogyakarta: Andi, 2010.
    [8] M. A. Ramdhani, Metodologi Penelitian dalam Riset Teknologi Informasi, Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2013.
    [9] M. A. Ramdhani, H. Aulawi, A. Ikhwana and Y. Mauluddin, "Model of Green Technology Adaptation in Small and Medium-Sized Tannery Industry," Journal of Engineering and Applied Sciences, vol. 12, no. 4, pp. 954-962, 2017.