Isi Artikel Utama

Abstrak

Tubuh manusia tersusun secara struktural menjadi suatu kesatuan fungsional total. dengan tersusunnya tubuh memungkinkan adanya kehidupan seperti yang kita kenal sekarang. Dalam materi pembelajaran mengenal tubuh manusia melalui media buku dan alat peraga, yang prosesnya masih konvensional sehingga berdampak pada kurangnya minat siswa untuk memahami materi lebih baik. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa TK/Paud dalam melakukan kegiatan belajar agar siswa tersebut lebih tertarik dan mudah memahami pengenalan anggota tubuh beserta fungsinya. Maka dari itu akan dirancang sebuah aplikasi media pembelajaran yang menggunakan teknologi Augmented Reallity dimana sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya ke dalam lingkungan nyata, kemudian teknologi ini di terapkan ke dalam pembahasan pengenalan anggota tubuh manusia bagian luar. Dalam perancangan aplikasi ini metode yang digunakan yaitu dengan metode Multimedia Development Lifee Cycle. Adapun tahapan yang dilakukan pada metode ini adalah konsep, perancangan, pengumpulan data, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi Augumented Reality dalam mengenal anggota tubuh manusia bagian luar dimana pada media pembelajaran ini memiliki fitur-fitur sepeti materi marker, kuis dan tentang, yang dapat diakses secara mobile yang memungkinkan siswa maupun gurunya dapat belajar secara praktis. sehingga meningkatkan pemahaman dalam mempelajari anggota tubuh manusia.

Rincian Artikel

Referensi

[1] H. Q. Aini and D. Tresnawati, “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Autis di Sekolah Luar biasa,” J. Algoritm., vol. 16, no. 1, pp. 51–57, 2019, doi: 10.33364/algoritma/v.16-1.51.
[2] A. Shaleh, A. F., Atmadja, A. R., & Mulyani, “Implementasi Augmented Reallity Pada Informasi Layanan Jaminan Kesehatan Nasional,” J. Algoritm., 2019.
[3] D. A. Afthori, D. Kurniadi, and A. R. Atmadja, “Perancangan Media Interaktif Rumus Bangun Ruang Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android,” Integr. (Information Tecknology Vocat. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 9–13, 2019.
[4] A. Sahfitri and S. Hartini, “Metode ADDIE Pada Aplikasi Interaktif Mengenal Bagian Tubuh Manusia Dua Bahasa Untuk Anak Sekolah Dasar,” Inf. Syst. Educ. Prof., vol. 3, no. 2, pp. 141–152, 2019, [Online]. Available: http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ISBI/article/view/1085/955.
[5] S. Sholiqah and R. Agustina, “Pengembangan Media Pembelajaran Animasi 3D Sistem Anatomi Tubuh Manusia,” vol. 2, pp. 453–463, 2019.
[6] Munir, Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan, vol. 58, no. 12. 2020.
[7] IEEE Std 286, M. Society, IEEE - Institute of Electrical and Eletronics Engineers, IEEE Power and Energy Society, S. Coordinating, and T. Rating, “IEEE Standards IEEE Standards,” Conf. Rec. 2012 Ieee Int. Symp. Electr. Insul., vol. 2002, no. June, p. 27, 2000, [Online]. Available: papers2://publication/uuid/4DD18503-DC18-44BD-B322-70AEE889D782%0Ahttps://doi.org/10.1109/IEEESTD.2014.6754111%0Ahttps://ieeexplore.ieee.org/document/6754111/.
[8] Motorola Semiconductor Products Inc, Motorola Semiconductor Data Manual. Phoenix, 1989.
[9] R. Cahyana, “Panduan Penelitian Mahasiswa Dan Penyusunan Skripsi.” Sekolah Tinggi Teknologi Garut, Garut, 2018.