Isi Artikel Utama

Abstrak

Teknologi pada masa sekarang telah menjadi salah satu aspek yang wajib ada dalam setiap kehidupan umat manusia. Termasuk dalam media ajaran. Dengan adanya teknologi, media belajar dapat ditingkatkan menjadi lebih menarik dan lebih interaktif bagi siswa. Salah satu materi pembelajaran  yang melatar belakangi pengenalan mata uang ada pada siswa Sekolah Dasar kelas II di mata pelajaran matematika pada kurikulum 2013, namun  kurangnya pemanfaatan teknologi yang diterapkan pada media pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini untuk membangun aplikasi pembelajaran pengenalan mata uang menggunakan system multimedia yang dapat membantu anak-anak khususnya pada siswa sekolah dasar. Pada penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle pengujian aplikasi menggunakan pengujian Alpha dengan black box testing, hasil penelitian ini berupa aplikasi pengenalan mata uang  berbasis multimedia yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran khususnya untuk siswa Sekolah Dasar kelas II.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
W. Gumelar, D. Tresnawati, dan R. Cahyana, “Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Mata Uang Berbasis Multimedia”, Jurnal Algoritma, vol. 17, no. 2, hlm. 229–234, Jan 2021.

References

  1. S. Wulansari, K. I. Satoto and K. T. Martono, "Perancangan Permainan “UangAndro†Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Mata Uang Rupiah Pada Anak Berbasis Android," Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 2016.
  2. M. Fauzi, R. Cahyana and D. Tresnawati, "Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Karies Untuk Anak Usia 6 – 8 Tahun," Jurnal Algoritma, 2013.
  3. D. Tresnawati and I. Fadzilatunnisa, "Pengembangan Aplikasi Tata Cara Wudhu dan Shalat untuk Anak Menggunakan Sistem Multimedia," Jurnal Algoritma, 2015.
  4. D. Tresnawati and R. F. Rizqi, "Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Dasar Bahasa Arab Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android," Jurnal Algoritma, 2017.