Isi Artikel Utama
Abstrak
Komponen dalam membangun rumah pintar salah satunya adalah penerapan sistem kendali perangkat elektronik secara jarak jauh, yang mana hal ini tentunya dapat mempermudah pemilik rumah dalam hal pengendalian perangkat elektronik rumahnya secara jarak jauh. Arduino merupakan salah satu alat mikrokontroler yang dapat dirangkai untuk mengendalikan peralatan elektronik rumah secara jarak jauh. Tujuan dari artikel ini adalah membuat sistem kendali yang dirancang untuk mengontrol peralatan elektronik secara jarak jauh sehingga mengurangi pemborosan listrik dalam penggunaan peralatan elektronik yang ada di rumah, selain untuk kendali jarak jauh sistem ini juga dapat memberikan informasi status dari perangkat elektronik rumah tersebut. Metode yang digunakan dalam perancangan sistem menggunakan pendekatan Rapid Application Development, didalam pengembangan metode ini menggunakan sumber daya yang ada dengan tujuan pengembangan perangkat lunak yang cepat dan singkat. Pengujian secara software dilakukan dengan mengecek elemen-elemen yang ada pada perangkat lunak. Sedangkan pengujian hardware dilakukan dengan mengecek arus listrik yang dialirkan ke perangkat elektronik. Dengan dibuatnya sistem kendali jarak jauh perangkat elektronik ini diharapkan dapat membantu dalam pengontrolan dan pengoperasian hidup matinya perangkat elektronik, serta dapat mengatur otomatisasi waktu hidup dan matinya perangkat secara jarak jauh melalui jaringan internet.
Rincian Artikel
References
-
[1] D. Kurniadi and A. Mulyani, “Prototipe Perangkat Lunak Sistem Kendali Peralatan Elektronik Berbasis Komputer”, Jurnal Wawasan Ilmiah, vol. 7, no. 12, pp. 1-11, 2015.
[2] D. Kurniadi, H. L. H. S. Warnars, F. L. Gaol, and B. Soewito, “Software Size Measurement of Student Information Terminal with Use Case Point,” in IEEE International Conference on Applied Computer and Communication Technologies, 2017.
[3] Waloeyo, “Aplikasi Web yang Mengubah Cara Kerja dan Kolaborasi Anda Secara Online”, Yogyakarta: Andi Offset, 2012.
[4] R. S. Pressman, “Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi”, Yogyakarta: Andi Offset, 2012.
[5] D. Kurniadi, M. M. Fauzi, and A. Mulyani, “Aplikasi Simulasi Tes Buta Warna Berbasis Android Menggunakan Metode Ishihara,” Jurnal Algoritma., vol. 13, no. 1, 2016.
References
[2] D. Kurniadi, H. L. H. S. Warnars, F. L. Gaol, and B. Soewito, “Software Size Measurement of Student Information Terminal with Use Case Point,” in IEEE International Conference on Applied Computer and Communication Technologies, 2017.
[3] Waloeyo, “Aplikasi Web yang Mengubah Cara Kerja dan Kolaborasi Anda Secara Online”, Yogyakarta: Andi Offset, 2012.
[4] R. S. Pressman, “Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi”, Yogyakarta: Andi Offset, 2012.
[5] D. Kurniadi, M. M. Fauzi, and A. Mulyani, “Aplikasi Simulasi Tes Buta Warna Berbasis Android Menggunakan Metode Ishihara,” Jurnal Algoritma., vol. 13, no. 1, 2016.