Isi Artikel Utama

Abstrak

Indonesia memiliki banyak kekayaan seni serta budaya yang beragam, Mulai dari Sabang sampai Merauke, yang tersebar beraneka ragam seni dan budaya nya yang telah diwariskan secara turun temurun. Keragaman budaya Indonesia adalah modal yang sangat penting bagi bangsanya sendiriikhusunya anak-anakimuda, namun tidak sedikit pelajar yang tidak mengetahui keragaman budaya dari bangsanya sendiri. Permasalahan ini dikarenakan pengaruhnya dari budaya luar yang telah masuk kesenian yang ada di Indonesia,, Oleh karena itu dibutuhkan suatu media yang menggabungkan antara gambar, suara, dan video sebagai media pembelajaran berupa aplikasi informasi yang dapat membantu permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang bangun aplikasi media pembelajaran pengenalan Ragam Budaya Indonesia berbasis android dengan menampilkan materi 34 provinsi dan menambahkan animasi dan fitur kuis. Metode penelitian yang digunakan adalah Multimedia Developemnt Live yang memiliki enamitahapan yaitu konsep,Lperancangan, pengumpulanLbahan, pembuatan ,ipengujianidan distribusi. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran pengenalan ragam budaya Indonesia berbasis android yang menampilkan 34 provinsi di Indonesia. Melalui media pembelajaran pengenalan ragam budaya Indonesia dapat meningkatkan pembelajaran dan memudahkan pengguna yaitu pelajar dalam belajar pengenalan ragam budaya Indonesia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
H. Gunawan, Y. Septiana, dan E. Gunadhi, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Pengenalan Ragam Budaya Indonesia Berbasis Android”, Jurnal Algoritma, vol. 17, no. 1, hlm. 82 - 90, Agu 2020.

Referensi

[1] S. Hartatik, Pintar Mengenal seni dan Budaya, Lingkar Media.
[2] C. Agustina and T. Wahyudi, "Aplikasi Game Pendidikan Berbasis Android Untuk Memperkenalkan Pakaian Adat Indonesia," IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering, pp. 1-8, 2015.
[3] D. Tresnawati and T. S. Nugraha, "Pengembangan Aplikasi Pengenalan Kesenian Daerah Indonesia Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android," Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, pp. 1-10, 2015.
[4] B. Pane, X. Najoan and S. Paturusi, "Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam," Jurnal Teknik Informatika, pp. 1-9, 2017.
[5] A. C. Luther, Authoring Interactive Multimedia, Elsevier Sciance & Tecnology Books, 1994.
[6] H. A. Sutopo, Multimedia Interaktif Dengan Flash, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.
[7] B. I, Multimedia Digital - Dasar Teori Pengembangan, Yogyakarta: Andi, 2010.