Isi Artikel Utama

Abstrak

Media pembelajaran yang banyak digunakan yaitu buku yang memiliki kekurangan dalam penyampaiannya masih berupa teks dan gambar saja. Selain itu CD interaktif, media tersebut sudah berbasis multimedia tetapi penggunaannya membutuhkan komputer sebagai media interaksi yang terbatas ruang dan waktu. Maka dibuatlah sebuah aplikasi media pembelajaran berbasis android yang bertujuan agar dapat meningkatkan minat belajar anak dengan sesuatu yang menarik dan tidak memberikan rasa jenuh saat belajar serta penggunaannya yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Metodologi yang digunakan dalam pembuaatan aplikasi ini yaitu
metodologi Multimedia Development Life Cycle. Pada Tahap konsep yaitu untuk menentukan tujuan, pengguna aplikasi, menganalisis yang dibutuhkan dalam pembuatan aplikasi dan perangkat yang digunakan. Pada desain yaitu tahapan pembuatan spesifikasi mengenai arsitektur program termasuk gambaran tampilan aplikasi dan kebutuhan bahan yang akan digunakan dalam pembuatan program. Pada tahap pengumpulan bahan yaitu mengumpulkan bahan-bahan sesuai
dengan yang dibutuhan dalam pembuatan aplikasi seperti teks, gambar, animasi, dan suara. Pada tahap pembuatan yaitu membuat dan menyatukan semua objek multimedia yang telah dibuat dan dikumpulkan berdasarkan perancangan yang telah dibuat sebelumnya. Pada tahap pengujian bertujuan untuk menguji kelayakan aplikasi dengan melakukan instalasi pada beberapa perangkat android dan mengecek kembali fungsi dari objek-objek yang telah disajikan dalam aplikaksi.
Selanjutnya ke tahap distribusi dimana aplikasi disimpan pada media penyimpanan dengan format file berbentuk .apk dan siap untuk digunakan oleh pengguna. Setelah dilakukan analisa perancangan sistem hingga implementasi dan pengujian pada aplikasi dapat diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi ini dapat menjadi alternatif pembelajaran untuk menambah wawasan anak mengenai wudhu dan shalat dan mengarahkan anak-anak dalam penggunaan smartphone untuk hal-hal yang lebih positif serta aplikasi ini dapat digunakan dimana saja tanpa terbatas oleh ruang dan waktu.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Sri Rahayu dan Putri Denenty, “Pengembangan Aplikasi Wudhu Dan Shalat Untuk Anak Menggunakan Sistem Multimedia”, Jurnal Algoritma, vol. 14, no. 2, hlm. 606–612, Okt 2017.

References

    [1] R. Ardiansyah, “Pengembangan Aplikasi Tata Cara Wudhu dan Shalat Untuk Anak
    Menggunakan Sistem Multimedia,” Jurnal Algoritma, 2016.
    [2] I. Fadzilatunnisa, “Pengembangan Aplikasi Tata cara Wudhu dan Shalat Untuk Anak
    Menggunakan Sistem Multimedia,” Jurnal Algoritma, 2015.
    [3] Sutopo, Multimedia Interaktiv Dengan Flash, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.
    [4] M. Zulkarnain V.R “Multimedia Interaktif Tata Cara Berwudhu Sesuai Sunnah Rasul
    Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno Berbasis Unity 2D,” Universitas Islam Negeri Malang
    Maulana Malik Ibrahim, 2016.