Isi Artikel Utama

Abstrak

Telepon Genggam atau handphone adalah Perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar sebagai alat komunikasi melalui jaringan yang sudah banyak digunakan dan terus dikembangkan, namun belakangan ini disamping terus berkembangnya teknologi Telepon Genggam, kita bisa memanfaatkan dan mengembangkannya sebagai alat untuk mengamankan aset dari suatu tindak kejahatan dilingkungan masyarakat, dengan pendekatan keamanan sistem. Hal tersebut dapat kita sadari karena banyaknya penggunaan telepon genggam perlu dikembangkan nya sebuah aplikasi yang menjadi suatu bentuk dari perkembangan teknologi. Metode analisis pengembangan sistem aplikasi Pemanfaatan Handphone Berbasis Android Untuk Mengamankan Kendaraan Bermotor Dengan Pendekatan Keamanan Sistem yaitu menggunakan metodelogi Waterfall. yang diterapkan pada skema Work Breakdown Structure. Hasil pembahasan dari penelitian ini berupa aplikasi pengembangan fitur perangkat mobile berbasis android mulai pada tahap pengumpulan data, analisis kebutuhan dan interface aplikasi dalam perancangan sampai pada tahap pengujian aplikasi. Pemanfaatan dari smartphone ini berbasiskan android sehingga aplikasi dapat dikembangkan. Aplikasi yang dikembangkan dapat memberikan informasi berupa posisi kendaraan yang sekaligus mampu melacak dan menampilkannya pada smartphone layanan aplikasi google maps.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Erwin Gunadhy dan Rahmadian Muchlis, “Pemanfaatan Handphone Berbasis Android Untuk Mengamankan Kendaraan Bermotor Dengan Pendekatan Keamanan Sistem”, Jurnal Algoritma, vol. 14, no. 2, hlm. 489 - 497, Des 2017.

Referensi

[1] R. Maulidiansyah, D. F. Rakhman and M. A. Ramdhani, "Aplikasi Pelaporan Kerusakan Jalan Tol Menggunakan Layanan Web Service Berbasis Android," Jurnal ISTEK, vol. 10, no. 1, pp. 117-123, 2017.
[2] A. Nurhartono, Perancangan Sistem Keamanan Untuk Mengetahui Posisi Kendaraan Yang Hilang, 2015.
[3] Y. Murya, Defenisi Android, 2012.
[4] Eliza, Panduan Cepat Bahasa Pemrograman Android, Jakarta, 2012.
[5] J. Hartono, Metode Pengembangan Sistem Menggunakan Metode Waterfall, 2010.
[6] M. A. Ramdhani, Metodologi Penelitian dalam Riset Teknologi Informasi, Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2013.
[7] A. S. Amin and M. A. Ramdhani, "Konfigurasi Model untuk Sistem Pendukung Keputusan,"
Majalah Ilmiah Ekonomi Komputer, vol. 16, no. 1, pp. 11-19, 2006.
[8] A. D. Kasma, Pengembangan Bahasa Pemrograman Java Untuk Android, 2013. [9] Pramsane & Sanjaya, Metode Software Development Life Cycle Waterfall, 2006. [10] R. Nurjaman, Pemrograman Menggunakan Bahasa Pemrograman Java, 2013. [11] R. A. Sukamto, "Rekayasa Perangkat Lunak," Bandung, 2011.
[12] R. S. Pressman, "REKAYASA PERANGKAT LUNAK," ANDI, Yogyakarta, 2010.