Isi Artikel Utama
Abstrak
Konsep multimedia mampu menyajikan sebuah informasi yang dikemas secara kompleks dengan adanya teks, gambar, audio, video serta animasi. Salah satu informasi yang dapat disajikan dengan konsep multimedia adalah informasi edukasi dibidang kesehatan seperti penyakit demam berdarah dengue. Aplikasi yang memiliki tema tentang pencegahan penyakit demam berdarah sudah banyak ditemui, namun masih memiliki kekurangan tersendiri. Penelitian ini akan dikembangkan dengan tujuan mampu memperbaiki kekurangan pada aplikasi yang ada. Menggunakan perangkat lunak AdobeFlash CS6 dengan mengusung tema multimedia interaktif diharapkan pengguna lebih tertarik dalam memperoleh informasi tentang demam berdarah sehingga dapat mengaplikasikannya kedalam kehidupan sehari-hari. Metode pengembangan multimedia Luther-Sutopo merupakan salah satu metode yang akan digunakan dalam penelitian ini. Aplikasi edukasi pencegahan penyakit demam berdarah ini berisi informasi tentang penyebab seseorang terjangkit penyakit demam berdarah dengue, gejala yang terjadi pada penderita, cara penanggulangan serta pencegahan yang efektif untuk menghindari wadah demam berdarah dengue. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi edukasi pencegahan penyakit demam berdarah berbasis android.
Rincian Artikel
References
-
[1] R. Aisyah, I. A. Zakiyah, I. Farida and M. A. Ramdhani, "Learning Crude Oil by Using Scientific Literacy Comics," Journal of Physics: Conference Series, vol. 895, no. 1, p.
012011, 2017.
[2] I. Helsy, Maryamah, I. Farida and M. A. Ramdhani, "Volta-Based Cells Materials Chemical Multiple Representation to Improve Ability of Student Representation," Journal of Physics: Conference Series, vol. 895, no. 1, p. 012010, 2017.
[3] F. S. Irwansyah, I. Lubab and I. F. M. A. Ramdhani, "Designing Interactive Electronic Module in Chemistry Lessons," Journal of Physics: Conference Series, vol. 895, no. 1, p.
012009, 2017.
[4] S. Sari, R. Anjani, I. Farida and M. A. Ramdhani, "Using Android-Based Educational Game for Learning Colloid Material," Journal of Physics: Conference Series, vol. 895, no.
1, p. 012012, 2017.
[5] M. A. Ramdhani and H. Muhammadiyah, "The Criteria of Learning Media Selection for Character Education in Higher Education," in International Conference of Islamic Education in Southeast Asia, Malang, 2015.
[6] Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Petunjuk Teknis Implementasi PSN 3M Plus Dengan Gerakan 1 rumah 1 Jumantik., Jakarta: Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, 2016.
[7] M. Hisyam, Aplikasi Multimedia Penanggulangan Penyakit Demam Berdarah., Garut: JurnalAlgoritma/jurnal.sttgarut.ac.id, 2016.
[8] I. Binanto, Multimedia Digital Dasar dan Teori Pengembangannya., Yogyakarta : Andi, 2010.
[9] M. A. Ramdhani, Metodologi Penelitian dalam Riset Teknologi Informasi, Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2013.
[10] M. A. Ramdhani, H. Aulawi, A. Ikhwana and Y. Mauluddin, "Model of Green Technology Adaptation in Small and Medium-Sized Tannery Industry," Journal of Engineering and Applied Sciences, vol. 12, no. 4, pp. 954-962, 2017.
[11] M. Suyanto, Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing., Yogyakarta: : Andi, 2003.
References
012011, 2017.
[2] I. Helsy, Maryamah, I. Farida and M. A. Ramdhani, "Volta-Based Cells Materials Chemical Multiple Representation to Improve Ability of Student Representation," Journal of Physics: Conference Series, vol. 895, no. 1, p. 012010, 2017.
[3] F. S. Irwansyah, I. Lubab and I. F. M. A. Ramdhani, "Designing Interactive Electronic Module in Chemistry Lessons," Journal of Physics: Conference Series, vol. 895, no. 1, p.
012009, 2017.
[4] S. Sari, R. Anjani, I. Farida and M. A. Ramdhani, "Using Android-Based Educational Game for Learning Colloid Material," Journal of Physics: Conference Series, vol. 895, no.
1, p. 012012, 2017.
[5] M. A. Ramdhani and H. Muhammadiyah, "The Criteria of Learning Media Selection for Character Education in Higher Education," in International Conference of Islamic Education in Southeast Asia, Malang, 2015.
[6] Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Petunjuk Teknis Implementasi PSN 3M Plus Dengan Gerakan 1 rumah 1 Jumantik., Jakarta: Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, 2016.
[7] M. Hisyam, Aplikasi Multimedia Penanggulangan Penyakit Demam Berdarah., Garut: JurnalAlgoritma/jurnal.sttgarut.ac.id, 2016.
[8] I. Binanto, Multimedia Digital Dasar dan Teori Pengembangannya., Yogyakarta : Andi, 2010.
[9] M. A. Ramdhani, Metodologi Penelitian dalam Riset Teknologi Informasi, Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2013.
[10] M. A. Ramdhani, H. Aulawi, A. Ikhwana and Y. Mauluddin, "Model of Green Technology Adaptation in Small and Medium-Sized Tannery Industry," Journal of Engineering and Applied Sciences, vol. 12, no. 4, pp. 954-962, 2017.
[11] M. Suyanto, Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing., Yogyakarta: : Andi, 2003.