Isi Artikel Utama
Abstrak
Pemanfaatan teknologi yang ada pada smartphone memberikan kemudahan mendapatkan informasi dan komunikasi. Masa kanak-kanak adalah usia untuk menjelajah, bertanya dan penuh kreatifitas. Hewan adalah ciptaan tuhan dengan berbagai bentuk dan suara yang berbeda, peran kita adalah bagaimana mengenalkan anak tentang bagaimana bentuk dan suara hewan dengan memanfaatkan teknologi smartphone. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini yaitu membuat game edukasi pengenalan nama dan suara hewan berbasis multimedia untuk anak di bawah umur 5 tahun. Sasarannya adalah untuk dapat mengenalkan anak bagaimana bentuk dan suara hewan tanpa harus berinteraksi langsung dengan hewan tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Multimedia Development Life Cycle yang terdiri dari enam tahapan, antaralain konsep, perencanaan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Penenelitian ini menghasilkan sebuah perancangan aplikasi game pengenalan nama hewan dan suara hewan berbasis multimedia menggunakan platform berbasis android yang dapat digunakan sebagai media bermain dan belaat yang dapat di akses kapan saja.
Rincian Artikel
References
-
[1] Handriyantini. (2009) . Permainan Edukatif Berbasis Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar. Malang: Sekolah Tinggi Informasi & Komputer Indonesia.
[2] Kebritchi dan Hirumi. (2008). Examining the Pedagogical Foundations of Modern Educational Computer Games. Computers & Education 51 (2008) 1729-1743.
[3] Rahman, A. (2016). Pengembangan game edukasi pengenalan nama hewan dan habitatnya dalam 3 bahasa sebagai media pembelajaran berbasis multimedia ,Garut: Sekolah Tinggi Teknologi Garut.
[4] Rahayu, S. & Setiawan, H. (2017). Pembuatan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Beladiri Dasar Berbasis Android. Algoritma, 14.
[5] Sari, A. L. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Dasar Bahasa Arab Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia: Sekolah Tinggi Teknologi Garut.
[6] Supriyanto. (2005). Perancangan Aplikasi.Surabaya : Widyastana.
[7] Clark, Donald. (2006). Games and e-learning.
[8] Suyanto, M. (2003). Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi Offset.
References
[2] Kebritchi dan Hirumi. (2008). Examining the Pedagogical Foundations of Modern Educational Computer Games. Computers & Education 51 (2008) 1729-1743.
[3] Rahman, A. (2016). Pengembangan game edukasi pengenalan nama hewan dan habitatnya dalam 3 bahasa sebagai media pembelajaran berbasis multimedia ,Garut: Sekolah Tinggi Teknologi Garut.
[4] Rahayu, S. & Setiawan, H. (2017). Pembuatan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Beladiri Dasar Berbasis Android. Algoritma, 14.
[5] Sari, A. L. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Dasar Bahasa Arab Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia: Sekolah Tinggi Teknologi Garut.
[6] Supriyanto. (2005). Perancangan Aplikasi.Surabaya : Widyastana.
[7] Clark, Donald. (2006). Games and e-learning.
[8] Suyanto, M. (2003). Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi Offset.