Isi Artikel Utama
Abstrak
Rukun Islam merupakan pokok-pokok ajaran Islam untuk umat islam dan menjadi pedoman umum seorang muslim dalam beribadah kepada Allah. Salah satu cara supaya anak taat terhadap Allah yaitu dengan mengajarkan lima tindakan dasar tersebut. Anak-anak biasanya mendapatkan pembelajaran Rukun Islam hanya di rumah atau Taman Pendidikan Agama saja. Oleh sebab itu untuk memudahkan proses belajar anak maka dibuatlah aplikasi edukasi Rukun Islam. Tujuan penelitian ini adalah membuat aplikasi edukasi Rukun Islam untuk anak dibawah 13 tahun yang menampilkan informasi mengenai materi dasar Rukun Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) menurut Luther yang dikutip dari (Binanto, 2010) yang memiliki enam tahapan yaitu diantaranya concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Manfaat dari penelitian ini adalah aplikasi yang dibangun dapat diajadikan media pembelajaran oleh anak. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu aplikasi edukasi Rukun Islam yang didalanya terdapat materi dasar Rukun Islam beserta fitur kuis. . Aplikasi ini dapat menjadi alternatif terkait penyebaran pengetahuan mengenai islam dengan menerapkan teknologi berbasis android.
Rincian Artikel
References
-
[1] Nurjanah, "Lima Pilar Rukun Islam Sebagai Pembentuk Kepribadian Muslim," Jurnal Hisbah, 2014.
[2] D. Tresnawati and I. Maulana, "Perancangan Dan Pembuatan Game Edukasi Pencegahan Nyamuk Demam Berdarah Berbasis Multimedia," Jurna l Algoritma, p. 1, 2017.
[3] D. Tresnawati and I. Fadzilatunnisa, "Pengembangan Aplikasi TataxCara Wudhu Dan Shalat Untuk Anak Mengunakan Sistem Multimedia," Jurnal Algoritma, p. 1, 2015.
[4] D. Tresnawati and S. A. Alviah, "Pengembangan Aplikasi Tuntunan Shalat Malam Menggunakan Sistem Multimedia," Jurna Algoritma, vol. 12, p. 1, 2015.
[5] L. Hakim, Bunyami and A. Setia, "Rancang Bangun Aplikasi Fiqih Zakat, Puasa, Dan Haji Sebagai Media Pembelajaran Bebrasis Multimedia," Jurnal Algoritma, 2014.
[6] D. Riska, W. E. Jayanti and E. Mellinda, "Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Anak Muslim Berbasis Android Menggunakan Construct2," Jurnal Khatulistiwa Informatika, 2017.
[7] I. Binanto, Multimedia Digital - Dasar Teori Pengembangan, Yogyakarta: Andi, 2010.
References
[2] D. Tresnawati and I. Maulana, "Perancangan Dan Pembuatan Game Edukasi Pencegahan Nyamuk Demam Berdarah Berbasis Multimedia," Jurna l Algoritma, p. 1, 2017.
[3] D. Tresnawati and I. Fadzilatunnisa, "Pengembangan Aplikasi TataxCara Wudhu Dan Shalat Untuk Anak Mengunakan Sistem Multimedia," Jurnal Algoritma, p. 1, 2015.
[4] D. Tresnawati and S. A. Alviah, "Pengembangan Aplikasi Tuntunan Shalat Malam Menggunakan Sistem Multimedia," Jurna Algoritma, vol. 12, p. 1, 2015.
[5] L. Hakim, Bunyami and A. Setia, "Rancang Bangun Aplikasi Fiqih Zakat, Puasa, Dan Haji Sebagai Media Pembelajaran Bebrasis Multimedia," Jurnal Algoritma, 2014.
[6] D. Riska, W. E. Jayanti and E. Mellinda, "Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Anak Muslim Berbasis Android Menggunakan Construct2," Jurnal Khatulistiwa Informatika, 2017.
[7] I. Binanto, Multimedia Digital - Dasar Teori Pengembangan, Yogyakarta: Andi, 2010.