Isi Artikel Utama

Abstrak

Event Organizer (EO) merupakan badan usaha yang ditunjuk untuk mengelola kegiatan atau acara dengan tujuan untuk mendukung terhadap kelancaran kegiatan yang dilaksanakan, setiap EO memiliki kapasitas dan keunggulan yang berbeda dengan EO yang lain, diantaranya tema yang disediakan, jarak dengan lokasi acara, pengaturan jadwal acara untuk EO, selain perbedaan tersebut promosi menjadi salah satu kendala untuk EO. Bagi calon pengguna jasa EO menentukan EO yang sesuai harus mempertimbangkan tema yang disediakan, kelengkapan, harga, dan jarak antara EO dan lokasi acara di mana untuk menentukan hal tersebut dibutuhkan alokasi waktu untuk mendatangi EO yang akan dibandingkan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem berbasis web dengan konsep E-marketplace untuk penyedia jasa EO dan pengelola EO. Dalam Sistem yang dirancang harus dapat beradaptasi dengan kebutuhan yang selalu berubah maka metodologi Scrum digunakan untuk mengakomodir terjadinya perubahan pada proses perancangan sistem tersebut. Penelitian ini menghasilkan prototype sistem yang mengakomodir pendaftaran, transaksi EO, penjadwalan, dan pengelolaan. Penggunaan sistem ini dapat mereduksi waktu khususnya bagi calon pengguna jasa EO dalam memilih EO yang sesuai dengan kebutuhan dan membantu EO dalam proses promosi, transaksi dan penjadwalan kegiatan acara.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Ridwan Setiawan, Institut TEKNOLOGI GARUT

Sekretaris Program Studi Teknik Informatika Institut Teknologi Garut
Cara Mengutip
[1]
R. Setiawan, “Perancangan Elektronik Marketplace Event Organizer”, Jurnal Algoritma, vol. 16, no. 2, hlm. 247–254, Jan 2020.

References

    [1] R. Masa’deh, D. A. Almajali, A. Alrowwad, and B. Obeidat, “The Role of Knowledge Management Infrastructure in Enhancing Job Satisfaction: A Developing Country Perspective,” Interdiscip. J. Information, Knowledge, Manag., vol. 14, pp. 001–025, 2019.
    [2] E. Purba, “Peranan Teknologi Informasi Dalam Mengefektifkan Keputusan Pemberian Dana Corporate Social Responsibilty (CSR),” MEDIA Inform. BUDIDARMA, vol. 2, no. 3, Jun. 2018.
    [3] S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 2, pp. 182–189, 2018.
    [4] R. P. Sari, “Kebijakan perpajakan atas transaksi e-commerce,” AKUNTABEL, vol. 15, no. 1, p. 67, May 2018.
    [5] Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, “Buletin APJII,” Apjii.or.Id, p. 3, 2018.
    [6] M. Filbert and A. Wulandari, “Analisa Penerapan E-commerce Pada Ukm Keykey Frozen Food Cimahi Tahun 2018,” eProceedings Appl. Sci., vol. 4, no. 3, 2018.
    [7] Y. Cui, J. Mou, J. Cohen, and Y. Liu, “Understanding information system success model and valence framework in sellers’ acceptance of cross-border e-commerce: a sequential multi-method approach,” Electron. Commer. Res., Jan. 2019.
    [8] P. Ueasangkomsate, “Adoption e-commerce for export market of small and medium enterprises in Thailand,” Procedia-Social Behav. Sci., vol. 207, pp. 111–120, 2015.
    [9] A. Kardianawati, S. Fahmi, H. Haryanto, and U. Rosyidah, “Perancangan Gamifikasi Berbasis Appreciative Inquiry Untuk Peningkatan Daya Saing E-Marketplace UMKM,” Techno. Com, vol. 14, no. 3, pp. 173–180, 2015.
    [10] A. S. Nisafani, A. Wibisono, and M. H. T. Revaldo, “Analyzing the Effectiveness of Public e-Marketplaces for Selling Apparel Products in Indonesia,” Procedia Comput. Sci., vol. 124, pp. 274–279, 2017.
    [11] R. Marco and B. T. P. Ningrum, “Analisis Sistem Informasi E-Marketplace Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Kerajinan Bambu Dusun Brajan,” Data Manaj. dan Teknol. Inf., vol. 18, no. 2, pp. 48–53, 2017.
    [12] T. I. Fadillah, G. P. Kusuma, and H. P. Utomo, “Aplikasi Periklanan Dan Pemesanan Tiket Event Organizer Berbasis Web,” eProceedings Appl. Sci., vol. 1, no. 3, 2015.
    [13] I. Lukitaningtyas, R. Andreswari, and F. M. Al Anshary, “Rancang Bangun E-marketplace" dyland" Bagi Penyedia Jasa Event Organizer-Party Planner Menggunakan Metode Iterative Incremental (modul Transaksi) Studi Kasus Event Organizer Kota Bandung,” eProceedings Eng., vol. 5, no. 3, pp. 7331–7338, 2018.
    [14] A. Nugroho and others, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Mitra Kerja Menggunakan Metode Promethee Pada Outdoor Event Organizer,” J. Go Infotech, vol. 20, no. 2, 2017.
    [15] F. A. Wijaya, M. Arifin, and S. Sulistiowati, “Rancang Bangun Aplikasi Penjadwalan Penyewaan Peralatan Event Organizer (Studi Kasus: PT. Geo Given Visi Mandiri),” J. JSIKA, vol. 4, no. 2, 2015.
    [16] E. Purwanto and Bangun Prajadi Cipto Utomo, “Sistem Informasi Pemasaran Produk Secara Online dengan Metode Sugest up Selling (Studi Kasus: Sentra Blangkon Kampung Petrojayan Serengan Surakarta),” in Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Bisnis 2017, 2017, pp. 71–80.
    [17] F. N. Hakim and Achmad Solechan, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Pada UKM Industri Monel Desa Kriyan Jepara,” J. Inform. Upgris, vol. 3, no. 1, 2017.
    [18] R. Wulandari, R. Setiawan, and A. Mulyani, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Wedding Organizer Online Menggunakan Scrum,” J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 135–146, 2019.
    [19] K. Schwaber, Agile Project Management with Scrum. O’Reilly Media, Inc, 2009.
    [20] H. Lei, F. Ganjeizadeh, P. K. Jayachandran, and P. Ozcan, “A statistical analysis of the effects of Scrum and Kanban on software development projects,” Robot. Comput. Integr. Manuf., vol. 43, pp. 59–67, 2017.
    [21] K. Schwaber and J. Sutherland, “The Scrum Guide TM,” 2017. [Online]. Available: https://www.scrumguides.org/scrum-guide.html#artifacts-productbacklog. [Accessed: 30-Jan-2019].
    [22] R. Setiawan, “Architecture of human resource management system at universities,” in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 2018, vol. 434, no. 1.
    [23] T. Noguchi, H. Washizaki, Y. Fukazawa, A. Sato, and K. Ota, “History-based test case prioritization for black box testing using ant colony optimization,” in 2015 IEEE 8th International Conference on Software Testing, Verification and Validation (ICST), 2015, pp. 1–2.