Isi Artikel Utama

Abstrak

Aktivitas penelusuran goa sangat di gemari oleh para penggiat alam seperti explore dan pemetaan goa serta teknik penelusuran goa vertical maupun horizontal, maka dari itu perlu adanya pengetahuan mengenai perlengkapan dan cara penelusuran goa baik dan benar yang sesuai dengan standar operasional serta belum adanya media pembelajaran mengenai penelusuran goa, dengan adanya perkembangan teknologi dan informasi game edukasi ini bertujuan untuk membantu para penggiat sebagai media pembelajaran yang dapat memberikan pengetahuan dengan cara menyenangkan dan juga menarik maka diperlukannya media pembelajaran yang di kemas melalui game edukasi pengetahuan mengenai pengenalan penelusuran goa bagi penggiat alam dan masyarakat awam, dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan pembelajaran mengenai game edukasi penelusuran goa bagi penggiat alam atau masyarakat awam. Metode yang digunakan Multimedia Development Life Cycle, game edukasi yang dibuat menggunakan software adobe flash professional CS6. Hasil dari penelitian ini yaitu game edukasi penelusuran goa berbasis android. game edukasi yang dihasilkan dapat menjadi alternatif media mengajar bagi instruktur penelusuran goa atau media pengetahuan bagi pengiat alam dan masyarakat awam yang suka dengan kegiatan penelusuran goa.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
M. D. . Ramdani, D. . Kurniadi, dan Y. . Septiana, “Rancang Bangun Game Edukasi Penelusuran Goa Berbasis Android”, Jurnal Algoritma, vol. 16, no. 2, hlm. 151–157, Des 2019.

References

    [1] D. I. Setyawan, H. Tolle and A. P. Kharisma, "Perancangan Aplikasi Communication Board Berbasis Android Tablet Sebagai Media Pembelajaran dan Komunikasi Bagi Anak Tuna Rungu," Jurnal Pengembangan Teknologi dan Ilmi Komputer, 2018.

    [2] N. Hidayat and H. Khotimah, "Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran," Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2019.

    [3] F. Haswan and N. W. Al-Hafiz, "Aplikasi Game Edukasi Ilmu Pengetahuan Alam," Riau Journal Of Computer Science, 2017.

    [4] R. Wardan and D. Kurniadi, "Aplikasi Multimedia Pembelajaran Rambu Lalu Lintas," Jurnal Algoritma, p. Vol. 14 No. 2, 2017.

    [5] S. Fuada, "Perancangan Game Petualangan Pramuka Berbasis Android," JUPITER-Jurnal Penerapan Ilmu-Ilmu Komputer, 2016.

    [6] N. Oktaviani and N. A. Saputri, "Perancangan Mini Game Bergendre Adventur Menggunakan Aplikasi Game Maker," Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 2015.

    [7] E. C. Ramdhani and I. Galuh, "Aplikasi Game Edukasi Jelajah Pulau Sumatera Berbasis Android," Paradigma, 2018.

    [8] I. Binanto, "Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannya.," Andi, 2010.

    [9] M. A. Amin and D. Juniati, "Klasifikasi Klompok Umur Manusia Berdasarkan Analisis Dimensi Fraktal Box Counting dari citra wajah dengan deteksi tepi canny," Jurnal Ilmiah Matematika, 2017.