Isi Artikel Utama
Abstrak
Multimedia banyak di gunakan untuk berbagai bidang kegiatan diantaranya kegiatan untuk hiburan sampai ke pembelajaran. Dalam upaya memanfaatkan teknologi multimedia yang berkaitan dengan bidang pendidikan dibutuhkan inovasi baru untuk membantu penyampaian informasi dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yaitu media untuk membantu proses penyampaian belajar, yang dibuat untuk membantu manusia mencapai tujuan pembelajaran. Ada kelompok media yang dapat dipakai kedalam pembelajaran di antaranya : media visual, audio, dan multimedia. Teknik pembelajaran yang dikemas dalam aplikasi berbasis multimedia akan mempermudah cara penyampaian informasi kepada pelajar atau karena menarik dan praktis. Penelitian ini betujuan untuk merancang bangun media pembelajaran pengenalan komponen komputer berbasis multimedia, Manfaat dari perancangan aplikasi ini diharapkan mampu mempermudah cara penyampaian informasi tentang komputer dan komponen nya kepada pelajar. Metodologi yang di gunakan dalam pembuatan media pembelajaran ini menggunakan metodelogi Reseach and Development (R&D) dengan beberapa tahapan yaitu analisis, desain., implementasi desain.., pengujian., validasi. Ahli., revisi., uji. kelayakan., memperbaiki media.,. dan. produk. Pada penelitian ini didapatkan hasil berupa aplikasi media pembelajaran pengenalan komponen komputer berbasis multimedia yang dapat dijalankan pada platform dekstop.
Rincian Artikel
References
-
[1] D.N.ov.ali.endr.y, ".Apl.ika.si Ga.m.e Be.rbas.is Mul.time.dia int.eraktif (st.ud.i ka.su.s si.sw.a k.el.as I.X S.M.P.N 1 R.A.O.)," J.ur.nal T.ekno.logi I.nfor.masi &. Pen.did.ika.n, pp. 1-2, 2013.
[2] Rusman, Belajar dan pembelajaran berbasis komputer, Ba.nd.un.g: A.lfa.b.eta, 2.0.12.
[3] N.ur.se.to, "me.mbu.at me.di.a p.emb.ela.jar.an ya.ng me.nar.ik," .Ju.rn.al Eko.nomi & Pe.ndidika.n, p.. 2, 2011.
[4] Munir, MULTIMEDIA. Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2012.
[5] S. &. A. Tresnawati, "Pengembangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia," Jurnal Algoritma, pp. 2-4, 2016.
[6] D. Silviadi, D. Tresnawati and E. Satria, "P.eng.emb.ang.an Ap.lik.asi Ser.atus S.at.u Had.is T.entang Bu.di Luh.ur Be.rbasis Multimedia," Jurnal Algoritma , pp. 2-3, 2013.
[7] Ra.hman and D. tresnaw.ati, "Peng.embangan ga.me eduka.si pe.ngenalan na.ma hew.an da.n habitatnyadalam 3. ba.ha.sa se.bag.ai me.dia pem.bela.jaran ber.basis mult.imedi.a," Jurn.al Algoritm.a, 2016.
[8] D..D..S..Fati.ma.h, R.. Kur.niaw.ati, D.. Tr.esn.aw.ati and A...M.. Ram.dan, Scri.pt knowled.ge representation in game designing for instructional media, : IOP Publishing, 2018.
[11] D. Silviadi, D. Tresnawati and E. Satria, "Pe.ngembangan Ap.likasi Se.ratus Sa.tu Had.is Ten.tang Bud.i Lu.hur Berb.asis Mult.imedia," Jurnal Algoritma, pp. 2-3, 2016.
References
[2] Rusman, Belajar dan pembelajaran berbasis komputer, Ba.nd.un.g: A.lfa.b.eta, 2.0.12.
[3] N.ur.se.to, "me.mbu.at me.di.a p.emb.ela.jar.an ya.ng me.nar.ik," .Ju.rn.al Eko.nomi & Pe.ndidika.n, p.. 2, 2011.
[4] Munir, MULTIMEDIA. Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2012.
[5] S. &. A. Tresnawati, "Pengembangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia," Jurnal Algoritma, pp. 2-4, 2016.
[6] D. Silviadi, D. Tresnawati and E. Satria, "P.eng.emb.ang.an Ap.lik.asi Ser.atus S.at.u Had.is T.entang Bu.di Luh.ur Be.rbasis Multimedia," Jurnal Algoritma , pp. 2-3, 2013.
[7] Ra.hman and D. tresnaw.ati, "Peng.embangan ga.me eduka.si pe.ngenalan na.ma hew.an da.n habitatnyadalam 3. ba.ha.sa se.bag.ai me.dia pem.bela.jaran ber.basis mult.imedi.a," Jurn.al Algoritm.a, 2016.
[8] D..D..S..Fati.ma.h, R.. Kur.niaw.ati, D.. Tr.esn.aw.ati and A...M.. Ram.dan, Scri.pt knowled.ge representation in game designing for instructional media, : IOP Publishing, 2018.
[11] D. Silviadi, D. Tresnawati and E. Satria, "Pe.ngembangan Ap.likasi Se.ratus Sa.tu Had.is Ten.tang Bud.i Lu.hur Berb.asis Mult.imedia," Jurnal Algoritma, pp. 2-3, 2016.