Isi Artikel Utama
Abstrak
Aplikasi Penjualan Online ini adalah salah satu aplikasi yang dibutuhkan dalam dunia bisnis terutama menyangkut dengan masalah teknologi. Dimana pada saat ini teknologi mempengaruhi kinerja masyarakat ataupun perusahaan. Begitu juga dengan internet, banyak masyarakat bahkan perusahaan memanfaatkan koneksi jejaring internet untuk berbagai kebutuhannya. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan koneksi internet sebagai media yang dapat melakukan transaksi pembelian dan penjualan online atau disebut juga dengan Electronic Commerce (E-Commerce) dimana konsumen dapat melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja. Namun, Toko Spiccato ini belum mempunyai aplikasi yang mampu untuk membantu masyarakat dalam melakukan transaksi pembelian dan penjualan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu membantu masyarakat dalam melakukan transaksi pembelian dan penjualan dimana saja dan kapan saja dengan cara memanfaatkan internet sebagai media aksesnya dan membantu pihak toko dalam melakukan penjualan. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem ini dengan Unified Software Development Process yang terdiri dari tahapan Analisis, Perancangan, Implementasi, Deployment dan Pengujian. Pemodelan data dengan menggunakan Unified Modelling Language. Pengujian aplikasi menggunakan metode Black Box. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi penjualan online berbasis web pada Toko Spiccato Bandung dengan fasilitas stok produk, diskon member, pencarian produk, pemesanan dan pembelian produk, serta kolom testomoni.
Rincian Artikel
References
-
[1] A. Kadir, Pengenalan Sistem Informasi, Yogyakarta: ANDI, 2003.
[2] E. Mulyanah, “Rancang Bangun Website E-Commerce Di Minimarket Alfamart Menggunakan
Metode Berorientasi Objek (Studi Kasus Di Alfamart Mitra Usaha Erien Nuronia Wanaraja
Garut),” 2012. [Online]. [Diakses 22 Maret 2017].
[3] A. Budiman dan A. Mulyani, “Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Persediaan Barang
Di Tb. Indah Jaya Berbasis Desktop,” Jurnal Algoritma, vol. 13, no. 1, 2016.
[4] N. Anwary, “Rancang Bangun Aplikasi e-Commerce Di Outlet Persib Hardcore Menggunakan
Metode Berorientasi Objek,” Jurnal Algoritma, 2014.
[5] D. Kurniadi, “Perancangan Arsitektur Sistem E-academic dengan Konsep Kampus Digital
Menggunakan Unified Software Development Process (USDP),” Jurnal Wawasan Ilmiah, vol.
5, no. 10, 2014.
[6] A. Mulyani dan D. Kurniadi, “Analisis Penerimaan Teknologi Student Information Terminal (SIT) Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM),” Jurnal Wawasan Ilmiah, vol.
7, no. 12, 2015.
[7] D. Kurniadi, S. W. Harco Leslie Hendric, F. L. Gaol dan B. Soewito, “Software Size
Measurement of Student Information Terminal with Use Case Point,” dalam IEEE International
Conference on Applied Computer and Communication Technologies (ComCom), 2017.
References
[2] E. Mulyanah, “Rancang Bangun Website E-Commerce Di Minimarket Alfamart Menggunakan
Metode Berorientasi Objek (Studi Kasus Di Alfamart Mitra Usaha Erien Nuronia Wanaraja
Garut),” 2012. [Online]. [Diakses 22 Maret 2017].
[3] A. Budiman dan A. Mulyani, “Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Persediaan Barang
Di Tb. Indah Jaya Berbasis Desktop,” Jurnal Algoritma, vol. 13, no. 1, 2016.
[4] N. Anwary, “Rancang Bangun Aplikasi e-Commerce Di Outlet Persib Hardcore Menggunakan
Metode Berorientasi Objek,” Jurnal Algoritma, 2014.
[5] D. Kurniadi, “Perancangan Arsitektur Sistem E-academic dengan Konsep Kampus Digital
Menggunakan Unified Software Development Process (USDP),” Jurnal Wawasan Ilmiah, vol.
5, no. 10, 2014.
[6] A. Mulyani dan D. Kurniadi, “Analisis Penerimaan Teknologi Student Information Terminal (SIT) Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM),” Jurnal Wawasan Ilmiah, vol.
7, no. 12, 2015.
[7] D. Kurniadi, S. W. Harco Leslie Hendric, F. L. Gaol dan B. Soewito, “Software Size
Measurement of Student Information Terminal with Use Case Point,” dalam IEEE International
Conference on Applied Computer and Communication Technologies (ComCom), 2017.