Isi Artikel Utama

Abstrak

Banyak instansi yang sekarang ini telah menggunakan platform teknologi informasi untuk mengetahui tingkat kehadiran pegawainya. Dalam contoh kasus pada salah satu instansi pemerintah di Garut, data kehadiran pegawai dari setiap unit kerja yang tersebar di beberapa kecamatan dikirimkan oleh bagian personalia melalui surat elektronik ke kantor pusat. Penelitian yang dilakukan dimaksudkan untuk pengembangan sebuah sistem yang bisa menyajikan informasi presensi pegawai di seluruh unit kerja kepada pengguna informasi di kantor pusat. Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu Rational Unified Proccess dengan menggunakan model Unified Modeling Language. Dalam penelitian ini dibuat sebuah sistem informasi yang dapat menyajikan informasi presensi pegawai berdasarkan data presensi dari fingerprint unit kerja yang lokasinya saling berjauhan. Platform memberikan kemudahan dalam pengolahan dan peyajian informasi kehadiran pegawai.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
R. . Cahyana, D. Kurniadi, dan Z. Aripin, “Pengembangan Teknologi Untuk Memudahkan Pemantauan Kehadiran Karyawan yang Tersebar di Lokasi Berjauhan”, Jurnal Algoritma, vol. 16, no. 2, hlm. 228–233, Des 2019.

References

  1. M. A. Ramdhani, K. Suryadi and P. Santosa, "Telematics Policy Analysis in Developing Countries: A Case Studys in Garut District indonesia," Jurnal of Applied Science Reserch, Vols. 2, no. 1, pp. 58-66, 2006.
  2. D. Ramdani, Partono and C. Slamet, "Pengembangan Aplikasi Presensi PT. Inti Bandung Berbasis Desktop Application," Jurnal Algoritma, vol. 11 No. 1, p. 7, 2014.
  3. R. Cahyana, "A Preliminay Investigation of Information System Using Ishikawa Diagram and Sectoral Statistics," IOP Conference: Materials Science and Engineering, vol. 434, no. 1, pp. 012050, 2018.
  4. W. Darmalaksana, M.A. Ramdhani, R. Cahyana and A. S. Amin, "Startegic Design of Information System Implementation at Universuty," International Journal of Engineering & Technology, vol. 7, no. 2, pp. 787-791, 2018.
  5. R. Oktarina and A. Deddy, "Pengembangan Aplikasi Kepegawaian Berbasis Web Menggunakan Unified Approach," Journal Algoritma, vol. 12 No. 1, p. 6, 2015.
  6. M. R. Dien and L. Fitriani, "Perancangan Monitoring Absensi Dengan Fingerprint Berbasis Online," Jurnal Algoritma, vol. 14 No. 1, p. 5, 2017.
  7. I. Syaidussalam and R. Cahyana, "Pengembangan Aplikasi Web Untuk Pemetaan Zakat," Jurnal Algoritma, vol. 14, no. 2, pp. 485-488, 2017.
  8. I.M. Zakariya and R. Cahyana, "Pengembangan Papan Informasi Digital untuk Menyiarkan Ulang Informasi yang Diterbitkan pada Situs Web, " Jurnal Algoritma, 2016.
  9. A.S. Rosa and M. Salahudin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur san Berorientasi Objek, Bandung: Informatika, 2013.
  10. J. Simarmata, Rekayasa Web, Yogyakarta: Andi, 2010.