Isi Artikel Utama

Abstrak

Dalam era modern ini banyak orang yang menggunakan fasilitas android yaitu smartphone yang sangat canggih darizmasa ke masazterus berkembang dalam hal teknologi, di masyarakat banyak sekali yang tidak memanfaatkan fasilitas digital dan menggunakan fasilitas manual dalam tahapan belajar. Pemanfaat smartphone yaitu dengan adanya fitur multimedia yang terdiri penggabunganzantara suara, gambarzserta animasi untukzpenyampaian informasinya yang lebih menarik. Pemanfaatan sistem android untuk penyampaian informasi kepada kalangan masyarakat seperti media pembelajaran interaktif kumpulan sholawat yang mudah di pelajari. Dalam belajar sholawat ini supaya kita lebih ingat lagi kepada baginda nabi Muhammad SAW dan menjadikan syafaat di akhirat nanti. Masalah yang ada dalam penelitian sebelumnya didalam konten belum adanya evaluasi atau kuis yang di cantumkan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi media pembelajaran interaktif kumpulan sholawat berbasis android yang menampilkan informasi tentang sholawat berupa gambar teks dan suara lalu ada kuis game. Metode yang digunakan dalam aplikasi media pembelajaran interaktif kumpulan sholawat yaitu MultimediazDevelopment Life Cycle (MDLC) ada enam tahapan ialah concept (pengonsepan),xdesign (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian), distribution (pendistribusian). Hasil dari penelitian adalah berupa aplikasi media pembelajaran interaktif kumpulan sholawat berbasis android. Berdasarkan pembahasan dan hasil dapat diperoleh dengan kesimpulan yaitu aplikasi media pembelajaran interaktif kumpulan sholawat berbasis android yang dibangun menyajikan sebagian materi kumpulan sholawat serta dengan audio dan gambar teks sholawat. Dalam aplikasi tersebut menyediakan fitur kuis game sejauh mana pemahaman pengguna terhadap materi sholawat dan untuk hiburan. 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
S. Rahayu, A. R. Atmadja, dan A. Rohimat, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Kumpulan Sholawat Berbasis Android”, Jurnal Algoritma, vol. 17, no. 2, hlm. 341–348, Jan 2021.

References

  1. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, "Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017," 2017. [Online]. Available: https://apjii.or.id/.
  2. P. Telkom, Aplikasi Multimedia, Bandung: Politeknik Telkom Bandung, 2009.
  3. M. Ozon and Kusrini, "Pembuatan Aplikasi Android Tuntunan Qasidah Pilihan Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf," Jurnal Dasi, 2012.
  4. Bunyamin, E. Satria and M. Atiroh, "Rancang Bangun Aplikasi Fiqih Ibadah Shalat Berbasis Android," Jurnal Algoritma, 2014.
  5. A. C. Luther, Authoring Interactive Multimedia, Buston: Ap Propesional, 1994.
  6. A. H. Sutopo, Multimedia Interaktif dengan Flash, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.
  7. S. Rahayu and R. Ardiansyah, "Pengembangan Aplikasi Tata Cara Wudhu Dan Shalat Untuk Anak Menggunakan Sistem Multimedia," Jurnal Algoritma, 2016.
  8. S. Rahayu and P. Denenty, "Pengembangan Aplikasi Wudhu dan Shalat Untuk Anak Menggunakan Sistem Multimedia," Jurnal Algoritma, 2017.
  9. I. Binanto, Multimedia Digital dasar teori dan pengembangannya, Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET, 2010.
  10. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: ALFABETA, 2018.