Isi Artikel Utama

Abstrak

Alat musik tradisional adalah alat musik masyarakat setempat yang dibuat dan diwariskan secara turun-temurun dan berkelanjutan dalam masyarakat suatu daerah. Mereka memberikan peninggalan seperti ini agar kita bisa melestarikannya dan selalu menjaganya supaya tidak hilang ataupun musnah karena pengaruh budaya asing ataupun lainnya. Kegiatan pembelajaran mengenai alat musik tradisional dilakukan di sekolah atau bagi yang kursus dilakukan di sanggar kesenian dan masih menerapkan sistem penyampaian materi langsung ataupun melalui buku sehingga membuat para murid jenuh dalam proses pembelajaranya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi pembelajaran mengenal alat musik tradisional khusunya jawa barat dengan menggunakan sistem multimedia dan teknologi augmented reality yang dapat menambah minat belajar siswa dan masyarakat umum mengenai alat musik tradisional khas jawa barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah multimedia development life cycle. Pengujian aplikasi menggunakan metode pengujian Alpha dengan Black Box testing dan pengujian betta terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi media pembelajaran mengenal alat musik tradisional Jawa Barat yang dapat diakses secara mobile sehingga siswa dan masyarakat umum dapat belajar dimanapun dan kapanpun dan dengan adanya aplikasi ini maka siswa dapat menambah pengetahuan dan keinginan untuk belajar alat musik tradisional jawa barat.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
R. E. G. Rahayu dan D. D. . Abdilah, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Mengenal Alat Musik Tradisional Khas Jawa Barat Menggunakan Teknologi Augmented Reality”, Jurnal Algoritma, vol. 17, no. 2, hlm. 424–431, Feb 2021.

References

  1. Darmawan, E., & Gunadhi, E. (2018). penerapan augmented reality pada katalog pakaian anak berbasis android. jurnal sttg.
  2. Afthori, D. A., Kurniadi, D., & Atmadja, A. R. (2019). Perancangan Media Interaktif Rumus Bangun Ruang Menggunakan Teknologi Augmented. jurnal algoritma stt garut.
  3. Andriansyah, W., Fernando, E., & Sadikin, A. (2017). Perancangan aplikasi pengenalan alat musik Tradisional nusantara berbasis android. Jurnal Processor.
  4. Munir. (2013). MULTIMEDIA Konsep dan & Aplikasi dalam pendidikan. Bandung: ALFABETA, CV.
  5. Nugraha, T. S., & Tresnawati, D. (2015). Pengembangan Aplikasi Pengenalan Kesenian Daerah Indonesia Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android. jurnal sttg.
  6. Shaleh, A. F., Atmadja, A. R., & Mulyani, A. (2019). Implementasi Augmented Reallity pada informasi layanan jaminan kesehatan nasional. Sekolah Tinggi Teknologi Garut.