Isi Artikel Utama

Abstrak

Burungimerupakannsalah satu jenis hewannpeliharaan yang banyak digemari masyarakat saat ini. perlu upaya-upaya strategis untuk penyelamatan dan pelestarian burung dari ancaman yang membahayakan populasinya di alam serta peningkatan kesadaran masyarakat. upaya strategis untuk penyelamatan dan pelestarian burung dari ancaman kepunahan di alam bisa dilakukan dengan cara budidaya burung tersebut. informasi mengenai pembelajaran budidaya burung masih menggunakan metode konvesional dan buku yang dirasa kurang menarik dan praktis. Multimediakdigunakanpuntuklbanyak digunakan, dari hiburan sampai pembelajaran yang dikemas secara menarik dan praktis. Penelitian ini bertujan untuk merancang bangun aplikasi media pembelajaran budidaya burung kicau, cucak rawa, murai batu, dan anis merah. manfaat dari penelitian ini berupa aplikasi yang diharapkan mampu mempermudah penyampaian infromasi mengenai pembelajaran agar masyarakat khususnya penghobi burung dapat mengetahui pemilihan jenis, pemilihan burung, cara merawat, penyakit pengobatan, pengembangbiakan dan kandang/sangkar. Metodologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi media pembelajaran ini menggunakan metodologi Multimedia Development Life Cycle terdiri dari enam tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Penelitian ini didapatkan hasil berupa aplikasi media pembelajaran budidaya burung kicau cucak rawa, murai batu, dan anis merah menggunakan teknologi multimedia untuk penerapan pada platform android.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
R. E. G. Rahayu dan I. D. . Cahyadi, “Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Budidaya Burung Kicau Cucak Rawa, Murai Batu, dan Anis Merah Berbasis Android”, Jurnal Algoritma, vol. 17, no. 2, hlm. 471–477, Feb 2021.

References

  1. Jurati, F. Y. Ade, and Dahlia, “Jenis-jenis burung (aves) di persawahan desa pasir baru kabupaten rokan hulu riau,†J. Mhs. Prodi Biologi. UPP, vol. 1, no. 1, pp. 1–4, 2015.
  2. J. Iskandar, “Dilema Antara Hobi Dan Bisnis Perdagangan Burung Serta Konservasi Burung,†Chim. Nat. Acta, vol. 2, no. 3, pp. 180–185, 2014, doi: 10.24198/cna.v2.n3.9165.
  3. T. Haryoko, “Komposisi Jenis dan Jumlah Burung Liar Yang Diperdagangkan di Jawa Barat,†Berita. Biologi., vol. 10, no. 3, pp. 385–391, 2010.
  4. G. A. Puspita and I. Irwansyah, “Pergeseran Budaya Baca dan Perkembangan Industri Penerbitan Buku di Indonesia: Studi Kasus Pembaca E-Book Melalui Aplikasi iPusnas,†BIBLIOTIKA J. Kajian. Perpustakaan dan Informasi, vol. 2, no. 1, pp. 13–20, 2018, doi: 10.17977/um008v2i12018p013.
  5. R. A. Rahman and D. Tresnawati, “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia,†J. Algoritma, vol. 13, no. 1, pp. 184–190, 2016, doi: 10.33364/algoritma/v.13-1.184.
  6. Y. Nuriyanti and D. Tresnawati, “Pengembangan Aplikasi Pengenalan Dasar Bahasa Isyarat Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android,†J. Algoritma, vol. 12, no. 1, 2015.
  7. E. Gunadhi and M. Y. Bustomi, “Sistem Informasi Agribisnis Kopi Berbasis Android,†J. Algoritma, vol. 16, no. 1, pp. 18–26, 2019, doi: 10.33364/algoritma/v.16-1.18.
  8. F. Rozi and K. Khomsatun, “Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Warna Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Menggunakan Adobe Flash Berbasis Android,†JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 4, no. 1, pp. 12–18, 2019, doi: 10.29100/jipi.v4i1.781.
  9. D. D. S. Fatimah, D. Tresnawati, and A. Nugraha, “Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Komputer Berbasis Multimedia Dengan Pendekatan Metodologi (R&D),†J. Algoritma, vol. 16, no. 2, pp. 173–180, 2020, doi: 10.33364/algoritma/v.16-2.173.
  10. A. V Dian Sano, B. F. Muhammad, E. K. Mangare, J. Jason, and T. Hidayah, “Perancangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Komunitas Penggemar Burung Kicau,†Infotech J. Technol. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 93–98, 2019, doi: 10.37365/jti.v5i2.70.
  11. I. R. Immasari and Erlina, “Aplikasi Informasi Kicau Mania Depo Berbasis Android,†JISICOM, vol. 1, no. 1, pp. 57–69, 2017, doi: 10.30809/phe.1.2017.21.
  12. Munir, Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2012.