Isi Artikel Utama

Abstrak

Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai pegawai Aparatur Sipil Negara(ASN) secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan. Sistem informasi tryout dibutuhkan untuk memberikan sarana berlatih untuk test Calon PNS (CPNS) dan juga untuk meningkatkan kualitas dan pengetahuan CPNS itu sendiri. Menjadi ASN memiliki tingkat kesulitan tersendiri dimulai dengan soal CPNS memiliki 3 jenis soal yakni Tes Intelegensi Umum (TIU), Test Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) ataupun dengan kuota penerimaan yang terbatas sehingga mengharuskan peserta CPNS untuk belajar lebih agar dapat menjadi ASN. Dengan menerapkan sistem Computer Assested Test (CAT) akan memberikan gambaran bagaimana test CPNS yang sesungguhnya. Tidak hanya memberikan tryout untuk CPNS sistem informasi ini juga akan memiliki fitur review jawaban dan statistik pengerjaan tryout yang akan mengkoreksi jawaban dari tryout yang dikerjakan, sehingga akan memberikan pengetahuan lebih kepada peserta CPNS. Dengan menambahkan fitur materi, CPNS akan mendapatkan materi dan mempermudah proses pembelajaran untuk siap melaksanakan test CPNS. Tidak hanya fitur materi, terdapat juga fitur informasi yang dapat disusun berdasarkan tanggal penting pelakasanaan test CPNS, sehingga peserta CPNS tidak akan melewatkan informasi test CPNS. Metodologi yang digunakan Rational Unified Process yang tahapannya yaitu inception, elaboration, contruction, kemudian menggunakan pemodelan Unified Modelling Language dan menggunakan metode pengujian black-box. Hasil dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi tryout CPNS berbasis web ini mampu memberikan fasilitas kepada CPNS yang akan melakukan test untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
A. D. . Supriatna dan R. Alamsyah, “Rancang Bangun Sistem Informasi Try Out Untuk Soal CPNS Berbasis Web”, Jurnal Algoritma, vol. 17, no. 2, hlm. 478–484, Feb 2021.

References

  1. E. Kumalasari, E. Erika, and D. Mustikasari, “Aplikasi Tryout Ujian Online untuk SMA/SMK Sederajat,†J. Edukasi, 2017, doi: 10.19184/jukasi.v4i3.6022.
  2. P. D. Roger, S. Pressman, “Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) Edisi 7 : Buku 1,†Teknoif, 2012.
  3. M. Shalahuddin and R. A.S, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur. 2018.
  4. H. Lalompoh, Y. D. Y. Rindengan, and A. S. M. Lumenta, “Pengembangan Aplikasi Pelaporan Kuliah Kerja Terpadu Universitas Sam Ratulangi,†J. Tek. Inform., 2018, doi: 10.35793/jti.13.2.2018.22487.
  5. A. B. Warsito, M. Yusup, and Y. Yulianto, “Kajian Yii Framework Dalam Pengembangan Website Perguruan Tinggi,†CCIT J., 2014, doi: 10.33050/ccit.v7i3.265.
  6. Aminudin, “Cara Efektif Belajar Framework Laravel,†Ilmu Teknol. Inf., 2015.