Isi Artikel Utama
Abstrak
Media interaktif tidak hanya di lakukan pada kegiatan formal, media interaktif dapat juga di pergunakan dalam penyampaian materi pendidikan luar biasa kepada penyandang autisme. Autisme adalah kelainan masalah otak yang mempengaruhi pada perkembangan seseorang. orang yang mengalami autisme mempunyai permasalahan dalam komunikasi, bersosialisasi dan berinteraksi. permasalahannya adalah keterlibatan orang tua akan pentingnya mengulang kebiasaan atau pengetahuan yang sudah mereka dapat, agar daya ingat atau kemampuannya terus di asah, sehingga akan meningkatnya kemampuan penyandang autis tersebut. Penelitian ini mengembangkan aplikasi pembelajaran mengenai tatacara bagaiman membuat identifikasi diri bagi anak autis dengan media teknologi yaitu multimedia. Metode penelitian menggunakan Multimedia Development LifeeCycle. pengujian aplikasi menggunakan pengujian Alpha dengan Black Box testing dan pengujian betta yang dilakukan oleh user. Hasilnya berupa aplikasi pembelajaran mengenai tatacara bagaiman membuat identifikasi diri bagi anak autis berbasis multimedia.
Rincian Artikel
References
- M. Andarwati dan F. Amrullah, “pembelajaranmultimedia interaktif untuk anak berkebutuhan khusus (abk) di sekolah inklusi abk river kids dan pusat terapis insan mandiri,” Sistem Informasi, p. 2, 2016.
- R. Kurniawan, A. Mahtarami dan T. P. Lestari, “Aplikasi Multimedia Pembelajaran Metode PECS (Picture Exchange Communication System) untuk Membantu Perkembangan Komunikasi dan Interaksi Anak Autis,” Informatika, p. 3, 2017.
- Handojo, Autisme, Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia, 2003.
- N. R. Sari dan P. M. Nuraida, “pengembangan multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa tunarungu,” Sistem Informasi, p. 4, 2017.
- Y. Nuriyanti dan D. Tresnawati, “Pengembangan Aplikasi Pengenalan Dasar Bahasa Isyarat Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android,” Jurnal Sekolah Tinggi Tenologi Garut, 2015.
- Y. Pariyatin dan Y. Z. Ashari, “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Pkn Untuk Penyandang Tunarungu Berbasis Multimedia (Studi Kasus Di Kelas Vii Smplb Negeri Garut Kota),” Jurnal Algoritma, 2014.
- I. Binanto, “Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannya.,” Andi, 2010.
- M. MULTIMEDIA Konsep dan & Aplikasi dalam pendidikan, Bandung: ALFABETA, CV., 2013.
- Mustika, “Rancang Bangun Aplikasi Sumsel Museum Berbasis Mobile Menggunakan Metode Pengembangan Multimedia Development Life Cycle (Mdlc),” Jurnal Microtik, p. Vol. 8 No. 1, 2018.
- S. Nurajizah, “implementasi multimedia development life cycle,” Prosisko, p. Vol. 3 No. 2, 2016.
- E. P. A. Sugara dan M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” Jurnal Online Informatika, p. Volume 2 No. 2, 2017.
References
M. Andarwati dan F. Amrullah, “pembelajaranmultimedia interaktif untuk anak berkebutuhan khusus (abk) di sekolah inklusi abk river kids dan pusat terapis insan mandiri,” Sistem Informasi, p. 2, 2016.
R. Kurniawan, A. Mahtarami dan T. P. Lestari, “Aplikasi Multimedia Pembelajaran Metode PECS (Picture Exchange Communication System) untuk Membantu Perkembangan Komunikasi dan Interaksi Anak Autis,” Informatika, p. 3, 2017.
Handojo, Autisme, Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia, 2003.
N. R. Sari dan P. M. Nuraida, “pengembangan multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa tunarungu,” Sistem Informasi, p. 4, 2017.
Y. Nuriyanti dan D. Tresnawati, “Pengembangan Aplikasi Pengenalan Dasar Bahasa Isyarat Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android,” Jurnal Sekolah Tinggi Tenologi Garut, 2015.
Y. Pariyatin dan Y. Z. Ashari, “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Pkn Untuk Penyandang Tunarungu Berbasis Multimedia (Studi Kasus Di Kelas Vii Smplb Negeri Garut Kota),” Jurnal Algoritma, 2014.
I. Binanto, “Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannya.,” Andi, 2010.
M. MULTIMEDIA Konsep dan & Aplikasi dalam pendidikan, Bandung: ALFABETA, CV., 2013.
Mustika, “Rancang Bangun Aplikasi Sumsel Museum Berbasis Mobile Menggunakan Metode Pengembangan Multimedia Development Life Cycle (Mdlc),” Jurnal Microtik, p. Vol. 8 No. 1, 2018.
S. Nurajizah, “implementasi multimedia development life cycle,” Prosisko, p. Vol. 3 No. 2, 2016.
E. P. A. Sugara dan M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” Jurnal Online Informatika, p. Volume 2 No. 2, 2017.