Isi Artikel Utama

Abstrak

Abstrak Komunikasi dapat berlangsung ketika ada pihak pemberi dan penerima informasi. Langsung ataupun tidak langsung, komunikasi masih dapat berlangsung dengan bantuan teknologi. Dengan adanya kemajuan teknologi, waktu maupun ruang tidak menjadi hambatan dalam proses penyebaran informasi. Pemanfaatan penyebaran informasi tersebut bermacam-macam, salah satunya dapat dilakukan dengan memanfaatkan suatu forum diskusi. Forum tersebut dapat menjadi wadah bagi setiap anggotanya untuk berdiskusi. Tentunya dengan adanya hal tersebut, dapat menjadikan informasi yang ada dapat menyebar dengan mudah. Namun hal itu akan lebih mudah lagi jika suatu forum tersebut dipadukan dengan teknologi. Maka dari itu, dibuatlah aplikasi forum diskusi yang dapat diakses dimanapun sehingga informasi dapat didapatkan dengan mudah. Metodologi yang dipakai dalam pembuatan aplikasi forum diskusi untuk pegiat informatika ini adalah metodologi Rational Unified Process (RUP) dimulai dari tahap inception hingga tahap pengujian. Perancangan sistem dilakukan menggunakan Unified Modeling Language (UML), kemudian bahasa pemrograman PHP sebagai media untuk mengimplementasikan hasil rancangan dan MySQLi sebagai pengelola basis data. Hasil akhir dari penelitian ini ialah terbentuknya aplikasi forum diskusi yang dapat diakses secara online sehingga proses diskusi masih tetap berlangsung meski tidak dalam satu ruangan yang sama sehingga lebih praktis dan efisien.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
M. A. Nugraha, A. R. Atmadja, dan Y. Pariyatin, “Rancang Bangun Aplikasi Forum Diskusi Online Untuk Pegiat Informatika”, Jurnal Algoritma, vol. 16, no. 2, hlm. 293–298, Mei 2020.

References

    [1] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1995.
    [2] A. Martono, Padeli, and R. Miliartha, “Rancang-Bangun Aplikasi Sistem Diskusi Pembelajaran On-line pada Perguruan Tinggi,” CCIT Juornal, vol. 9, no. 2, pp. 179–190, 2016.
    [3] W. Kurniawan, A. Suprianto, and B. Sumardiyono, “Rancangan Sistem Forum Diskusi Online untuk Program Studi Sistem Informasi Antara Dosen dan Mahasiswa,” J. Rekayasa Inf., vol. 5, no. 2, pp. 43–51, 2016.
    [4] U. Rahardja, E. P. Harahap, and D. Anjani, “Pemanfaatan Rinfogroup Sebagai Media Diskusi dan Penilaian Keaktifan Mahasiswa,” J. Ilm. Sisfotenika, vol. 8, no. 1, pp. 81–92, 2018.
    [5] B. Sinaga, “Perancangan Dan Pembuatan Sistem Informasi Forum Diskusi Mahasiswa/i Berbasis Web di STMIK Pelita Nusantara Medan,” J. Mantik Penusa, vol. 18, no. 2, pp. 58–63, 2015.
    [6] D. I. Desrianti, L. Sunarya, and D. F. Parmania, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada RHJFOX sebagai Forum Diskusi,” CCIT Juornal, vol. 8, no. 3, pp. 147–164, 2015.
    [7] L. A. King, Psikologi Umum Sebuah Pandangan Apresiatifle. Jakarta: Salemba Humanika, 2016.
    [8] P. Kruchten, Rational Unified Process, The : An Introduction, Third Edition. Kanada: Addison Wesley, 2003.
    [9] British Columbia Institute of Technology, “CodeIgniter,” 2019. [Online]. Available: https://www.codeigniter.com/user_guide/general/welcome.html.
    [10] P. A. Saputra and A. Nugroho, “Perancangan dan Implementasi Survei Kepuasan Pengunjung Berbasis Web di Perpustakaan Daerah Kota Salatiga,” JUTI J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 15, no. 1, pp. 63–71, 2017.