Isi Artikel Utama

Abstrak

Kemajuan teknologi informasi telah melahirkan budaya penggunaan komputer dalam penyampaian informasi, diantaranya ialah penggunaan multimedia sebagai perangkat pendukug di dalam aktivitas sehari-hari, tak terkecuali di bidang pendidikan. Media pembelajaran berbasis multimedia diperlukan untuk menunjang sekaligus memfasilitasi proses pembelajaran bagi anak. Dimana media pembelajaran berbasis multimedia merupakan salah-satu solusi serta inovasi di bidang pendidikan sebagai sarana belajar sekaligus hiburan bagi anak-anak. Penggunaan aplikasi dalam mengenalkan huruf, angka dan warna ialah salah-satu media pembelajaran dasar bagi anak untuk merangsang semangat belajar sejak   dini. Metode penelitian dalam pengembangan aplikasi pengenalan huruf, angka dan warna ini menggunakan metode Pengembangan Multimedia versi Luther-Sutopo. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi pengenalan huruf, angka dan warna untuk anak usia dini berbasis multimedia yang memiliki fitur tiga bahasa yaitu bahasa Indonesia, bahasa inggris dan bahasa arab untuk melengkapi dari penelitian sebelumnya.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Dewi Tresnawati dan Edi Hidayat, “Pengembangan Aplikasi Pengenalan Huruf, Angka Dan Warna Untuk Anak Berbasis Multimedia”, Jurnal Algoritma, vol. 14, no. 2, hlm. 400–409, Nov 2017.

References

    [1] Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. . Bandung: Alfabeta.
    [2] Sudjana, N., & Rivai, A. (2002). media pembelajaran. Bandung: Sinar Biru Algesindo.
    [3] Anggraeni, R. (2010). "Pembelajaran Interaktif Huruf dan Angka Untuk Anak Balita", Jurnal Universitas Sebelas Maret. Aplikasi CD.
    [4] Fitriyani, N & Tresnawati, D. (2014). "Pengembangan Aplikasi Pengenalan Huruf, Angka dan Warna Terhadap Anak Usia Dini Berbasis Android". Jurnal Algoritma.
    [5] Mustakini, J. H. (2005). Analisis Dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
    [6] Vaughan, T. (2004). Multimedia: Making It Work. New York: McGraw Hill Companies.
    [7] Binanto. (2010). Multimedia Dasar - Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi. [8] Pressman, R. S. (2010). Software Engineering a practitioner's approach. New York: McGraw-Hill.
    [9] Sulistyanto, H., & Azhari. (2014). "Urgensi Pengujian Pada Kemajemukan Perangkat Lunak Dalam Multi Perspektif". KomuniTi, Vol. VI, No. 1, 68.